Membuat Header Blog dengan Picsart dan Ibis Paint

buat header blog pakai ponsel
Membuat Header Blog dengan Picsart dan Ibis Paint
Assalamualaikum sahabat lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).
Setelah sekian purnama, akhirnya bisa juga saya mempercantik sedikit demi sedikit blog ini. Sebenarnya niat mempercantik blog itu sudah lama, namun karena berbagai macam alasan, sudahlah rencana tinggalah rencana. Tapi setelah membaca tulisan seorang rekan diskusi yang berjudul Suka Duka Jasa Percantik Blog, jadilah saya memberanikan diri dengan nekat untuk otak atik blog lagi. Mau tahu bagaimana keseruan saya otak atik blog? Tetap baca terus tulisan ini, ya.
Memang kalau mau ada perubahan menuju lebih baik itu, selain tekad juga mesti bergerak untuk melakukan perubahan itu. Saya pun bertanya kepada rekan diskusi saya tadi, “Mbak, mau nanya kalau header blog untuk blogspot (sebutan bagi blog yang dibuat oleh Blogger) itu ukurannya berapa, ya? Beliau menjawab, “Biasanya setiap template blog berbeda ukurannya, jadi mesti cek di inspeksi. Coba saya bantu cek ya, Bun.”
Untuk mengecek ukuran Header Blog ini harus dari komputer atau laptop, mengapa? Sebab, inspeksi atau yang disebut juga dengan Inspect Element, adalah sebuah software yang digunakan untuk mengedit kode HTML dari sebuah template blog. Nah, software inspeksi ini hanya bisa di download di komputer atau laptop. Inilah cara mengecek ukuran Header Blog dengan inspeksi, yaitu klik kanan pada mouse di daerah Header Blog kita seperti ini,
inspect element
Cek ukuran Header Blog dengan inspect element atau inspeksi
Lalu, akan muncul tulisan yang diberi tanda. Nah, itulah kira-kira ukuran Header Blog, kita.
Setelah tahu gambaran ukuran Header Blog, saya pun mulai mendesain beberapa kali, kayak gini,
Percobaan hasil desain Header Blog dengan Picsart Dan Ibis Paint
Dalam mendesain Header Blog, saya menggunakan aplikasi Picsart dan Ibis Paint. Yups, saya hanya mendesain Header Blog saya menggunakan ponsel saja. Menggunakan ponsel, menurut saya lebih simpel, apalagi sekarang orang-orang membaca lebih banyak menggunakan ponsel, jadi tampilan blog yang enak dilihat dari ponsel lebih penting buat saya. Sehingga mendesain Header Blog dengan ponsel juga, akan lebih representatif terhadap pembaca blog yang menggunakan ponsel. Itulah mengapa saya menggunakan Picsart dan Ibis Paint.
Mengapa saya memerlukan 2 aplikasi tersebut? Inilah alasannya,
1] Ibis Paint digunakan untuk menggambar semua hal, baik doodle hingga objek besarnya. Sementara picsart untuk mempercantik tampilan gambar tersebut.
2] Picsart punya tools membuat tulisan menjadi bergelombang membentuk bulat dan lain sebagainya. Sehingga jika ingin tulisanmu unik bisa gunakan aplikasi ini. Sementara untuk Ibis Paint, jenis tulisannya variatif, jadi kamu pun bisa memilih jenis tulisan yang kamu inginkan.
3] Bagi sahabat yang merasa malas atau merasa tidak bisa menggambar, kamu bisa edit-edit foto menggunakan Picsart, misalkan mau membuat objek yang bisa ditempel di background apa saja atau istilah desainnya itu gambar png transparan, maka Picsart pilihan paling tepat. Kemudian untuk memilih jenis tulisan variatifnya bisa menggunakan Ibis Paint.
Dengan 3 alasan tersebut, saya dapat menyimpulkan kalau Picsart dan Ibis Paint bisa saling melengkapi jika kita ingin mengedit atau menggambar sebuah gambar. Setelah mencoba beberapa kali, akhirnya inilah desain yang paling nyaman untuk digunakan,
desain logo keren
Desain final Header Blog untuk 2 Blog
Desain Just My Pensive, saya buat dominannya dengan Picsart,
desain picsart keren
Desain Header Blog dengan Piscart

Inilah gambaran sedikit cara saya mendesain menggunakan Picsart,

Sementara yang Menilik Hati, saya buat dominannya dengan Ibis Paint,
desain ibis paint keren
Desain Header Blog dengan Ibis Paint
Inilah gambaran sedikit saya mendesain menggunakan Ibis Paint,
Versi 1 saat mencoba desain Just My Pensive yang hasilnya ada di gambar atas,
Versi 2 desain fix untuk Menilik Hati,

Selama masa otak atik membuat Header Blog ini, saya berdiskusi juga dengan rekan saya itu, lo. Berikut sekilas percakapan kami,

desain header blog mudah lewat ponsel
Diskusi dengan rekan meminta pendapat
Alhamdulillah, rekan saya itu suka. Ternyata dengan tampilan baru ini, Alhamdulillah juga rekan dan teman-teman yang lain juga mengapresiasi baik,
cara cepat edit foto lewat ponsel
Testimoni rekan dan teman-teman tentang Header Blog yang baru
Itulah cerita keseruan saya saat otak atik blog untuk membuat Header Blog. Kira-kira, bagaimana menurut kamu tampilan blog saya sekarang? Silakan berikan pendapatnya di kolom diskusi, ya. Terima kasih.

35 thoughts on “Membuat Header Blog dengan Picsart dan Ibis Paint”

  1. Terima kasih kakak atas atensinya dan sudah berkenan berkunjung. Jika bisa dibuat dari hp akan lebih memudahkan bagi kita yang mungkin belum punya hp atau laptop. Kalau pun misalkan punya, bisa jadi akan lebih repot jika membuka saat ada anak-anak, hehehe.

    Reply
  2. saya suka banget dengan ibis paint x, bikin header juga biasanya di sana hehe. keren itu aplikasi bun. akhirnya ya pelan-pelan bisa juga percantik blog. semangat terus bun, jangan di kasih kendor hehe

    Reply
  3. bisa pakai piscart juga. wah saya juga pakai aplikasi ini. tapi gak pernah tau kalau bisa dijadiin header blog. makasih pencerahannya kak.mau nyoba ah.

    Reply
  4. Ini berpengaruh terhadap tampilan keseluruhan template kita ga kak..secara kan tahun ini saya lagi nyoba template premium tuch.. mau juga sich belajar otak atik header blog biar lebih personal

    Reply
  5. Kalau wordpress saya kurang paham kakak, karena saya belum pakai wordpress. Tapi kalau untuk blogspot sih, enggak kakak. Sebab settingannya bisa diatur-atur kok. Enggak akan mempengaruhi seluruh tampilan templatenya.

    Reply
  6. Kalo blogger perempuan emang senengnya header beraneka warna gini ya hehe kalo saya seringnya bawaan huruf template aja. Lumayan bisa menghemat loading nol koma sekian detik. Tapi kadang-kadang pake juga sih, cuma kecil aja.

    Reply
  7. Berkat adanya artikel ini saaya suka banget ni kak untuk belajar buat picsart, mencoba dan terus belajar dan belajar agar tampilan blogger semakin menarik dan cantik

    Reply
    • Ayo Pak, mari kita belajar bareng-bareng. Saya juga masih terus belajar dengan aplikasi ini. Bagi saya menggambar itu butuh waktu yang cukup banyak. Soalnya memang saya butuh berjuang kalau menggambar

      Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.