Just My Pensive
catatan pena coretan kecil Dari Sumber Job Placement Karya KecilQ Literasi

Bunga Rafflesia, Bunga Monster atau Bunga Bangkai?

Bunga Rafflesia, Bunga Monster atau Bunga Bangkai?

Lithaetr

Seorang IRT yang cinta menulis dan sedang belajar mendesign. Mantan wartawan Media Indonesia dan asistant produser di RCTI

Related Posts

96 Comments

  1. Kemliak Academy

    Walaupun julukannya bunga bangkai, tpi bunga ini memiliki kelopak yang indah. Sekarang raflesia udh mulai langka ya?

    1. Lithaetr

      Betul kak, hanya terkadang dipanggil bunga bangkai, tapi bukan spesies bunga bangkai. Iya, kakak sudah mulai langka.

  2. Laily Fitriani

    Wah, dapat banyak pengetahuan tentang bunga Raflesia ini Mbak. Daku seringnya mengucapkan klo bunga ini bunga bangkai, ternyata beda ya? Kenapa ia memilih tumbuh di daerah Sumatra aja ya Mbak? adakah penjelasannya? Terima kasih.

    1. Lithaetr

      Bunga rafflesia tumbuh kebanyakan di daerah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Cuma untuk persebarannya memang paling banyak di Sumatera

  3. Reyne Raea

    penasaran ya sama bunga Raflesia ini, meski katanya baunya menusuk, tapi memang unik banget ya.
    Apalagi merupakan bunga terbesar di dunia, bangga banget ka ya 🙂

    1. Lintang

      Emang bener banyak yang salah mengira kalau bunga rafflesia itu bunga bangkai. Dulu emang hits dijamannya sih bunga rafflesia. Eh sekarang baru tau ada penemuan baru yang lebih besar. Nice info kak,

      1. Lithaetr

        Iya, kak termasuk baru untuk Rafflesia terbesarnya. Terima kasih Kak, sudah berkenan berkunjung ke blog sederhana saya.

    2. Lithaetr

      Betul kakak. Bunga ini unik dan memang menjadi kebanggaan Indonesia di mata dunia internasional.

  4. Bacaan ipeh

    Aku termasuk yang mikir kalau bunga Rafflesia dan Bunga Bangkai itu bunga yang sama. Ternyata beda, ya. Cuma karena sama-sama menguarkan bau busuk buat menarik serangga aja ya ternyata.

    1. Lithaetr

      Betul kakak, bunga rafflesia dan bunga bangkai itu berbeda. Beda jenis, beda bentuk, dan lain sebagainya.

  5. Hastira

    banyak yang salah kaprah ya, dua2nya sudah pernah lihat saat berbunga.

    1. Lithaetr

      Wih, kakak keren. Malah ada pengalaman melihat langsung bentuk dari kedua bunga ini. Saya masih sebatas di gambar saja. Waktu memang bogor, bunga bangkainya belum musim berbunga.

  6. Jihan

    Bikin penasaran pengin lihat langsung. Dari dulu cuma lihat dan baca di buku. Di hutan jawa ngga pernah ada yaa?

    1. Lithaetr

      Memang yang ditemukan untuk rafflesia, masih di luar pulau Jawa kak. Tapi, kalau bunga bangkai, sudah ada di konservasi hutan bogor

    2. Arai Amelya

      Di rumah Makuo dulu pernah ada bunga Raflesia ditemukan, tapi ya kayak infonya itu, cuma bertahan seminggu. Saya nggak sempet lihat, semoga suatu hari nanti bisa lihat bunga Raflesia langsung

      1. Lithaetr

        Aamiin, semoga suatu saat nanti kita bisa lihat ya, mba. Wah, beruntung sekali keluarganya mba. Jadi penasaran dan ingin dibagi ceritanya soal ini lebih lanjut.

  7. Haeriah Syamsuddin

    Sejak kecil saya penasaran dengan bunga-bunga ini. Apa benaran bau bangkai sebagaimana namanya. Sayang, saya sampai sekarang saya belum berkesempatan untuk melihatnya langsung. Mudah-mudahan ada rezeki bisa melongok kehadiran bunga ini.

    1. Lithaetr

      Saya pun Bun. Ke Bogor, pas bukan musim bunga bangkainya berbunga. Jadilah tak lihat juga.

  8. Yuni Bint Saniro

    Woho… Bunga bangkai bukane golongan talas-talasan ya. Eh, bener nggak sih? Tapi ya emang beda sama bunga rafflesia. Meski belum pernah ketemu langsung sama dua bunga itu. Hehehe

    1. Lithaetr

      Saya pun juga belum ada pengalaman lihat langsung mba. Semoga suatu saat kita bisa melihat langsung ya, jadi semakin paham perbedaannya

  9. Asmaul Faujiah

    Jadi inget saat pelajaran biologi saat SD. Sampai sekarang gk pernah lihat secara langsung bunga bangkai.

    1. Lithaetr

      Tentang bunga bangkai ini pelajaran SD, ya? Saya lupa malah, mba. Saya dulu pelajaran biologi sukanya kalau tentang binatang atau manusia . Jadilah ini mengulang lagi ilmunya.

    2. Estelita Zainal

      Bunga Raflesia ini memang salah satu kebanggaan bangsa Indonesia bersama dengan Melati dan Anggrek. Jadi ingat waktu masih SD dulu saya bersama dengan teman satu kelas dan guru beramai-ramai ke kebun raya Bogor untuk melihat bunga Raflesia yang sedang mekar. Belakangan saya baru tau ternyata bunga Raflesia juga ada di daerah-daerah lain di Indonesia.

      1. Lithaetr

        Saya pun juga kembali diingatkan tentang bunga ini saat menuliskan ini mba. Jadi kembali paham kalau tanaman ini punya banyak keunikannya

  10. Masruhin

    jadi beda ya, raflesia dan bunga bangkai. yang sudah pernah lihat itu yg bunga bangkai. dan sekarang kayaknya juga mulai langka.

    1. Lithaetr

      Betul kak, berbeda. Bunga bangkai juga sudah langka. Semoga bunga endemik ini bisa tetap terjaga kelestariannya, walaupun sudah langka. Biar anak cucu kita nanti masih bisa melihat 2 bunga unik ini

  11. Vidyagatari

    wah, berarti yang bunga bangkai yg sebelah kiri y kak? Serasa belajar lagi nih ^^ Terima kasih ulasannya kak. tetap #dirumahaja y kak ^^

    1. Fide

      Wah, bangga nama Indonesia masuk dalam daftar negara yang punya ikon bunga nasional. Pa lagi baru-baru ditemukan tumbuh di Sumatera Barat kota kelahiranku.

      1. Lithaetr

        Iya kakak, bangga banget. Suatu yang langka harus dijaga dan dilestarikan biar tetap abadi

    2. Lithaetr

      Betul kakak, bunga bangkai itu yang sebelah kiri dan bunga rafflesia itu sebelah kanan. Kembali kasih Kak, sudah berkenan berkunjung.

  12. Dyah ummu AuRa

    Makasih infonya mbak. Setahuku juga bunga bangkai itu tumbuhnya tersebar di Indonesia ini dan bunga raffresia hanya di daerah tertetu (bengkulu). Bener gak sih?

    1. Lithaetr

      Kurang lebihnya seperti itu sih, mba. Kalau bunga rafflesia sebarannya di kepulauan Sumatera rata-rata, mba. Terima kasih kembali sudah berkenan berkunjung ☺

  13. Ella

    Ternyata bedanya jauh bgt ya antara bunga bangkai dan raflesia. Sayangnya segede ini aku blm pernah liat langsung bunga raflesia ini. Bangus bgt pdhl uy, cantik

    1. Lithaetr

      Iya kakak unik dan cantik ☺. Semoga suatu saat nanti kita bisa lihat langsung ya, Kak ☺

  14. Asih Mufisya

    Bangga rasanya di negeri tercinta ini punya kekayaan alam yang sangat beraneka dan menarik. Suka sama bunga ini, Bunga raksasa yang cantik. Semoga keberadaannya terus terjaga. Jangan sampai punah ya.

    1. Lithaetr

      Aamiin. Setuju banget kakak

      1. Asih Mufisya

        Penemuan bunga Raflesia yang baru lalu, surprise banget ya. Karena akan tumbuh lagi dalam waktu yang lama, jadi perlu di jaga nih bunganya.

        1. Lithaetr

          Habitatnya yang perlu dilestarikan, agar bunga raflesianya juga masih mau mekar lagi

    2. Sayyidah Inayah

      Sampai setua ini saya baru nyadar kalau keduanya berbeda

      1. Lithaetr

        Iya Bun, mereka berdua tidak serupa karena memang bukan dari 1 genus tumbuhan yang sama

  15. Riska Amalia

    Emang beda si, terus kalo bunga bangkai setau saya lebih kecil juga. Tapi yang membuat saya penasaran bau bunga rafflesia seperti apa ya? apa karena baunya tidak sedap jadi disebut bunga bangkai juga?

    1. Lithaetr

      Sesekali bunga rafflesia memang mengeluarkan bau tak sedap seperti daging busuk agar menarik serangga mba. Untuk pastinya, saya juga belum pernah mencium baunya langsung. Semoga suatu saat kita bisa mencium baunya yang unik ya, mbak.

  16. Nurhilmiyah

    BunLit… saya lebih setuju kl sekarang bunga melati atau bunga anggrek deh jadi puspa nasionalnya Indonesia. Gak mau bunga Rafflesia hehe… soalnya ntar jd simbol karakter dan kebanggaan suatu negara kan ya

    1. Lithaetr

      Jangan ada yang mau bangkainya ya, mba? . Semoga bunga Raflesia ini bisa menjadi pengingat kita akan kematian ya, mba

  17. Mega Marlina

    Sekalipun baunya khas, tampikan rafflesia selalu menarik dan cantik jika difoto mb. Kekayaan flora yang patut dibanggakan.

    1. Lithaetr

      Unik soalnya bentuknya, jadilah cantik jika difoto ☺. Terima kasih mba sudah berkunjung.

  18. Afriant Ishaq

    Baru tau kalau bunga bangkai dan bunga raflesia itu beda.

    Dan baru tau juga kalau bunga raflesia adalah bunga nasional.

    Puspa bangsa dan puspa pesona dari dulu susah kali bedainnya.

    Ternyata melati sama anggrek ya. Makasih Kak infonya.

    1. Lithaetr

      Kembali kasih kakak. Sudah berkenan mampir. Saya pun kembali belajar lagi, kok ini

  19. signalnvqueen.com

    asyeeek ada yang bahas ini juga akhire, betul kak, bunga bangkai dan bunga raflesia beda banget, sayangnya gak semua orang tau, rata-rata yang tau hanya yang hidup sebagai rimbawan bahkan yang kerja di kehutanan pun gak semua tau, nice info kak

    1. Lithaetr

      Iya kakak. Soalnya ini juga jadi bahan pembelajaran buat krucil-krucil. Saya takut salah memberikan pelajaran buat mereka, jadi kembali cek buku serta literasi-literasi terpecaya. Jadilah informasi buat anak-anak juga aman.

  20. Triyatni

    Belum pernah lihat langsung kedua bunga itu. Dan baru tahu ternyata beda, ya Allah kirain mereka sama aja. Kemana saja diriku? wkwk

    1. Lithaetr

      Beda kakak. Sangat berbeda. Saya pun kembali belajar kok, Kak ini. Karena mau belajar dengan para bocil, jadilah nyari informasi juga

  21. Icha Marina Elliza

    Oo.. beda ya kak. Mhh berarti yang sering muncul di sekitaran tempat sampah (beberapa kali di Medan sering ada beritanya) itu bunga bangkai ya kak.

  22. supadilah

    Wah, saya baru tau kalau beda. Dan baru tahu juga bunga raflesia terbesar ada di Sumbar. hehe… dulu di kebun raya Bung Hatta juga ada bung raflesia

    1. Lithaetr

      MasyaAllah Pak Dillah, sudah mempunyai pengalaman melihat bunga rafflesia. Saya belum dan saya penasaran

  23. Diska

    Aku pernah nih kak liat langsung bunga ini, karena sering tumbuh di daerah tempat tinggal aku. Kalo bunganya mekar cepet-cepet pengen liat. Karena ia tak lama. Setelah beberapa hari ia busuk

    1. Lithaetr

      Wah, senangnya bisa melihat langsung bunga rafflesia yang unik ini. Apakah baunya beneran seperti daging busuk?

  24. Arif Rudiantoro

    Jadi tambah tau, selama ini saya kira Bunga Raflesia sama dg bunga bangkai, setelah lihat gambarnya ternyata bentuknya berbeda Kwkwkw

    1. Lithaetr

      Iya mas. Beda bentuk, nama Latin, cara hidup, dan berbeda lainnya juga.

  25. Shafira - ceritamamah.com

    aku belum pernah liat langsung bunga raflesia yang mekar nih.. inget dulu pas studitur pas smp liatnya masih kuncup. hahaha eh sering sih ketuker2 bunga bangkai bunga raflesia hehe. thanks for sharing bunda lithaa

    1. Lithaetr

      Saya pun belum punya pengalaman langsung melihat 2 bunga endemik ini mekar. Saya pun waktu berkunjung ke Bogor bukan pas musim bunga bangkai mekar, jadilah lihat masih kuncup. Karena dari jauh jadi tidak terlalu tercium bau busuknya

      1. Shafira - ceritamamah.com

        wah iya udah lama banget nih ya, sekarang bisa lihat di kebun raya bogor kali ya. pan kapan ajak anak2 ke sana

        1. Lithaetr

          Ayo mba, kita ketemuan sekali-sekali di Bogor, hehehehe. Semoga pandemi ini bisa segera berakhir.

  26. alfimanzila

    belajar materi kelas 5 SD yang hampir saya lupakan, dulu saya mengira kalau rafflesia dan bunga bangkai itu satu bunga. ya cuma satu aja itu eh ternyata ada dua….

  27. Meykke Santoso

    Bunga ini memang unik ya mba. Dan tiap tahun bunga Raflesia di belakang rumah saya selalu mekar lo, padahal ga ada yg nanem.

    1. Lithaetr

      Wah, subhanallah. Mba Meykke beruntung banget bisa melihat langsung bunga Rafflesianya. Mungkin memang bunga Rafflesianya bibitnya sudah pernah tersebar di sekitaran situ, jadi begitu ada inang cocok jadilah dia tumbuh

  28. Ratu Kemala

    Oala jadi bunga Raflesia dan bunga bangkai tuh beda yah
    saya baru tau hehe

    1. Lithaetr

      Saya pun kembali belajar kok mba, saat menulis ini. Terima kasih sudah berkenan berkunjung ke blog sederhana saya.

  29. Yeti Nurmayati

    Bunga raflesia Arnoldi bunga langka yang bau hehe… Saya pernah menuliskannya dalam cerita anak tanaman unik hehe

    1. Lithaetr

      Mba mau bukunya . Tulisanmu memang sudah luar biasa. Salut.

  30. Lia Yuliani

    Kupikir Bunga raflesia dan Bunga bangkai itu sama, beda, ya, ternyata. Hihi …unik banget ini, ya. Dulu pas baca buku ipa waktu sd jadi ngebayangin Bunga raflesia, tapi kalau inget baunya kaya bangkai malah jadi serem, halah

    1. Lithaetr

      Kalau kata orang emang dibalik sesuatu yang unik dan cantik itu tetap punya kekurangan kakak, hehehehe. Tapi saya tetap penasaran seperti apa baunya

  31. www.derisafriani.xyz

    Aku belum pernah melihat langsung bunga raflesia. Bunga yang unik. Katanya baunya gak enak ya? Sayangnya sulit dijumpai.

    1. Lithaetr

      Iya mba, saya pun belum pernah lihat langsung, jadilah masih membayangkan bagaimana baunya yang unik itu.

  32. Diah Alsa

    oh jadi baunya itu biar menarik serangga ya.
    tapi walaupun bau gitu, orang-orang juga tetap penasaran dan ingin melihat ya. secara langka gini ya.

    1. Lithaetr

      Iya mba, betul banget. Walaupun bau tapi tetap penasaran karena langka

  33. Damar Aisyah

    Dulu, aku tahunya Raflesia itu ya Bunga Bangkai. Sampai akhirnya jalan-jalan ke Kebun Raya Bogor dan melihat langsung bunga bangkai sedang mekar. Lha ternyata beda banget sama Raflesia. Dari situ aku baru mencari tahu perbedaan-perbedaannya.

    1. Lithaetr

      MasyaAllah keren mbak. Sudah punya pengalaman. Memang kalau sudah tahu jadi tambah paham perbedaannya ☺

  34. Momonwara

    waah terima kasih infonya mbak. Sekarang jadi tau ternyata mereka tak sama yaa..

    1. Lithaetr

      Tidak sama dan sama sekali tidak serupa . Terima kasih juga sudah berkenan berkunjung ke blog sederhana saya.

  35. Fenni Bungsu

    Seingatku bunga bangkai itu nama latinnya ada kata Titanum nya, tapi Raflesia sering kudengar disebut juga bunga bangkai. Mungkin karena pemahaman yg jadinya membuat kita melihat yg seakan serupa padahal tak sama

    1. Lithaetr

      Betul kakak. Mereka serupa tapi tak sama. Hanya sedikit juga serupanya. Terima kasih sudah berkenan berkunjung ☺

  36. Sugi Siswiyanti

    Saya belum pernah lihat bunga rafflesia secara langsung,pun bunga bangkai. Selama ini hanya mengenal kedua bunga itu dari buku dan majalah. Terima kasih sudah berbagi ilmu,Mbak.

    1. Lithaetr

      Saya pun demikian kakak. Makanya berharap semoga suatu saat bisa melihat langsung keduanya. Terima kasih kembali sudah berkenan mampir ke blog sederhana saya.

  37. Aprilely Ajeng Fitriana

    Aku penasaran banget sama bunga ini. Bau apa nggak? Gedhenya segedhe apa? Selama ini kan lihatnya cuma dari foto aja.

    1. Lithaetr

      Semoga suatu saat kita bisa lihat secara langsung ya mbak, aamiin.

  38. Bang Doel

    Baru tau euy bunga rafflesia itu bukan bunga bangkai. Mungkin karena gak pernah liat bunga raflesia aja kali ya saya nih. Dulu pernah ada bunga bangkai yang tumbuh di desa tetangga. Orang2 pada bilang itu bunga raflesia juga 😀 hmmm udah jadi kesalahan yang lumrah.

    1. Lithaetr

      Kesalahan lumrah yang terus berulang . Semoga kita bisa lihat bunga rafflesia secara langsung ya, Bang Doel.

  39. Ludyah Annisah

    Wah, lihat bunga bangkai jadi kangen makul kuliah mba. Secara tanaman endemik yg satu ini emang khasnya Indonesia ya. Menarik banget, jadi pengen tahu lebih banyak deh jenisnya.

    1. Lithaetr

      Wah, saya juga penasaran mba. Bolehlah suatu saat kita ngobrol bareng tentang tumbuhan endemik yang unik ini.

  40. Rini Novita Sari

    terakhir baca2 informasi tentang bunga ini jaman SMA, wah seru banget baca tulisan gini berasa flashback jaman sekolah,,

    bunga ini emang unik dan udah jadi khas ya kak

    1. Lithaetr

      Betul kakak. Unik dan punya ciri khas. Saya pun jadi kangen zaman sekolah waktu menuliskan ini, hehehe

  41. Mas Ito

    Raflesia: bunga monster yang seperti bangkai. Baunya itu lo yang hmmm… bikin pingin muntah

    1. Lithaetr

      Wah, kakak sudah ada pengalaman mantap. Jadi semakin penasaran bagaimana baunya.

  42. Grandys Mawarni

    Waah lengkap banget mbaa infonya nih mengenai bunga Rafflesia ini dan jujur ak blm pernah melihat langsung nih

    1. Lithaetr

      Saya pun belum pernah melihat langsung mbak. Semoga suatu saat kita punya kesempatan untuk melihat langsung ya, mbak.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!