Just My Pensive
Parenting catatan pena coretan kecil Inspirasi

3 Rumus Komunikasi Produktif ini Kunci Sukses Keluarga Harmonis

3 Rumus Komunikasi Produktif ini Kunci Sukses Keluarga Harmonis

Lithaetr

Seorang IRT yang cinta menulis dan sedang belajar mendesign.

Related Posts

22 Comments

  1. Cindy Vania

    bagus nih mba. aku kepikiran juga masalah komunikasi yang baik dan benar dengan teman, pasangan, dan anak2. mesti mikir sebelum ngomong ya biar ga salah2. kalopun debat juga yang sehat

    1. Lithaetr

      Iya Bun, saya pun senantiasa mencoba membiasakan untuk berpikir dahulu saat berbicara, khususnya apabila sedang emosi.

  2. Caroline Adenan

    Sebenarnya penting juga ya kita memberikan hadiah kejutan untuk pasangan kita, untuk memperat komunikasi dan hubungan juga ya
    JAdi kepikiran aku mau kasih kejutan buat suamiku :).

    1. Lithaetr

      Sesekali boleh, Bun. Masakin masakan kesukaannya juga bisa jadi kejutan, Lo.

  3. Andy Hardiyanti

    Komunikasi tuh penting banget ya mbak untuk keharmonisan keluarga. Nah, makin sip nih menjaga komunikasi kalau sudah dapat kunci atau rumusnya gini. Makasih sharingnya 🙂

    1. Lithaetr

      Iya mbak, komunikasi menjadi langkah awalnya, sebelum yang lainnya. Rumusnya sudah tahu, sekarang tinggal terus menerapkan praktiknya, mbak. Bismillahirrahmanirrahim, semoga kita dimudahkan dalam menjaga komunikasi ya, mbak.

  4. nurulrahma

    Menarik banget ini, Mba
    Karena komunikasi yg sehat dan produktif adalah KOENTJI ya mba
    Untuk meraih keluarga yg bahagia

    1. Lithaetr

      Insyaallah, kalau komunikasinya lancar, permasalahan yang ada bisa dicari solusinya bersama. Bismillahirrahmanirrahim, semoga kita dimudahkan dalam berkomunikasi dan tetap selalu harmonis keluarganya, aamiin.

  5. Maria Soemitro

    setuju semua dengan sarannya
    diimplementasikan pada anak anak emang mudah
    Tapi gimana kalo sulit diterapkan ke suami yang ngga mau tau, semua hal di rumah tangga menjadi hak prerogatif dia
    Dan masih banyak terjadi di banyak rumah tangga

    1. Lithaetr

      Kalau kata para guru di IP. Biarkanlah suami melihat terlebih dahulu perubahan yang kita lakukan. Libatkan dan ajaklah dia untuk mengenal tempat atau proses kita untuk belajar bagaimana perubahan itu terjadi. Insyaallah nanti lama-lama mereka pun akan mau untuk mencoba berubah juga. Tidak mudah, butuh proses, tapi bukan berarti tidak mungkin untuk perubahan yang nyata.

  6. Annie Nugraha

    Setuju banget dengan 5 bahasa cinta: verbal, sentuhan fisik, waktu berkualitas, hadiah, dan pelayanan. Kalau boleh saya tambahkan 2 yaitu ketulusan dan keikhlasan. 2 kekuatan hati yang melengkapi 5 yang sudah ada.

    1. Lithaetr

      Wah, jazakillahu khoiran Bun, berkenan ditambahkan. Betul kekuatan hati diperlukan dalam menjalankannya. Itulah yang nantinya membuat kita untuk rajin berdoa meminta bantuan kepada Allah SWT.

  7. katerina

    Ada yang bilang, rumus komunikasi dengan pasangan bakal sukses jika dilakukan oleh dua pihak. Karena pada dasarnya satu pihak kan berharap pasangannya juga melakukan hal yang sama. Bila satu saja yang bekerja dan berjuang untuk berkomunikasi sesuai rumus, kerapkali malah berakhir kecewa dan akhirnya stop. Bagaimana solusinya mbak?

  8. Susindra

    Penting sekali menemukan pola komunikasi dengan anak dan suami serta memahami bahasa cinta mereka. Wah, saya jadi kangen ikut kelas ini. Padahal sudah remidi juga, di kelas leader.

    1. Lithaetr

      Wah, mbak Susi termasuk leader IP-kah? Saya salut dengan leader-leader IP. Soalnya keren-keren semua, hehehe. Salam kenal ya, mbak.

  9. Nanie

    Sharingnya bagus bangettt, makasih mbak, berguna buat saya yang lagi mencoba cara menerapkan komunikasi yang tepat buat anak saya. Di usia 6th ini dia mulai sering mengeluarkan kata2 yang bikin tanduk muncul wkwkkwkw

    1. Lithaetr

      Hehehe. Memang perlu banget ekstra kesabaran bagi anak-anak usia 6 tahun, Bun. Saya pun merasakan hal serupa, oleh karena itu perlu banget untuk menerapkan 5 kontinu bahasanya.

  10. Aisyah Dian

    Terimakasih banyak sharing kunci dan rumusnya agar keluarga harmonis dan bahagia kak. Memang sih kak, hal ini bukan baru tahu ya. Tapi kadang harus diingatkan agar kita tetap di jalan yang tepat

    1. Lithaetr

      Betul kakak. Harus perlu pengingatan yang berulang agar semakin melekat. Semoga kakak dan keluarga tetap harmonis dan bahagia, aamiin.

  11. Siti Nurjanah

    Komunikasi adalah kunci untuk membina sebuah hubungan keluarga yang harmonis dan bahagia, saling berbagi dan jujur tapi tidak lupa juga untuk menjadi pendengar yang baik

    1. Lithaetr

      Terima kasih Bun, sudah ditambahkan agar semakin lengkap informasinya (n_n).

Leave a Reply

error: Content is protected !!