Pages

Sunday, May 27, 2012

5.000 Nelayan Ikut Demo Buruh


Peristiwa

Penulis : Thalita Rahma
Senin, 30 April 2012 21:18 WIB     
0 komentar

JAKARTA--MICOM: Serikat Nelayan Indonesia (SNI) akan melakukan aksi turun ke jalan untuk memperingati Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei besok.

SNI akan mengerahkan 5.000 nelayan untuk ikut bergabung dengan asosiasi buruh di Jakarta.

Demikian disampaikan Sekretaris Jendral Dewan Pengurus Pusat SNI, Budi Laksana, melalui siaran persnya, Senin (30/04).

"Dalam memperingati Hari Buruh, SNI akan merencanakan turun ke jalan dengan 5.000 nelayan dan akan bergabung dengan organisasi buruh di Jakarta," katanya.

SNI akan menyampaikan enam tututan kepada pemerintah. Pertama, pemerintah harus mengakui, melindungi, dan memenuhi hak-hak nelayan. Kedua, SNI menolak rencana pemerintah menaikan harga BBM.

Selain itu, ia menuntut pemerintah melindungi hak-hak nelayan yang bekerja di luar negeri. Selanjutnya, SNI berharap agar pemerintah dapat menaikkan upah buruh sehingga memenuhi syarat hidup layak bagi buruh, dan buruh nelayan serta keluarganya.

Budi melanjutkan pemerintah dapat membangun industri perdesaan yang berbasis pengolahan hasil-hasil perikanan yang dihasilkan oleh masyarakat nelayan tradisional.

"SNI meminta pengakuan hak buruh nelayan kepada pemerintah.  Pengakuan untuk hak buruh nelayan ini demi kedaulatan dan kesejahteraan bangsa ini," tandasnya. (*/OL-9)

No comments:

Post a Comment