Pages

Sunday, May 27, 2012

Bisnis Pertunjukan terus Menggeliat


Ekonomi

Penulis : Thalita Rahma
Kamis, 17 Mei 2012 20:19 WIB

JAKARTA--MICOM: Menggelar konser-konser musik dengan mendatangkan musisi-musisi mancanegara sedang menjadi tren saat ini. Tren seperti inilah yang membuka peluang bagi industri bisnis pertunjukan untuk terus tumbuh.

Industri bisnis pertunjukkan atau yang biasa dikenal dengan industri showbiz ini akan membuka peluang besar bagi musisi-musisi atau seniman-seniman untuk tampil mempertunjukkan kemampuan seni mereka.

Demikian disampaikan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, saat diwawancara Rabu (16/5), di Jakarta.

"Kedatangan musisi mancanegara itu merupakan bagian dari tren global saat ini. Oleh karena itu, peluang ekonomi yang akan tumbuh adalah bisnis pertunjukan. Sehingga, mau tidak mau, cepat atau lambat, kita harus punya concert hall. Supaya kita bisa menggelar konser-konser berkaliber internasional secara reguler," katanya.

Ia menyatakan tumbuhnya industri bisnis pertunjukkan ini tidak hanya untuk musisi-musisi atau seniman-seniman mancanegara saja yang tampil untuk unjuk kebolehan di Indonesia. Tetapi justru akan banyak memberikan kesempatan bagi musisi-musisi atau seniman-seniman lokal untuk bisa tampil dan memperlihatkan kemampuannya.

Sapta berpendapat, justru dengan semakin banyak musisi-musisi atau seniman-seniman mancanegara datang ke Indonesia akan membuat musik dan seni di Indonesia juga berkembang. Karena seniman-seniman lokal ini bisa belajar dan mencari inspirasi dari seniman-seniman mancanegara tersebut.

"Saya rasa kedatangan musisi asing tidak akan membuat musisi-musisi kita jadi tidak disukai lagi. Buktinya banyak kok musik-musik kita di luar negeri yang mendapat apresiasi," tegas Sapta. (*/OL-9)


Media Indonesia 

No comments:

Post a Comment