Mari Masuki Dunia Parenting, Inspirasi, dan Hiburan

Minggu, 17 Juni 2012 23:00 WIB Penulis : Thalita Rahma JAKA...

Kemenparekraf Fokus Kembangkan Sport Tourism


Minggu, 17 Juni 2012 23:00 WIB

Penulis : Thalita Rahma

JAKARTA--MICOM: Setelah cukup sukses menggelar Tour De Singkarak, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali fokus untuk mengembangkan Sport Tourism (pariwisata minat khusus olahraga).

Pada awal November nanti, Kemenparekraf berencana menggelar Muri TriBoat Ton. Perlombaan bertaraf internasional khusus untuk olahraga dayung itu akan diselenggarakan di perairan sungai Musi, Palembang, Sumatra Selatan.

Demikian disampaikan Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kemenparekraf M Faried kepada Media Indonesia di sela-sela jumpa pers tentang Asean Jazz festival di Jakarta, Jum'at (15/6).

"Setelah berhasil dengan Tour De Singkarak, kami mencoba melakukan hal yang sama namun menggunakan cabang olahraga dayung. Kami akan menyelenggarakan perlombaan olahraga dayung bertaraf internasional yang dinamakan Musi TriBoat Ton (MTT)," katanya.

Faried menambahkan perlombaan dayung bertaraf internasional itu akan diadakan selama delapan hari. MTT itu akan memanfaatkan dan dilombakan di sepanjang sungai Musi. Sungai Musi memiliki panjang 750 km dan merupakan sungai terpanjang di Sumatra yang membelah Kota Palembang menjadi dua bagian.

Ia berharap lomba dayung taraf internasional itu akan melibatkan multidaerah dan multibangsa. "MTT ini akan melibatkan empat kabupaten di Kota Palembang. Perlombaan MTT ini akan dibagi menjadi tiga kategori lomba, yaitu rafting (arung jeram), canoe (kano), dan dragon boat (perahu naga). Kami pun akan bekerja sama dengan Pordasi (Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia). Menurut Pordasi sudah ada 11 negara yang mendaftar untuk ikut serta," imbuh Faried.

Faried menyampaikan 11 negara yang sudah menyatakan untuk ikut serta di antaranya adalah Singapura, Nepal, Malaysia, Australia, Selandia Baru, dan Thailand. "Perlombaan ini akan memperebutkan hadiah total sebesar Rp 500 juta," tuturnya. (*/OL-15)

0 coment�rios:

Yuk, kita berdiskusi di sini ☺đź’•. Terima Kasih.

Karya Antologiku

My Community

Teman-Teman SehatiQ