Pages

Friday, September 22, 2017

Memantaskan diri untuk kembali pulang

Sumber gambar : muslim pro

Akan datang hari
Mulut dikunci
Kata tak ada lagi

Akan tiba masa
Tak ada suara
Dari mulut kita

Berkata tangan kita
Tentang apa yang dilakukannya
Berkata kaki kita
Kemana saja dia melangkahnya
.
Setelah beberapa kali melihat trailer film chrisye, tetiba sepenggal lirik lagu dr seorang penyanyi legendaris Indonesia yg berjudul Ketika Tangan dan Kaki Berkata ini selalu terngiang di benak saya.


Sangking mengusiknya di pikiran saya ini maka saya ingin menulisnya. Jujur saya suka mendengarkan lagu-lagu almarhum Chrisye karena orang tua saya termasuk penikmat lagu beliau. Sehingga saya tidak asing dgn lagu2 beliau. Spt badai pasti berlalu, dara manisku, dan kisah kasih disekolah sering menjadi pilihan lagu yg saya dengarkan.
.
Namun dari lagu2 beliau yg paling kena dan menohok bgt buat saya ya Ketika Tangan dan Kaki Berkata ini. Lirik-lirik lagunya ini bener2 jadi racun yg masuk ke dalam otak dan hati saya. Racun positif yg melecut saya agar memperbaiki kualitas ibadah saya ini.
.
Lirik-lirik lagu ini mengingatkan saya ttng kematian. Mengingatkan saya tentang pertanggungjawaban atas segala perbuatan yg telah kita perbuat selama ini. Mengingatkan saya kepada proses sidang paling adil yg pernah ada.
.
Dimana tdk ada lagi bs berbohong, tdk bs lagi mencari pembenaran, tdk bs lagi mencari pertolongan, dan hanya bisa diam menerima keputusan dari hakim yg Maha Adil. Tak bs berbantah-bantahan, tdk ada perdebatan, dan hanya linangan air mata penyesalan karena semua sudah terlambat.
.
Nauzubillah min dzalik. Ya Allah, tak mampulah hambaMu ini hrs mencicipi nerakaMu, maka berikanlah hamba waktu untuk memperbaiki diri agar dapat membawa bekal yg layak saat kembali pulang. Berikanlah ridho dan berkahMu dlm setiap langkah saya ini agar semua urusan yg saya jalani menjadi ladang pahala bagi saya. Maafkanlah segala khilaf dan kesalahan baik yg msh terselip di benak maupun yg sudah saya lakukan. Dan selalu ingatkan saya untuk tetap berada di jalan yg Engkau ridhoi dan bkn jalan org2 yg sesat. Aamiin aamiin ya Rabbal'alamin (n_n)
.
Sebuah lirik lagu yg penuh makna bagi saya. Sebuah lirik lagu yg ternyata sama bunyinya dgn firman Allah Subhanahu wata'alla dlm Surat Yasin, "Pada hari ini kami tutup mulut mereka; tangan mereka akan berkata kepada kami dan kaki mereka akan memberi kesaksian terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan" (Yaseen 36:65).
.
Sesungguhnya Maha benar Allah dengan segala firman-Nya.
.
Catatan pena dr seorang hamba yg penuh dosa
Kebon jeruk, 21 September 2017

No comments:

Post a Comment