Mari Masuki Dunia Parenting, Inspirasi, dan Hiburan

Sumber gambar : inikpop.com Buat sahabat kdrama lovers (nama sebutan buat pencinta drama korea), penulis ingin tanya benar enggak kalau...

5 Tips Agar Tidak Kecanduan Drakor

Sumber gambar : inikpop.com
Buat sahabat kdrama lovers (nama sebutan buat pencinta drama korea), penulis ingin tanya benar enggak kalau nonton drama korea itu bikin kecanduan? Soalnya buat saya yang juga pencinta drama korea (drakor) sekali udah nonton drakor yang disukai mesti bawaannya mau ngikutin terus sampai akhir. Nah kalau ada sahabat kdrama lovers yang mulai tidak bisa berhenti nonton drakor, penulis ingin berbagi tips-tips biar bisa mengatasi kecanduannya. Ikutin terus ya.

Penting banget buat diingat nih sahabat, karena yang namanya kecanduan itu tidak baik. Segala sesuatu yang sudah berlebihan pasti tidak baik. Jadi jangan sampai karena kecintaan kita yang berlebihan kepada drakor membuat kita merusak diri sendiri. Ayo yuk mulai memilah yang terbaik bagi diri sendiri ya sahabat.

Karena menonton drakor itu sifatnya adiktif. Jadi kalau udah sekali ketemu yang pas terus jatuh cinta sama drakor tersebut bawaannya pengen nonton melulu. Benar apa tidak? Nah, buat kdrama lovers yang sudah jatuh cinta, penulis kasih 5 tips biar tidak kecanduan drakor.

Pertama, ikutin drama korea yang sedang tayang (drama on going) sesuai jadwalnya.

Sumber gambar : dramakoreaindo.com
Ini langkah pertama biar kita tidak kecanduan drakor. Hal ini perlu dilakukan agar kita tidak perlu begadang buat ngikutin tiap episodenya. Emang sih episodenya drakor enggak sepanjang sinetron indonesia yang sampai ribuan. Namun justru karena episodenya yang sedikit itulah yang membuat kita jadi pengen cepet-cepet menyelesaikan nonton drakornya.

Kedua, membuat jadwal khusus nonton drakor.

Sumber gambar : thebitbag.com
Kalau kamu enggak bisa ngikutin drakor sesuai jadwal tayang di korea boleh juga loh coba tips kedua. Kamu buat jadwal sendiri buat nonton drakor kesayangan. Contoh hanya hari sabtu dan minggu aja yang boleh nonton drakor. Karena selain 2 hari itu, hari kerja atau kuliah kamu. Sehingga kamu masih tetap bisa fokus pada rutinitas harian kamu.

Ketiga, batasi jam nonton drakornya.

Ini penting banget, karena kalau kita tidak ada pembatasan yang jelas maka kita akan sering kebablasan. Semisal Sabtu nonton drakor 2 episode dan minggu 2 episode. Nah udah bisa 4 episode kan dalam 2 hari. Cukup dulu dong ya?

Kalau perlu tempel jadwalnya dan nonton episode berapa sampai berapa biar disiplin waktu juga. Karena disiplin mengatur waktu merupakan kunci utama keberhasilan seseorang.

Keempat, seleksi drakor yang mau kamu tonton.

Sumber gambar : pekanbaru.tribunnews.com
Namanya udah jatuh cinta dan ketagihan itu enggak enak banget. Makanya perlu dibatasi sekaligus diatur biar tepat porsinya. Emang sih kita maunya selalu update sama semua drakor yang ada dan kita masih punya list ketinggalan drakor yang belum kita tonton. Oleh karena itu, kita perlu menyeleksinya.

Mungkin bisa diseleksi dengan mencari tau informasi drakornya. Seperti siapa pemainnya, bagaimana ceritanya, dan apakah drama tersebut sedang tayang atau sudah tamat.

Dengan begini kamu jadi bisa membagi waktunya. Contoh nonton drakor yang on going 1 judul dan di hari minggu nonton 1 judul yang sudah tamat 2 episode sekaligus. Ini juga yang penulis coba lakukan hehehehe. Maklum masih banyak yang tugas rumah yang harus dikerjakan jadi harus cermat bagi waktunya.

Kelima, ini yang paling penting, jangan sampai menonton drakor membuat sahabat terjebak dalam khayalan (fantasi).

Terkadang menonton sebuah drakor bisa membuat kita terhanyut dalam sebuah khayalan. Khayalan itulah yang sering membuat kecanduan.

Sebenarnya buat kdrama lovers udah tau kalau tema cerita drakor banyak yang terinspirasi dari kisah cinderella. Laki-laki sempurna mencintai gadis biasa. Dan cara si laki-laki berjuang dalam mendapatkan cinta si perempuan biasa bikin hati berdebar kencang deh pokoknya.

Nah tema cerita dan alur cerita seperti ini sering menjadi khayalan yang berbahaya. Karena kehidupan nyata memang tidak seindah kisah di drakor. Jadi buat sahabat tetap jaga realitas pikiranmu ya kalau mau nonton drakor. Jangan sampai kamu lupa kalau drakor juga hanya cerita fiksi biasa dan hanya pelepas penat saat kamu jenuh ya.

Itu dia 5 tips agar kdrama lovers tidak kecanduan drakor. Semoga bisa dicoba dan bermanfaat ya sahabat. Karena sebenarnya emang yang namanya berlebih-lebihan itu tidak baik.

Jadi berani dong ya untuk perubahan lebih baik?

Sumber referensi : Dari berbagai referensi seperti tandapagar.com (06/01/2016), inikpop.com ( 27/10/2016), dan life.idntimes.com (09/08/2017).

0 coment�rios:

Yuk, kita berdiskusi di sini ☺đź’•. Terima Kasih.

Karya Antologiku

My Community

Teman-Teman SehatiQ