Pages

Wednesday, November 29, 2017

7 Jagoan Naskah, Pembuat Drakor Booming

Kalau cerita drama Korea (drakor) booming (laris manis) di pasaran pasti drakor tersebut memiliki beberapa elemen pendukung kesuksesan. Salah satunya adalah karena drakor tersebut mempunyai jalan ceritanya yang bagus. Disinilah peran kunci seorang pembuat naskah. Seorang pembuat naskahlah yang bertugas membuat, membangun, dan mengembangkan konsep ide dasar kreatif menjadi suatu cerita drama (sumber referensi diambil dari buku menjadi sutradara televisi karya Naratama tahun 2004).
Karena dari tangan seorang pembuat naskahlah awal karya-karya drakor fenomenal muncul. Kali ini penulis mau membahas tentang 7 jagoan wanita pembuat naskah, yang dari tangannya lah lahir sebuah drakor (karya) yang masterpiece. Mau tau siapa aja mereka? Tetap ikutin catatan pena saya ya.
Jagoan pertama adalah Kim Soo Hyun
Sumber gambar dari korea.iyaa.com
Loh kok? Tenang sahabat Kim Soo Hyun yang ini bukanlah seorang aktor melainkan pembuat naskah senior yang sudah menekuni pembuatan naskah dari generasi pertama munculnya drakor. Yaitu sejak tahun 1970 an. Dalam 40 tahun terakhir ini beliau sudah sangat sukses dalam menulis naskah drakor. Karena drakor yang sedang tayang di Korea saat ini 70% adalah hasil karya beliau.

Kim Soo Hyun dikenal sebagai penulis naskah yang membangun konfliknya dengan mengambil kisah dan permasalahan sehari-hari, sehingga hasil drakornya pun menjadi cepat diterima pencinta drakor. Karena pencinta drakor seperti merasakan sendiri konflik yang dirasakan oleh karakter tokoh drakor tersebut.
Maka sangat wajar jika Kim Soo Hyun sukses membuat naskah yang drakornya selalu booming. Seperti Life is BeautifulA Thousand Days' Promise dan The Woman Who Married Three Times.

Kecintaannya dalam bidang menulis selama lebih dari 4 dekade juga mengantarkannya menjadi penulis naskah film, novel dan esai. Salut deh pokoknya sama wanita jagoan ini.

Kita lanjut ke jagoan kedua. Dia adalah No Hye Kyung
Sumber gambar dari korea.iyaa.com
Siapa yang sudah nonton drakor That Winter The Wind Blows? Kalau yang udah nonton drakor ini pasti tau kan kalau jalan ceritanya bikin mata bisa bengkak karena mewek melulu hehehehe.

Oleh karena itu, penulis No Hyee Kyung dikenal sebagai jagoannya dalam menuliskan kisah cinta tragis. Selain menulis naskah, No Hyee Kyung juga menerbitkan esai tentang cinta.

Selain drakor That Winter The Wind Blows, berikut ini adalah drakor yang juga dibuat oleh No Hyee Kyung, More Beautiful Than A Flower dan Padam Padam. Kalau sahabat mau nonton jangan lupa sedia tissue ya.

Jagoan ketiga kita adalah Song Ji Na
Sumber gambar dari korea.iyaa.com
Ada yang udah nonton drakor Healer? Nah beliau inilah pembuat naskah drakor tersebut. Dialah yang membuat karakter yang dimainkan Ji Chang Wook terlihat begitu keren.

Nah drakor terbaru dari Song Ji Na adalah King Loves. Yang diperankan oleh Im Si Wan dan YoonA SNSD. Keren kan drakor-drakor dari Song Ji Na?

Kang Eun Kyung adalah Jagoan keempat kita
Sumber gambar dari korea.iyaa.com
Dari tangan beliau lahirlah sederet drakor terbaik. Seperti Baker King Kim Tak GooHotelier dan Romantic Doctor, Teaceher Kim.
Kang Eun Kyung dalam membuat cerita cenderung mengkhususkan diri pada satu bidang industri (satu bidang karir). Sehingga hasil naskahnya luar biasa karena didahului dengan riset terlebih dahulu.

Jagoan kelima adalah Song Jae Jung
Sumber gambar dari cewekbanget.grid.id
Sahabat penggemar drakor pasti udah tau kan kalau drakor itu berani menampilkan sesuatu yang berbeda. Salah satunya menggabungkan cerita cinta dengan unsur fantasi. Hayo siapa yang tau drakor apa yang dimaksud penulis? Drakor W Two World lah salah satu contoh drakor yang dimaksud.

Nah yang jago buat menggabungkan cerita cinta dengan unsur fantasi jadi sebuah naskah drama yang luar biasa ya Song Jae Jung ini. Karena itu, ide ceritanya selalu terasa fresh dan berbeda dengan drakor yang selama ini sering kita tonton. Dialah yang membuat Lee Jong Suk bisa jadi tokoh kartun dan tokoh di dunia nyata di drakor W Two World.

Selain drakor W Two World itu, drakor karya Song Jae Jung lainnya adalah Queen In Hyun’s Man dan Nine.

Jagoan keenam adalah Kim Eun Hee
Sumber gambar dari cewekbanget.grid.id
Salah satu drama terbaik tahun 2016 lalu adalah Signal. Signal adalah drakor yang memiliki dua tema sekaligus. Yaitu tema thriller bercampur fantasi. Signal ini memiliki naskah (skenario) yang kuat banget. Jalan ceritanya yang menggabungkan masa lalu dan masa sekarang, serta konfliknya yang menegangkan. Membuat drakor ini menjadi luar biasa.

Saking bagusnya skenario signal, banyak kritikus yang memujinya. Para ahli pun mengatakan dalam skenario Signal tidak ditemukan plot hole sama sekali. Dari tangan si jenius Kim Eun Hee lah drakor signal ini lahir.

Kim Eun Hee lebih banyak menulis naskah drama bertema thriller yang mengangkat kasus kriminal. Dia mampu membuat penggemar drakor menjadi ikutan tegang kalau nonton drakor hasil dari karyanya. Berikut ini karya dari Kim Eun Hee, Signal, Phantom (Ghost), Sign, dan Three Days.

Kim Eun Sook, dialah si jenius dan jagoan ketujuh kita
Sumber gambar dari cewekbanget.grid.id
Siapa yang masih suka baper sama Descendants of the Sun dan Goblin? Drakor yang mendapatkan rating tertinggi ini lahir dari tangan si jenius Kim Eun Sook. Dari tangannya lahirlah sederet drakor terbaik yang selalu mendapatkan rating tertinggi.

Kim Eun Sook inilah master (pakarnya) membuat drakor bertema komedi romantis yang bisa bikin baper para penggemar drakor, khususnya para wanita. Karena beliau mampu membuat sosok karakter pria pemeran utama dalam drakornya menjadi sosok yang digilai dan dicintai oleh para kaum hawa (wanita).

Sosok laki-laki idaman yang sempurna buat wanita (kalau dalam kasus sebenarnya di dunia nyata merupakan sosok yang sulit ditemukan (too good to be true)). Contohnya seperti sosok kapten Yoo Si Jin di Descendants of the Sun dan dua sosok gaib (sang goblin dan malaikat maut tampan) yang diperankan Gong Yoo dan Lee Dong Wook mampu menjadi sosok karakter yang diidamkan oleh para kaum hawa.

Suksesnya Kim Eun Sook dalam membuat cerita dan karakter yang dicintai penggemar drakor, maka sangat wajar jika karya drakornya menjadi rating tertinggi. Berikut ini adalah drakor yang ditulis olehnya, A Gentleman’s Dignity, Secret Garden, The Heirs, Descendants of The Sun, dan Goblin. Wow semua hasil tulisan naskahnya box office hehehehe.

Nah itulah 7 jagoan pembuat naskah drakor yang hasil karyanya selalu booming. Penulis jadi enggak sabar menunggu hasil karya mereka selanjutnya.

Sumber referensi diambil dari buku menjadi sutradara televisi karya Naratama tahun 2004, korea.iyaa.com (04/07/2017), dan cewekbanget.grid.id (21/10/2017).

No comments:

Post a Comment