Pages

Thursday, November 23, 2017

Dari Antagonis Jadi Protagonis, Emang Bisa?

Kalau berbicara tentang pemeran antagonis kira-kira apa yang dirasakan oleh sahabat? Apakah kesal, sebal, bete, marah, atau malah kagum? Emang kalau menjadi pemeran antagonis punya tantangan tersendiri, khususnya mental yang kuat apabila tidak disukai banyak orang.

Memang berbanding terbalik sih kalau membicarakan tentang peran antagonis. Kalau pemeran protagonis (pemeran utama yang baik) selalu menjadi idola penonton sementara kalau untuk pemeran antagonis bila membuat penonton jadi kesal, bete, dan sebal malah aktingnya dianggap berhasil. Tetapi apabila kalau si pemeran antagonis disuruh jadi pemeran protagonis kira-kira mampu enggak ya?

Kali ini penulis mau mencoba membahas tentang aktor-aktor yang berhasil melepaskan image antagonisnya dan berhasil menjadi pemeran protagonis. Penulis mau membahas dari dua benua berbeda ya. Yaitu benua Asia (Korea Selatan) dan benua Amerika (Hollywood).

Oke untuk yang pertama, penulis mau kasih nama Nam Goong Min.
Sumber gambar dari grid.id
Buat penggemar drama korea (drakor) pasti enggak asing dengan nama ini. Nam Goong Min sudah sering tampil di beberapa drama dan film. Tetapi aktor multitalenta ini baru benar-benar mencuri perhatian penonton saat menjadi pemeran antagonis di drakor SBS The Girl Who Sees Smells dan SBS Remember.

Peran antagonisnya sebagai Nam gyu man di drama Remember benar-benar membuat banyak penggemar ingin mencakar wajahnya.

Meskipun begitu, Nam Goong Min dengan cepat berhasil membuang image antagonisnya lewat drama SBS Beautiful Gong Shim, KBS Chief Kim, dan SBS Falsify.

Khususnya di drakor Falsify ini Nam Goong Min berhasil melepaskan image jahatnya dan menjelma menjadi seorang reporter yang disakiti. Bahkan karena perjuangannya dalam mengungkapkan kebenaran dalam menyampaikan berita, ia harus kehilangan sang kakak tercinta.

Oleh karena itu, banyak penggemar drakor, khususnya penulis sendiri yang kagum dengan kemampuan akting aktor keren ini.

Kedua, masih dari negeri ginseng Korea. Yoo Seung Ho.
Sumber gambar dari hype.idntimes.com
Semenjak kecil wajah aktor tampan ini sudah menghiasi layar televisi lewat sejumlah peran yang ia perankan di dalam drakor. Selalu menjadi masa kecil dari pemeran utama membuat Yoo seung ho sudah membintangi banyak drakor dan terasah kemampuan aktingnya.

Oleh karena itu waktu masih menjadi aktor cilik pun, akting Yoo seung ho sudah memukau banyak orang. Memang kemampuan aktingnya pun patut diacungi jempol.

Apalagi setelah ia menjadi pemeran antagonis yang bernama Harry Borrison dalam I Miss You. Harry borrison adalah sesosok pria yang mempunyai obsesi berlebihan pada wanita yang dicintainya dan diam-diam akhirnya menjadi pembunuh keji dengan wajah polosnya. Yoo seung ho berhasil berakting menjadi seorang psikopat dalam drakornya yang ini.

Kemudian di drama terbarunya yang terakhir yaitu Ruler: Master of the Mask, Yoo seung ho kembali menjadi seorang protagonis. Ia berperan sebagai seorang ahli waris kerajaan yang dikhianati oleh sahabatnya sehingga dia sempat tidak bisa naik tahta. Ia pun berhasil melepaskan image psikopatnya di aktingnya menjadi pangeran ini.

Walaupun masih terbilang aktor muda tapi Yoo seung ho memang sudah membuktikan dia adalah aktor yang serba bisa.

Yang ketiga adalah aktor dari Hollywood, yaitu Ian McKellen.
Sumber gambar dari vanityfair.com
Kalau penggemar berat film Hollywood pasti hafal banget dengan aktor kawakan satu ini. Tetapi buat yang cuma suka nonton doang terkadang kurang paham dengan nama beliau.

Cuma kalau penulis kasih tau peran yang beliau mainkan pasti langsung pada menyebut aaahh. Iya, Ian McKellen adalah orang yang memerankan tokoh jahat magneto dalam film X-Men.

Udah tau dong ya betapa kerennya aktingnya. Tidak perlu pakai mata melotot tapi orang sudah takut kok dengan sosok magneto si penjahat mutan yang punya kekuatan mengambil semua logam (kekuatan super seperti magnet).

Tapi kira-kira sahabat sadar enggak kalau Ian McKellen yang Gandalf White di film The Hobbit? Kalau sahabat sudah tau berarti kamu termasuk penggemar berat film Hollywood. Tapi kalau kamu baru sadar berarti akting dari Ian Mckellen emang top abis. Karena membuat penonton tidak sadar kalau dia sudah berubah status. Berubah status dari sebelumnya jadi magneto (antagonis) terus jadi gandalf (protagonis).

Yang terakhir, artis yang berhasil berperan dari antagonis menjadi protagonis masih penulis datangkan dari Hollywood. Kali ini sosok artisnya bukan seorang aktor melainkan aktris. Penulis sendiri suka banget sama kemampuan akting aktris senior ini. Karena emang aktingnya itu keren banget.

Cocoklah bila penulis masukkan sebagai yang terakhir dan satu-satunya sosok perempuan. Beliau adalah aktris Meryl Streep.
Sumber gambar dari imdb.com-devil wears prada
Aktris senior ini sangat bertalenta. Ia sudah 13 kali masuk dalam nominasi untuk Academy Award.

Sosoknya yang lucu dan keibuan, membuatnya sering memerankan tokoh protagonis.
Seperti pada film komedi-musikal Mamma Mia! pada tahun 2008 dan film komedi-romantis Julie and Julia di tahun 2009.

Di dua film ini ia masuk nominasi piala Oscar untuk Best Actress in a Leading Role. Inilah penghargaannya sebagai aktris protagonis.

Tidak hanya akting protagonisnya yang memukau penonton. Namun akting Meryl Streep saat menjadi tokoh antagonis di dalam film The Devil Wears Prada pada tahun 2006 silam, membuatnya juga masuk ke dalam nominasi  piala Oscar untuk kategori Best Actress in a Supporting Role.

Pada film tersebut, ia menjadi seorang fashion editor bernama Miranda Priestly yang bersifat ketus, jutek, galak dan tidak ramah sama sekali pada siapapun. Bahkan kita yang menonton film tersebut tidak akan suka dengan dirinya. Males kali akh punya bos jutek seperti itu. Hehehe.
Sumber gambar dari imdb.com-the iron lady
Setelah berhasil menjadi Miranda Priestly, Meryl Streep kembali menjadi pemeran protagonis. Dalam film The Iron Lady di tahun 2011, Meryl Streep berperan sebagai Menteri Inggris wanita yang bernama Margaret Tacher. Dari aktingnya inilah Meryl Streep berhasil memenangkan piala Oscar untuk Best Actress in a Leading Role.

Wih emang mantap kan. Aktor-aktor dan aktris diatas. Mereka berani mencoba semua peran. Baik peran sebagai antagonis maupun protagonis. Karena memang sebenarnya keberhasilan seorang aktor dan aktris adalah mereka yang mampu terus melepaskan image peran dari peran yang sudah pernah mereka perankan sebelumnya.

Kalau menurut sahabat, siapa lagi sih aktor dan aktris yang berhasil melepaskan image antagonisnya dan berhasil menjadi pemeran protagonis? Kalau ada yang tau boleh share di kolom komentar ya.

Sumber referensi dari berbagai sumber. Seperti : kompasiana.com (10/12/2014), grid.id (19/09/2017), dan hype.idntimes.com (25/09/2017).

No comments:

Post a Comment