Mari Masuki Dunia Parenting, Inspirasi, dan Hiburan

Siapa yang suka nonton film kartun? Saya hehehe. Dari anak-anak hingga dewasa, hampir semua jenis usia mencintai film kartun. Namun biasany...

7 Film Disney Yang Punya Pesan Moral

Siapa yang suka nonton film kartun? Saya hehehe. Dari anak-anak hingga dewasa, hampir semua jenis usia mencintai film kartun. Namun biasanya film kartun memang identik dengan anak-anak dan film kartun biasanya menjadi pilihan tontonan bagi keluarga.

Mencari tontonan yang tepat bagi keluarga, khususnya anak-anak merupakan tantangan tersendiri bagi orang tua. Karena belum tentu film kartun pun cocok ditonton oleh anak-anak atau segala jenis usia. Tetapi ada loh film kartun yang memiliki pesan moral yang terkandung di dalamnya. Yuk intip 7 film disney yang memiliki pesan moral berikut ini. Boleh ya, jadi rencana berkumpul dengan keluarga di akhir tahun nanti, sambil nonton film kartun yang punya pesan moral seperti ini? Agar di tahun depan, kita bisa semakin semangat dan bersyukur dalam hidup ini.

1. Lion King
Sumber gambar dari hipwee.com
Salah satu film kartun disney yang menjadi legenda. Film kartun ini tidak lekang oleh waktu, karena menurut penulis, film ini masih sangat cocok untuk ditonton buat anak-anak maupun remaja saat ini.

Lion King bercerita tentang seekor singa bernama Simba yang ingin merebut kembali kerajaan ayahnya (Mufasa). Kerajaan Mufasa diambil alih paksa oleh adiknya sendiri atau pamannya Simba, Scar. Simba ingin mengambil alih kembali karena Scar memimpin kerajaan tersebut secara ditaktor dan semena-mena.

Film kartun ini mempunyai pesan moral yang begitu indah. Lion King mengajarkan kepada kita untuk bisa berdamai dengan masa lalu dan selalu optimis menyongsong dalam menghadapi masa depan. Memang dalam perjalanan hidup yang kita hadapi tidak selamanya kita bahagia terus, adakalanya kita menghadapi peristiwa yang membuat kita sedih, marah, dan kecewa.

Namun hal-hal yang tidak membahagiakan itu lantas membuat kita merasa trauma dan dendam akan masa lalu. Justru melalui hal-hal menyakitkan di masa lalu itulah, yang membuat kita bisa belajar untuk menjadi lebih baik dan tidak melakukan kebodohan yang sama di kemudian hari.

Gimana keren kan pesan moralnya? Boleh dimasukkan ke daftar tontonan keluarga kan?

2. Mulan
Sumber gambar dari IMDB.com
Film disney ini menceritakan tentang seorang wanita bernama Mulan yang menggantikan ayahnya untuk menjadi prajurit perang dengan menyamar sebagai laki-laki. Namun akhirnya penyamaran Mulan pun diketahui oleh rekan-rekan prajuritnya dan Mulan pun disuruh kembali pulang ke rumah.

Tetapi Mulan tidak menyerah dan tetap melakukan strategi yang sudah dia ketahui saat masih prajurit. Ia pun berhasil membantu teman-teman prajuritnya dalam memenangi pertarungan.

Film kartun ini mengandung pesan moral positif yang bisa diambil pelajarannya. Film Mulan mengajarkan kepada kita terlepas dari apapun jenis kelaminmu, mau laki-laki ataupun perempuan, janganlah kamu mudah menyerah dengan masalah yang sedang kamu hadapi. Jadilah sosok yang berani, maju terus pantang menyerah, dan mencari solusi untuk menyelesaikan masalah itu.

Apalagi dalam hal menggapai cita-cita, sebaiknya kita tidak menyerah untuk menggapainya. Setuju kan sahabat dengan sikap pantang menyerah ini?

3. Brave
Sumber gambar dari haibunda.com
Film yang bercerita tentang seorang putri bernama Merida. Ia ingin menjadi seorang putri yang mempunyai sikap berani dan mempunyai hak untuk bebas berpendapat sekaligus mengejar mimpinya.

Keinginan itu sangat ditentang oleh ibunya, karena menurut ibu Merida, seorang putri haruslah bersikap anggun, disiplin, dan menuruti segala aturan yang berlaku tanpa menentang sedikit pun. Karena perbedaan pandangan ini membuat Merida dan ibunya bersitegang.

Sampai-sampai sang ibu terkena kutukan dan menjadi beruang karena Merida. Dalam proses mengembalikan sang ibu menjadi manusia kembali, film brave memberikan banyak pesan moral kepada kita.

Film ini berpesan terkadang kita memang tidak cocok dengan pandangan atau pendapat yang diberikan oleh orang tua kita. Namun yang perlu diingat adalah bahwa orang tua kita pasti menginginkan yang terbaik buat kita. Jadi, cobalah berdiskusi dengan baik, ungkapkan keinginan kita, komunikasikan dengan lembut apa yang kita mau kepada orang tua kita. Dengan begitu kita akan mencari jalan tengah apa yang terbaik buat kita dan orang tua kita.

Cocok banget deh kayaknya nonton bareng anak kita yang sedang beranjak dewasa, iya enggak sahabat?

4. Wreck it Ralph

Sumber gambar dari haibunda.com
Wreck it Ralph bercerita tentang sosok antagonis, Ralph, yang tinggal di dalam video game. Ia merasa bosan dan tidak dihargai karena ia merupakan sosok antagonis di game tempatnya tinggal. Sehingga ia selalu dikucilkan oleh anggota video game lainnya karena dia sosok antagonis dan di cap jahat.

Ralph ingin mengubah nasibnya. Ia ingin menjadi sosok yang baik dan mendapat penghargaan layaknya seorang pahlawan. Rencana Ralph dalam mengubah nasibnya hampir berjalan lancar, namun tanpa ia sadari justru rencananya malah mencelakai dirinya sendiri dan teman-temannya.

Film Wreck it Ralph ini mengajarkan kepada kita bahwa sosok yang jahat tidak selamanya akan menjadi jahat. Karena setiap orang akan berubah. Akan tiba masanya atau karena suatu peristiwa membuat kita berubah dan ingin menjadi lebih baik lagi. Maka tidaklah dianjurkan bagi kita agar mencap seseorang jahat atau negatif.
Mungkin saat ini dia melakukan hal yang kurang tepat, tapi kita tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Bisa saja dia berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Bagaimana keren kan? Boleh dong masuk ke daftar tontonan untuk keluarga?

5. Big Hero 6
Sumber gambar dari hype.idntimes.com
Siapa yang tau dengan tokoh baymax? Kalau sahabat tau tokoh ini pasti kita tidak akan tahan untuk tidak mempunyai satu sosok seperti ini untuk diri kita sendiri hehehe. Karena memang sosok baymax lucu banget dan penuh pesona.

Baymax adalah robot penjaga kesehatan pribadi yang diciptakan Tadashi untuk adiknya, Hiro. Big Hero 6 menceritakan tentang bagaimana proses Hiro yang berhasil bangkit dari kesedihan karena ditinggalkan oleh sang kakak tersayang, Tadashi.

Bagaimana Hiro yang tadinya menutup diri, akhirnya mau membuka diri karena sosok baymax yang hangat. Baymax kembali menghadirkan arti keluarga bagi Hiro.

Film ini mengajarkan kepada kita untuk menerima setiap proses kehidupan yang terjadi. Karena pasti ada hikmah atau pelajaran yang bisa didapat dari itu semua. Selain itu, film ini juga mengajarkan bahwa kita itu makhluk sosial yang akan selalu membutuhkan kehadiran orang lain. Oleh karena itu, sebaiknya pun kita juga bisa memberikan kontribusi positif bagi sekitar kita. Enggak akan pernah rugi kok kalau kita memberikan manfaat bagi orang lain, setuju?

6. Inside Out
Sumber gambar dari haibunda.com
Film yang terinspirasi dari teori Psychoevolutionary dari Robert Plutchik ini berhasil memukau penonton. Film inside out ini bercerita tentang kehidupan seorang anak bernama Riley Andersen (Riley). Dimana dalam kehidupannya tersebut, ia dipengaruhi oleh lima aspek emosional yang berada dalam pikirannya yaitu Joy (kesenangan), Sadness (kesedihan), Fear (kehati-hatian), Anger (kemarahan), dan Disgust (Mengatur soal selera).

Kelima emosi ini memiliki peranan yang penting dalam hidup Riley. Bagaimana Riley mampu mengontrol emosinya dalam film ini memberikan pesan moral yang luar biasa. Film Inside Out ini mengajarkan tentang keseimbangan dalam kehidupan.

Dalam hidup ini ada masa bahagia, sedih, marah, dan kecewa. Namun apabila kita mampu mengatasinya dengan kontrol emosi yang baik maka kita bisa menilai setiap masa tersebut dari posisi atau pandangan yang berbeda. Tidak selamanya sedih itu pasti sedih terus karena bisa jadi kita harus sedih dahulu sebelum bahagia, begitupun sebaliknya, kadang kita mengingat hal yang bahagia malah menjadi sedih karena ada saat kita ingin mengulang peristiwa bahagia tersebut.

Intinya semua perasaan atau emosi dalam diri kita itu penting asal kita bisa mengontrolnya dengan baik. Khususnya bagi orang tua, sangat penting mengenal emosi pada anak-anak. Agar di kemudian hari dia bisa mengekspresikan dirinya dengan emosi yang stabil dan tepat.
Bagaimana mau coba nonton film satu ini?

7. Finding Dory
Sumber gambar dari hype.idntimes.com
Buat penggemar cerita Finding Nemo pasti tau dong sosok Dory. Finding Dory memang sekuel dari film Finding Nemo. Dory adalah seekor ikan yang memiliki kekurangan dalam ingatan. Ia hanya mampu mengingat sesuatu hanya dalam jangka pendek saja dan kemudian lupa.

Oleh karena itu, Dory pun lupa dengan masa lalunya. Namun Dory merasa dia masih mempunyai orang tua yang menunggunya. Dengan berani Dory pun mencari kedua orang tuanya.

Film ini mengajarkan kepada kita setiap orang pasti punya kekurangan. Namun bukan berarti kekurangan tersebut menghambat kita untuk bisa maju dan meraih keberhasilan. Dengan kita bisa mengatasi kekurangan tersebut mungkin saja kita bisa menjadi inspirasi bagi orang lain.

Kita bisa meraih keberhasilan dengan kerja keras dan semangat pantang menyerah. Bagaimana setuju kan sahabat dengan pesan Finding Dory ini?

Itulah 7 Film Disney yang memiliki pesan moral yang dapat kita pelajari sebagai sesuatu hal positif. Bagaimana sudah buat afirmasi positif untuk awal tahun nanti kan, sahabat?

Kalau sahabat tau film Disney lain yang menginspirasi boleh di share di kolom komentar ya. Terima kasih.

Sumber referensi diambil dari hipwee.com (01/03/2015), kompasiana.com (17/06/2016), haibunda.com (11/08/2017), dan hype.idntimes.com (25/08/2017).

0 coment�rios:

Yuk, kita berdiskusi di sini ☺đź’•. Terima Kasih.

Karya Antologiku

My Community

Teman-Teman SehatiQ

Blog Archive