Pages

Tuesday, December 19, 2017

Big Bang, Panutan Para Idola Di 2017

Sumber gambar dari cnn.com
Memiliki sosok inspirasi yang dijadikan sebagai panutan dalam hidup merupakan hal yang wajar bagi setiap orang. Hal ini jugalah yang terjadi dalam industri musik Korea atau yang lebih dikenal dengan sebutan KPop ini. Walaupun mereka sudah menjadi idola bagi fansnya tetapi mereka juga masih memiliki sesosok yang menjadi inspirasi dan panutan dalam berkarya. Biasanya mereka terinspirasi dari para seniornya yang memiliki segudang prestasi gemilang.

Salah satunya adalah Big Bang. Kok bisa? Iya grup idol ini yang paling sering disebutkan namanya, apabila ada pertanyaan siapakah yang menjadi inspirasi dan panutan kamu atau kalian dalam berkarya. Seperti dikutip dari id.castko.com (18/12/2017), Big Bang memiliki banyak fans dari kalangan artis idola, seperti Mino Winner, B.I iKON, U-Kwon Block B, Rap Monster, Jin, Jimin, dan Jungkook BTS. Lalu, Hyuk VIXX, Jinjin ASTRO, Bambam, dan Jackson GOT7. Kemudian L.Joe Teentop, Jonghoon FTIsland, IU, SinB G-Friend, dan Siwoo C-Clown.

Bahkan tidak hanya itu, dari kalangan aktor dan aktris pun juga ada yang terinspirasi oleh Big Bang. Seperti, Kim Woobin, Kim Sohyun, dan Yeo Jin Goo. Sedangkan untuk di kalangan bintang variety show ada Yoo Jaeseok (sumber diambil dari id.castko.com (18/12/2017)). Mengapa Big Bang bisa menjadi panutan dari para idola tersebut? Yuk ikutin penelusuran penulis berikut ini ya.

Yang pertama adalah Big Bang pernah dinobatkan sebagai artis KPop legendaris

Big Bang yang sudah berkarir selama 10 tahun di industri musik Korea ini mampu memberikan kontribusi yang luar biasa. Mereka dianggap sebagai pendongkrak kembali era musik hip hop di Korea.

Pada tahun 2016 lalu, melalui serangkaian voting (jajak pendapat) yang dilakukan di Korea terhadap para kritikus dan produser musik. Siapakah grup idol (boyband) yang berhak menyandang gelar KPop legendaris? Big Bang pun terpilih sebagai pemenang.

Seperti dikutip dari liputan6.com (01/10/2016), Big Bang berhasil meraih mayoritas suara dengan 25 voting. Lagu milik Big Bang yang berjudul 'Lies' masuk dalam daftar karya paling populer dan legendaris di industri KPop. Bahkan, Big Bang pun berhasil mengalahkan seniornya, TVXQ yang ada di posisi kedua.

Tidak hanya itu, Big Bang pun berhasil masuk kedalam 100 orang paling berpengaruh menurut Majalah Time. Seperti dikutip dari liputan6.com (01/10/2016), Big Bang juga mendapatkan hasil polling yang positif dari pembaca majalah Time dan berhasil masuk ke dalam TIME Magazine's 100 Most Influential People (100 orang yang paling berpengaruh menurut majalah Time).

Kedua, Big Bang merupakan salah satu grup idol dengan bayaran termahal
Sumber gambar dari forbes.com
Big Bang dinobatkan sebagai grup idol termahal versi majalah Forbes. Seperti dikutip dari liputan6.com (13/07/2016), menurut laporan dari Forbes, Big Bang merupakan salah satu pencetak uang di industri musik. Kesuksesan Big Bang membuat grup idol yang terdiri dari Seungri, Taeyang, Daesung, G Dragon, dan TOP itu meraih pendapatan yang sangat besar.

Bahkan pendapatan Big Bang tersebut mampu mengalahkan pendapatan band kelas dunia Maroon 5. Seperti dikutip dari liputan6.com (13/07/2016), menurut laporan dari Forbes, Big Bang mampu mengumpulkan uang senilai US$ 44 juta atau sekitar Rp 577 miliar dari penjualan album hingga tiket konser. Bahkan, Big Bang berhasil mengalahkan pendapatan Maroon 5, yang saat itu berjumlah US$ 33,5 juta atau setara Rp 440 miliar. Karena pendapatan yang begitu besar ini, membuat Big Bang menjadi satu-satunya grup idol (boyband) asal Korea Selatan yang sukses mendarat di daftar teratas Forbes di tahun 2016.

Ketiga, Big Bang mampu memikat hati para penggemar dunia

Lagu-lagu Big Bang memang terbilang fenomenal, seperti Lies, Fantastic Baby, dan Bang Bang Bang. Karena lagu-lagu mereka itulah yang mampu membuat hati para penggemar terpikat.

Seperti dikutip dari billboard.com (08/11/2017), sejak tahun 2012, Big Bang mampu memikat hati para penggemar dunia khususnya Amerika tentang KPop lewat lagu mereka yang berjudul Fantastic Baby. Lagu Fantastic Baby ini sudah ditonton sebanyak 300 juta kali lewat youtube dan dalam salah satu episode di serial Glee (serial drama remaja terkenal Amerika) pun ikut menayangkannya.

Itulah 3 alasan menurut penulis yang membuat Big Bang layak menjadi panutan bagi para idola di 2017. Bagaimana sahabat setuju? Ditunggu jawabannya di kolom komentar ya.

Sumber referensi artikel diambil dari liputan6.com (01/10/2016 dan 13/07/2016), billboard.com (08/11/2017), dan id.castko.com (18/12/2017).

No comments:

Post a Comment