Mari Masuki Dunia Parenting, Inspirasi, dan Hiburan

Sumber gambar dari twitter.com-InfoHumasBMKG Gempa bumi yang terjadi semalam membuat penulis ingin membuat tulisan ini. Gempa bumi mema...

Saat Gempa, Lakukanlah Hal Berikut Ini Yuk

Sumber gambar dari twitter.com-InfoHumasBMKG
Gempa bumi yang terjadi semalam membuat penulis ingin membuat tulisan ini. Gempa bumi memang bisa terjadi di Indonesia karena negara ini terletak pada pertemuan 3 lempeng utama dunia, yaitu lempeng Australia, Eurasia (Eropa dan Asia), dan Lempeng Pasifik. Karena hal itulah membuat Indonesia memiliki potensi rawan gempa bumi. Selain itu gempa bumi juga bisa disebabkan oleh aktivitas gunung berapi dan jatuhnya bebatuan.

Apapun yang menyebabkan gempa bumi terjadi, kita sebaiknya selalu waspada dan siap melakukan tindakan saat gempa terjadi. Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan saat gempa bumi terjadi, hal-hal ini perlu dilakukan sebagai langkah awal penyelamatan diri saat gempa bumi terjadi. Yuk kita simak bersama.

1. Tetaplah mencoba untuk tenang dan tidak panik ketika terjadi gempa bumi

Saat gempa bumi tiba-tiba terjadi, kita biasanya cenderung panik dan akhirnya kita menjadi bingung apa yang harus dilakukan. Oleh karena itu sebaiknya kita tarik nafas dahulu dan mencoba tenang. Kemudian perhatikan sekeliling dimanakah kita berada sekarang? Hal ini perlu dilakukan agar kita tepat melakukan penyelamatan diri saat gempa bumi terjadi.

2. Cara menyelamatkan diri saat gempa bumi terjadi. Ada beberapa cara untuk menyelamatkan diri saat gempa bumi. Sekali lagi perhatikan kondisi kita berada dimana ya.

Apabila kita sedang berada di dalam ruangan atau rumah, yang perlu dilakukan adalah selamatkan diri sendiri dan keluarga dengan berlindung pada tempat seperti dibawah meja. Kemudian lindungi bagian kepala terlebih dahulu dengan menggunakan bantal, tas, papan, atau memposisikan kedua tangan di atas kepala sambil telungkup. Jauhilah lemari dan barang pecah belah. Karena bisa berpotensi ambruk dan pecah saat gempa bumi terjadi. Yang paling penting juga segera keluar ruangan atau rumah bila gempa bumi tidak begitu kencang atau sudah bisa dikondisikan lebih baik untuk keluar.

Bila kita berada di luar ruangan yang perlu dilakukan adalah hindari gedung-gedung tinggi, pohon-pohon besar, dan tiang-tiang listrik. Usahakan cari tempat yang luas dan lapang kemudian jangan lakukan apapun sampai gempa bumi selesai.

Jika berada di gedung tinggi, yang perlu dilakukan adalah berlindung dulu di bawah meja, jika memungkinkan untuk segera keluar, keluar secara perlahan dan jangan menggunakan lift tetapi gunakanlah tangga darurat.

3. Setelah gempa bumi berakhir yang perlu diperhatikan adalah cek kondisi diri sendiri dan orang-orang sekitar kita. Apakah ada yang terluka? Agar bisa segera diberikan pertolongan pertama kecelakaan.

4. Periksa kondisi air, gas, dan kabel listrik dari kerusakan. Apabila ada yang rusak, dicek seberapa parah kerusakannya? Kalau masih bisa ditanggulangi sendiri silahkan perbaiki. Namun bila parah lebih baik tinggalkan dan serahkan kepada ahlinya.

5. Apabila sudah dirasa aman dan memungkinkan cobalah mengabarkan kepada keluarga yang berada jauh dari kita. Hal ini perlu dilakukan agar keluarga jauh pun tenang dan mengetahui kita baik-baik saja.

Itulah 5 hal yang perlu dilakukan saat gempa bumi terjadi. Semoga bermanfaat ya sahabat. Yang paling penting juga adalah berdoa agar kita selalu selamat dan sehat. Aamiin

Sumber referensi artikel ini diambil dari lifestyle.kompas.com (05/10/2009), liputan6.com (09/12/2016), dan hellosehat.com (05/09/2017).

0 coment�rios:

Yuk, kita berdiskusi di sini ☺💕. Terima Kasih.

Karya Antologiku

My Community

Teman-Teman SehatiQ

Blog Archive