Pages

Wednesday, February 27, 2019

Inilah 3 Kewajiban Utama Ayah Menurut Islam, Ternyata Anak-anak sangat Membutuhkan Kehadiranmu!

Assalamu'alaikum Sahabat Lithaetr,

Kalau sebelumnya sudah berbicara soal peran bunda, maka kali ini kita membahas tentang 3 kewajiban utama ayah menurut Islam. Hal ini perlu dibahas oleh penulis karena ternyata kehadiran seorang ayah penting lo buat perkembangan karakter bagi anak-anak. Tidak percaya? Yuk, ikutin terus ulasan berikut ini,
Gambar: dokumentasi pribadi
Dalam Islam ternyata kewajiban seorang ayah bagi keluarganya sudah diatur lo. Yang pertama, seorang ayah wajib menafkahi keluarganya. Hal tersebut pun sudah terdapat dalam Alquran surah An-nisa ayat 34. Oleh karena itu, seorang ayah wajib memenuhi segala kebutuhan keluarganya baik sandang, pangan, dan papan. Berikanlah nafkah yang halal ya ayah, karena dari nafkah-mu itulah yang akan menjadi sumber kehidupan utama bagi keluargamu.

Lalu apakah dengan mencukupi semua kebutuhan keluarga cukup? Ternyata tidak, masih ada lagi yang harus dilakukan seorang ayah yaitu,

Kedua, melindungi keluarga dari siksa api neraka. Masih banyak laki-laki atau para ayah yang berpikiran bila sudah memenuhi kebutuhan keluarga itu sudah cukup. Padahal dalam islam seorang ayah juga harus menjadi penanggung jawab pendidikan bagi anak-anaknya. Terkait pendidikan ini di dalamnya ada pengetahuan dasar tentang akidah dan akhlak.

Justru kewajiban utama seorang ayah berikutnya adalah memenuhi kebutuhan rohani anak-anak berupa keimanan dan amal saleh. Hal ini terdapat dalam Alquran surah At-Tahrim ayat 6 yang artinya,
Gambar: dokumentasi pribadi
Melihat makna dari ayat di atas, dilansir dari parenting.dream.co.id (11/02/2018), Allah tidak pernah menyuruh ayah untuk melindungi anaknya dari panasnya terik matahari atau dari perihnya rasa lapar. Tetapi justru Allah memerintahkan para ayah untuk melindungi anak-anak mereka dari api neraka.

Setelah ayah menjadi penentu pendidikan bagi anak-anaknya, kewajiban selanjutnya adalah memiliki dan mempunyai ikatan emosional yang kuat dengan anak-anak. Apa maksudnya?

Kehadiran seorang ayah sangat dibutuhkan oleh anak-anak, khususnya dalam hal yang ketiga ini yaitu membangun ikatan emosional. Bila anak-anak sudah secara otomatis memiliki ikatan batin dengan anak-anaknya, maka ayah perlu membangun hal tersebut.

Ayah yang menentukan pendidikan bagi anak-anaknya dan dengan kedekatan emosional inilah faktor kesuksesan tersebut bisa terlaksana. Bila anak-anak memiliki kedekatan emosional yang baik dengan ayahnya maka faktor kepercayaan diri, rasa aman, dan pantang menyerah bisa terbentuk. Intinya, kematangan emosional anak akan terbangun dengan sempurna, bila hubungan kedekatan dengan ayah terjalin baik.

Ayah, ayo berikan waktu yang berkualitas setelah bekerja untuk anak-anakmu ya. Tidak cukup dengan mencukupi kebutuhan mereka lo, tetapi anak-anak juga membutuhkan pendidikan, keteladan, dan kasih sayang maskulin dari seorang ayah.

Semoga tulisan dari buku Rumahku Madrasah Pertamaku karya DR. Khalid Ahmad Syantut ini bisa menjadi bahan renungan bagi para ayah ya,

"Para suami hendaknya meneladani Rasulullah. Beliau selalu membantu istrinya. Bahkan, beliau menjahit baju, mengesol sandal, membersihkan rumah, membuat roti, dan mengangkat belajaan." (Abu Bakar Al-Jazairi)
Semoga tulisan ini bisa menjadi renungan sekaligus penyemangat ayah dalam membangun keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah ya, aamiin. Karena keberhasilan dalam mendidik anak-anak dibutuhkan kerjasama yang solid antara ayah dan bunda lo. Yuk, semangat membentuk generasi terbaik bagi zamannya kelak. Semoga kita dimampukan ya ayah dan bunda (n_n)

2 comments:

  1. Semoga kita, para orang tua selalu semangat menjalani biduk rumah tangga hingga jannah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin ya Rabbal'alamin 😍. Terima kasih sudah berkenan mampir ya bunda

      Delete