Pages

Monday, February 11, 2019

Seberapa Penting sih Tumbuh Kembang Anak di Usia Pra Sekolah?

Gambar: Buku Rumahku Madrasah Pertamaku
Assalamu'alaikum sahabat Lithaetr,

Di tulisan kedua kali ini saya masih mau membahas soal parenting. Mengapa hal ini ingin saya tulis dan coba sebarkan, karena menurut saya hal ini penting. Penting sebab masih cukup banyak orangtua yang belum menyadari bahwa tumbuh kembang anak, khususnya di masa pra sekolah (usia 0-6 tahun) ini sangat penting.

Saya cukup beruntung karena saya mengetahui ilmu ini saat putri sulung saya masih berusia 4 tahun 6 bulan. Setidaknya masih cukup banyak waktu agar dia mengejar ketinggalan dalam proses tumbuh kembangnya. Saya mendapatkan ilmu ini pertama kali dari sekolah putri saya itu. Sebelumnya karena komunitas HSKM (Homeschooling Keluarga Muslim). Dari situlah saya menjadi terbuka wawasannya dan banyak belajar, bahwasannya setiap hal yang dilakukan si kecil itu adalah hal yang dia butuhkan. Agar si kecil paham dia membutuhkan hal tersebut, maka dibutuhkanlah pendampingan dan berikan pijakan-pijakan (peraturan-peraturan).

Dari situlah awal terbentuknya bangunan atau karakter yang akan menentukan bagaimana si kecil bersikap ketika dewasa. Quote tadi juga semakin dikuatkan dengan pernyataan dari Dokter Montessori berikut ini,

Apa pun prioritas dalam pendidikan anak, khususnya usia 0-6 tahun, satu hal yang pasti adalah kita harus menyiapkan anak yang seimbang (fisik, emosional, dan sosial) untuk menghadapi abad ini.
Montessori pun mengatakan anak-anak harus dibentuk atau dibangun agar ia bisa menghadapi zamannya kelak. Dari sinilah jawaban mengapa baru usia 7 tahun-lah anak-anak siap menerima pengajaran atau ilmu di sekolah. Dikarenakan diharapkan proses tumbuh kembang anak-anak tersebut sudah selesai saat mereka berusia 0-6 tahun.

Di sekolah putri saya dijelaskan kalau usia pra sekolah itu menyiapkan hardware anak agar siap menerima pelajaran di SD kelak. Maka keluarlah rumus berikut ini,

Gambar: Training Parenting di Al-Kawaakib
Rumus segitiga inilah yang harus dibangun ketika usia anak masih pra sekolah. Dengan harapan usia 7 tahun nanti dia sudah siap untuk tahap paling atas yaitu Cognition Intellectual. Menurut penelitian yang dilakukan secara konsisten menyatakan perawatan dan pendidikan dini yang bermutu tinggi dapat mendorong kesempatan anak berhasil di sekolah nantinya. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menyeimbangkan perkembangan biologis dan perkembangan usia kronologisnya.

Intinya kita harus mendampingi dan membangun anak-anak kita agar antara usia kronologis (usia berdasarkan tahun kelahiran) dan usia biologis (usia berdasarkan stimulusisasi tumbuh kembang) ini seimbang. Rumus segitiga inilah salah satu kunci dan seberapa pentingnya sih tumbuh kembang anak di usia pra sekolah nanti-nya.

Nah untuk membahas masalah segitiga ini, detailnya bisa disimak ditulisan saya berikutnya...

Semoga tulisan kali ini bermanfaat bagi sahabat Lithaetr semua ya.

2 comments:

  1. Anak saya berumur 2th mba, saya banyak baca tulisan mba tentang tumbuh kembang anak, semangat terus untuk berbagi ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bunda jika berkenan membaca tulisan sederhana saya. InshaAllah saya akan mencoba berbagi pengalaman ya Bun. Salah satu alasannya sebagai pengingat saya juga bila menulis Bun (n_n)

      Delete