Wow… Ternyata Menggambar juga Menjadi Salah Satu Tahapan Perkembangan Anak Lo!

Assalamu’alaikum Sahabat Lithaetr,

Maafkan ya karena sudah agak lama belum menulis lagi, karena saya sedang fokus untuk 3 project nulis offline yang sedang diikuti. Bila lancar akan ada kejutan soalnya, hehehehe, doakan agar lancar ya sahabat.

Seperti yang sudah sering saya sebut sebelumnya, kalau penulis mengenal dunia parenting ini karena orang-orang hebat di sekitar saya. Nah, semenjak putri pertama saya sekolah bertambah-lah juga pengetahuan ini.

Gambar: dok pribadi (my star)

Dahulu bila saya merasa kalau menggambar itu adalah bakat, ternyata setelah mengikuti training parenting di sekolah putri saya, pandangan ini pun berubah. Menggambar juga menjadi salah satu tahapan dari perkembangan anak lo!

Buat yang sudah tahu Alhamdulillah, buat yang belum yuk, simak ulasan saya berikut ini ya,

Ternyata menurut Depdiknas tahun 2004, menggambar dan melukis itu memiliki tahapan-tahapan dan sesuai dengan perkembangan anak.

Tahap 1:

Tahap di mana anak-anak mulai mencoret-coret acak, coretan selalu berhubungan, dan krayon atau alat menggambar seakan-akan tidak akan lepas dari tangan anak.

Gambar: PADU Depdiknas 2004

Tahap 2:

Tahap 2, coretan anak sudah mulai terarah. Tanda-tanda seperti titik-titik atau garis-garis sering diulang-ulang, biasanya juga bentuk lonjong sering muncul tapi belum berhubungan gambarnya.

Gambar: PADU Depdiknas 2004

Tahap 3:

Penambahan pada bentuk-bentuk lonjong; yang sering ditambahkan garis-garis dan titik-titik; biasanya garis-garis menyebar dari bentuk lonjong dan titik-titik di dalam bentuk lonjong.

Gambar: PADU Depdiknas 2004

Tahap 4:

Mulai muncul “kepala besar’, titik-titik dan garis-garis dalam bentuk lonjong menyerupai wajah dan mengambang di atas kertas.

Gambar: PADU Depdiknas 2004

Yang membedakan tahapan 1 dan 4 adalah dari penjelasan dari anak tentang gambarnya

Tahap 5:

Gambar “kepala besar” dengan kaki mengambang di atas kertas.

Gambar: PADU Depdiknas 2004

Tahap 6:

Gambar “kepala besar” dengan kaki dan bagian-bagian badan lainnya, khususnya tangan; mengambang di atas kertas. Muncul awal tulisan. Huruf mengambang seperti garis-garis.

Gambar: PADU Depdiknas 2004

Tahap 7:

“Kepala Besar” dengan bentuk batang sebagai badan dan anggota-anggota tubuh lainnya. Posisi gambar masih mengambang di atas kertas.

Gambar: dok pribadi (Karya Temannya Bintang usia 5 tahun)

Tahap 8:

“Kepala Besar” dengan bentuk batang tertutup sebagai badan, bentuk batang berisi sebagai badan, atau bentuk batang segitiga sebagai badan dan anggota-anggota tubuh lainnya. Posisi gambar masih mengambang di atas kertas.

Gambar: dok pribadi (Karya Bintangku usia 4 tahun lebih 9 bulan)

Tahap 9:

Gambar rumah sederhana, lalu gambar menyerupai wajah, objek-objek sederhana lainnya seperti kupu-kupu dan bunga-bunga. Posisi gambar juga masih mengambang di atas kertas.

Gambar: dok pribadi (Karya Bintangku usia 4 tahun lebih 11 bulan)
Gambar: dok pribadi (Karya Bintangku usia 5 tahun)

 Tahap 10:

Bagian paling bawah kertas digunakan sebagai garis dasar dan gambar-gambar objek yang bisa dikenali ditempatkan di situ. Objek-objek ditempatkan secara tepat di langit dan di darat. Intinya anak sudah mulai paham tentang area dalam menggambar.

Gambar: PADU Depdiknas 2004

Tahap 11:

Dalam menggambar, anak-anak sudah mulai memberikan batasan atau area-area secara tepat dalam gambarnya, contoh: rumah sudah berada di atas tanah. Namun ukuran objek-objek masih belum tepat, misal orang lebih besar daripada rumah atau pintu rumahnya.

Gambar: PADU Depdiknas 2004

Tahap 12:

Di tahapan ini anak mulai sadar dengan dua dimensi yaitu ada darat dan udara. Sehingga mereka sudah menempatkan obyek sesuai tempatnya dan ukuran obyeknya pun sudah proporsional.

Gambar: PADU Depdiknas 2004

Itulah 12 tahapan menggambar yang menjadi salah satu tahapan dalam perkembangan anak. Alhamdulillah bintang saya sudah sampai di tahapan 9 sekarang. Sementara bundanya (saya) masih di tahap 5 dan 6, hahahaha…. Nah, kalau buah hati, sahabat sudah berada di tahapan berapa? Sementara kalau sahabat sendiri berada di tahap berapa? Ditunggu responnya di kolom komentar ya, sahabat (n_n).

19 pemikiran pada “Wow… Ternyata Menggambar juga Menjadi Salah Satu Tahapan Perkembangan Anak Lo!”

  1. Iya Bun, saya pun juga baru mengetahui hal ini ketika mengikuti pelatihan parenting di sekolah putri saya. Ternyata menggambar, melukis, bermain balok, dan menulis ada tahapan-tahapan perkembangannya (n_n). Mungkin saya akan membahas hal tersebut di lain waktu

    Balas
  2. wah baru tahu mbak, kalo ternyata menggambar ada tahapannya dan ada identifikasinya. Aku dah sampai tahap mana ya? hehehehe…tp aku perhatikan anak kedua ku juga bentuk gambarnya mulai berbentuk sesuai perkembangan usianya

    Balas
  3. Saya termasuk yg mengamati perkembangan coretan Lubna sejak PAUD umur 3 tahun sampai sekarang jelang 10 tahun. Dari mulai ngasih warna ga karuan, sampai akhirnya bisa gradasi warna. Tapi tetap saja dia punya ciri khas, gambarannya gak pernah raprapi hehehhhee

    Balas
  4. Saya pun awalnya hanya mengira bakat Bun… Eh setelah ikut training parenting di sekolah anak jadi ikut memperhatikan kalau ini juga bagian dari perkembangannya (n_n)

    Balas
  5. Jujur nih bun kalo saya masih tahap 10. Saking daridulu saya selalu bilang ga bisa gambar ehh sampe sekarang Alhamdulillah emang benern jadi ga bisa wkwkw suka kadang malu sendiri dulu pas psikotest kerja suruh gambar, liat peserta lain bagus-bagus saya kok kayak anak TK hehe

    Balas
  6. Yang suka menggambar di rumah adalah si sulung. Zaman dia kecil, tembok penuh sama gambarnya…haha. Beda sama yang bungsu sekarang ini, Mbak. Dia tdak seantusias kakaknya…

    Balas
  7. Tadinya saya juga mengira pintar menggambar itu bakat, ternyata ndak ya. saya juga baru tahu nih ternyata menggambar merupakan salah satu tahap perkembangan anak ya. Jadi mau dukung si kecilku untuk belajar menggambar sejak dini deh. Btw gambarnya Bintang bagus2 deh. 🙂

    Balas
  8. Bisa dari tahapan usia dan stimulus dalam mengembangkan kemampuan motorik atau tumbuh kembang soal menggambar ini Bun

    Jadi anak juga semakin berlatih semakin mahirlah ☺❤

    Balas
  9. Silakan Bun distimulus dengan baik kemampuan ini Bun, namun tetap memperhatikan ketertarikan anak juga ya Bun

    Jangan sampai anak-anak terkesan mendapatkan paksaan karena kita over stimulus juga ya ❤☺

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.