Memberikan Kesejahteraan dan Membela Keadilan bagi Rakyat itu Tujuan Kami-Haechi

Memberikan Kesejahteraan dan Membela Keadilan bagi Rakyat itu Tujuan Kami-Haechi

drakor haechi
gambar dari sbs drama
Assalamu’alaikum Sahabat Lithaetr,
 

Hari ini mau nulis yang ringan dulu, ya… Sebenarnya tulisan ini masih berkesinambungan dengan Badut Bijaksana Gantikan Raja Zalim, Rakyat Makmur, Bisakah? -The Crowned Clown. Iya, masih mau mengulas tentang drama Korea (drakor) kolosal atau saeguk dulu nih. Sebenarnya, mau nulisnya kemarin, namun maklum kalau Ahad itu jatahnya emak bermain dengan keluarga, alhasil baru menulis sekarang deh hehehe.

Cuma drakor yang mau diulas kali ini, judulnya berbeda sama tulisan link tadi. Walaupun temanya sama-sama tentang sejarah Korea, namun drakor ini benar-benar terinpirasi dari kisah nyata. Drakor ini masih on going atau tayang di Korea, jadi buat sahabat yang penasaran sama ceritanya bisa ngikutin saja langsung sekarang, karena baru tayang hingga 18 episode. Drakor saeguk yang mau dibahas kali ini berjudul Haechi.


Sebenarnya, kenapa sih saya baru senang mengulas drakor bertema sejarah? Iya, karena dari sejarah terkadang banyak pelajaran yang bisa diambil, agar tidak terulang lagi di kemudian hari. Lalu, mengapa saya memilih 2 drakor ini yang dibahas? Karena, berkaitan dengan kepemimpinan yang bercita-cita memberikan kesejahteraan dan membela keadilan bagi rakyat. Apa karena dekat dengan pemilu jadi membahas tentang ini? Mmm… bisa jadi, hehehe. Yuk, disimak saja ulasan tentang drakor ini ya,

Hubungan antara pemilu dengan drakor Haechi

Tinggal 2 hari lagi seluruh Indonesia akan melakukan pemilihan umum (pemilu) serentak. Pemilihan presiden dan seluruh wakil rakyatnya dilakukan pada hari yang sama. Makanya, bisa dikatakan kalau 2 hari lagi itu merupakan hari ‘Penentuan Nasib Bangsa Indonesia’. Jadi, menurut saya wajar bila seluruh rakyat Indonesia memperhatikan, memberikan pendapat, dan berkonsentrasi penuh terhadap pemilu tahun ini. Namun, saya tidak ingin membahas banyak tentang hal ini ya, karena saya merasa tidak berkompenten dalam bidang politik. Jadi, saya mencoba memberikan pandangan lewat hal yang saya kuasai yaitu menonton film atau sinetron atau drakor dan mereview-nya.

 
Saya memilih drakor karena pas untuk kaum milenial, yang katanya banyak kegandrungan budaya Korea atau Kpop Wave atau gelombang Korea. Namun, saya pun memilih drakornya yang bisa dijadikan pelajaran juga dong, biar tidak hanya menghibur tetapi tetap harus ada unsur pembelajarannya, sebab saya juga seorang emak yang ingin anaknya bisa selalu bermain dan belajar.
jung il woo haechi
Gambar dari sbs drama kiri ke kanan Go Ara (berperan sebagai Yeo Ji), Jung Il Woo (berperan sebagai Lee Gum), dan Kwon Yool (berperan sebagai Park Moon Soo)

Makanya, saya mau mengulas drakor
saeguk berjudul Haechi ini. Drakor ini masih tayang di stasiun TV Korea yaitu SBS setiap Senin dan Selasa malam. Haechi bercerita tentang Pangeran Lee Gum (diperankan oleh Jung Il Woo) yang ingin naik menjadi raja dan mereformasi sistem keadilan di organisasi Saheonbu (organisasi penyidik atau polisi yang mengadili pejabat kerajaan yang korupsi). Karena Pangeran Lee Gum melihat kalau organisasi Saheonbu sudah tidak bertindak sebagaimana mestinya. Untuk mencapai cita-citanya tersebut dia pun berkerjasama dengan 3 orang dari berbagai status yang berbeda, yakni Yeo Ji (seorang inspektur polisi wanita di Saheonbu, diperankan oleh Go Ara), Park Moon Soo (seorang inspektur polisi laki-laki di Saheonbu, diperankan oleh Kwon Yool), dan Dal Moon (Seorang ketua persatuan pedagang dan pegimis jalanan, diperankan oleh Park Hoon).

Meskipun status dan latar belakang mereka berempat berbeda, namun mereka memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan kesejahteraan dan membela keadilan bagi rakyat. Melihat keempat orang ini dengan gigih berjuang, para pejabat penguasa yang sudah sering korup, tidak mau tinggal diam. Pangeran Lee Gum pun berusaha dijatuhkan dengan berbagai cara, salah satunya kalau dia bukanlah murni berdarah bangsawan. Ayah pangeran Lee Gum memang raja, namun ibunya adalah selir yang berasal dari rakyat biasa, jadi dia tak pantas naik tahta. Para pejabat korup itu, dengan pemimpin mereka yang bernama Min Jin Won (diperankan oleh Lee Kyung Young) menggunakan saudara sepupu Lee Gum, yaitu Pangeran Lee Tan (diperankan oleh Jung Moon Sung) untuk mengambil tahta.

Konflik drakor ini bercerita bagaimana Lee Gum akhirnya bisa dinobatkan sebagai raja, namun ia masih harus berjuang melawan korupsi dari para pejabat kerajaan, agar cita-cita memberikan kesejahteraan dan membela keadilan rakyatnya bisa tercapai. Walaupun Lee Gum seorang raja dia masih dipandang sebelah mata karena status ibunya yang hanya rakyat jelata, sehingga ia harus benar-benar membuktikan kalau dia layak menjadi raja. Perjuangan Lee Gum bersama 3 orang yang membantunya (akhirnya mereka bersahabat) sangat seru. Bagaimana mereka berusaha terus mengungkap berbagai kecurangan, namun beberapa kali berhasil digagalkan oleh pihak Min Jin Won dan Lee Tan.

Banyak pembelajaran yang menurut saya bisa diambil dari drakor ini, seperti:1. Memberantas korupsi perlu sebuah perjuangan ekstra
2. Seorang Raja haruslah mengabdi buat rakyatnya
3. Mengungkapkan suatu kebenaran memang sulit, namun yakinlah kalau kamu tidak menyerah dalam memperjuangkannya, maka semua bisa berhasil.
4. Pilihlah sahabat yang memiliki visi dan misi yang sama denganmu, maka ia akan bergerak sepertimu, dan berjuang disisimu, demi kemajuan bersama.
5. Berjuanglah demi bangsa dan negaramu, agar negeri tercinta bisa menjadi suatu negara yang dicintai dan nyaman bagi seluruh rakyatnya.

Itulah 5 hal yang saya ambil pelajarannya dari drakor Haechi. Jika sahabat menonton drakor ini, maka akan merasakan heroiknya sebuah perjuangan tulus bagi memajukan sebuah bangsa dan negara. Ini saja ulasan saya tentang drakor Haechi, kalau sahabat penasaran lihat dulu trailer-nya dulu deh,

Semoga Indonesia juga bisa mendapatkan pemimpin yang amanah dan mau berjuang demi rakyatnya, aamiin (n_n). Ditunggu tanggapannya ya, sahabat…

InsyaAllah ditulisan berikutnya mau membahas pentingnya bermain peran bagi anak usia dini akh.

Oh iya, jangan lupa untuk lihat tulisan curhatan saya lainnya di MENILIK HATI ya. Terima kasih.

6 thoughts on “Memberikan Kesejahteraan dan Membela Keadilan bagi Rakyat itu Tujuan Kami-Haechi”

  1. Wah makasih banget mba. Nunggu waktu luang baru bisa nonton. Aku suka drakor saeguk, meski jarang-jarang nonton. Baru 100 days my prince karena gak banyak serinya.

    Reply

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.