Pages

Friday, May 03, 2019

Inilah 3 Alasan Drakor The Nokdu Flower Raup Rating Memuaskan


Assalamu'alaikum Sahabat Lithaetr,

Yuk, kita membahas hal yang ringan lagi. Kalau kemarin membahas tentang drakor kekinian, hari ini saya mau mengupas tentang drama Korea (drakor) bertema sejarah atau saeguk lagi, nih. Semoga sahabat tidak bosan ya, saya membahas tentang drakor terus. Walaupun mengulas yang ringan tetap ada kandungan manfaat dong pastinya. jadi tetap ikutin blog lithaetr, ya.

Buat sahabat yang sudah sering mampir di blog Lithaetr pasti sudah pernah membaca tentang 2 drakor saeguk tentang mimpi raja yang ingin memberantas korupsi demi kesejahteraan rakyat. Namun bagi sahabat yang baru pertama kali mampir bisa klik Memberikan Kesejahteraan dan Membela Keadilan bagi Rakyat itu Tujuan Kami-Haechi atau Badut Bijaksana Gantikan Raja Zalim, Rakyat Makmur, Bisakah? -The Crowned Clown.
Gambar: soompi
Kali ini, saya juga ingin membahas tentang drakor saeguk yang menginginkan rakyat bisa makmur namun dengan cara mempersatukan rakyat dan melakukan pemberontakan atau revolusi. Jadi kali ini, bukan karena mimpi seorang raja yang ingin melakukan perubahan tetapi rakyatlah yang melakukan aksinya.

Dirujuk dari sumber tirto (30/04/2019), drakor terbaru berjudul The Nokdu Flower atau yang juga dikenal dengan judul Mung Bean Flower bercerita tentang sebuah revolusi Petani Donghak yang terjadi pada tahun 1894 sampai 1895. Dimana revolusi atau pemberontakan ini terjadi karena rakyat kecil dalam hal ini petani ingin lebih sejahtera hidupnya, jadi mereka berusaha menyingkirkan para petinggi pemerintah dan pedagang yang korupsi dan semena-mena. Selain itu, pemberontakan ini juga menolak adanya agama baru yang masuk ke Korea saat itu.
Gambar: Soompi (Kiri ke kanan: Yoon Shi Yoon, Han Ye Ri, dan Jo Jung Suk)

Drakor yang dibintangi oleh 3 nama besar artis Korea, yaitu Yoon Shi Yoon, Han Ye Ri, dan Jo Jung Suk sudah mencuri perhatian penggemar drama Korea. Hal ini dibuktikan dengan raupan rating yang memuaskan di 4 episode perdananya. Dilansir dari kumparan (28/04/2019), drama Nokdu Flower meraih rating yang cukup memuaskan. Menurut Nielsen Korea, untuk episode 1 dan 2, drakor ini memperoleh rating sebesar 8,6 persen. Sementara untuk episode 3 dan 4, drakor ini memperoleh rating sebesar 11,5 persen. Dengan perolehan rating yang cukup memuaskan ini drakor Nokdu Flower menempati posisi ketiga untuk slot drama di penayangan pada hari Jumat dan Sabtu.

Apa sih yang sebenarnya membuat drama saeguk ini mampu memperoleh rating memuaskan? Yuk, simak jawabannya di sini.

Sebuah rating yang tinggi didapatkan karena ada alasan yang relevan dibaliknya, setuju? Kalau saya memperhatikan ada 3 alasan mengapa drama Nokdu Flower ini sudah mampu menarik perhatian.

1. Kemampuan Akting 3 Pemeran Utama yang Luar Biasa.
Gambar: kumparan
Bagi penggemar drama Korea nama seperti Jo Jung Suk, Yoon Shi Yoon, dan Han Ye Ri, sudah tidak asing lagi, karena ketiga nama tersebut cukup sering mendapatkan penghargaan di ajang bergensi bagi para sineas drama ataupun film di Korea. Baik drama ataupun film yang mereka bertiga mainkan biasanya selalu hits dan laris manis. Jadi, wajar bila drakor Nokdu Flower pun langsung berhasil meraup rating memuaskan.

2. Jalan cerita atau konflik yang cukup rumit.

Drakor bertema sejarah memang pasti memiliki jalan cerita atau konflik yang lebih kompleks dibandingkan drama Korea yang kekinian. Sehingga bagi penggemar drama Korea yang suka dengan jalan cerita atau konflit yang cukup rumit, pasti akan senang dengan drakor ini.
Gambar: soompi
Selain bercerita tentang pemberontakan para petani, Nokdu Flower juga berkisah tentang hubungan antara saudara tiri yang memiliki sifat dan tujuan berbeda dalam hidup mereka, yaitu Baek Yi Kang (diperankan oleh Jo Jung Suk) dan Baek Yi Hyun (diperankan oleh Yoon Si Yoon). Baek Yi Kang adalah putra pertama dari keluarga elit, namun mempunyai ibu dari golongan budak, sehingga ia menjadi penagih hutang dan tukang pukul bagi ayahnya yang menjadi pejabat sekaligus pedagang yang menyalahgunakan kekuasaanya, demi meraih keuntungan atau kekayaan dari para petani. Hal itu Baek Yi Kang lakukan demi ibunya agar bisa merdeka atau tidak menjadi budak lagi.

Sementara adik tirinya, Baek Yi Hyun yang lahir dari istri sah si pejabat dan pedagang kaya raya, selalu mendapatkan perlakuan yang spesial dari ayah dan ibunya. Namun, perlakuan spesial itu justru membuatnya ingin merubah sistem yang semena-mena agar rakyat jelata bisa lebih sejahtera. Sehingga ia lebih sopan dan santun terhadap orang-orang yang berstatus rendah, khususnya ia sayang dengan kakak tirinya Baek Yi Kang.

Akan seperti apa hubungan dua kakak beradik ini? Pastinya akan seru sih, apalagi ada seorang perempuan dari golongan pedagang kaya bernama Song Ja In (diperankan oleh Han Ye Ri) yang akan masuk ke dalam kehidupan kedua kaka beradik ini.

3. Visual drama Korea The Nokdu Flower Keren.
Gambar: idntimes
Selain karena kemampuan akting para pemerannya, drakor ini juga disutradarai oleh sutradara kawakan Korea bernama Shin Kyung Soo. Sutradara ini pernah mendulang sukses lewat drama Korea bertema sejarah juga yang berjudul Six Flying Dragon. Drama Korea Six Flying Dragon pernah meraih banyak penghargaan pada tahun 2016 lalu. Selain itu, Shin Kyung Soo juga pernah menjadi sutradara drama Korea bertema aksi dan detektif berjudul Doubtful Victory. Drakor Doubtful Victory juga berhasil meraih rating tinggi saat penayangannya tahun 2017 lalu. Tuh kan, sudah kebayang akan sekeren apa visual drama ini nantinya.

Karena drama Korea ini masih on going atau sedang tayang, jadinya sahabat langsung bisa ngikutin kok kalau mau nonton seperti apa kerennya drakor ini. Mau tahu cuplikannya? Boleh, ini dia,


Itu tadi 3 alasan drakor The Nokdu Flower berhasil raup rating memuaskan. Oh iya, karena sudah mau puasa, saya juga ingin meminta maaf bila selama menulis blog ada kata-kata yang menyakiti atau menyinggung sahabat lithaetr. Karena saya adalah manusia biasa yang tak pernah lepas dari salah dan khilaf. Mohon maaf ya, sahabat. Semoga di bulan Ramadan kali ini kita bisa naik kelas keimanannya, aamiin.

Jangan lupa untuk terus ngikutin blog lithaetr ya... Baik Just_My_Pensieve atau MENILIK HATI ya. Terima kasih sebelumnya.

4 comments:

  1. Kujadi penasaran kak tapi belum bisa moveon dari ayang hyun bin alhambra hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahahaha. Kalau sudah sipper dengan hyun bin susah move on mba. Saya juga selalu sipper Ah in dan ─░ll woo hehehehe

      Delete
  2. Belakangan lagi syuka nonton variety show korea aja. Lelah sama drama �� tapi ini bakal jadi list setelah kesembruetan isi kepala teratasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya malah belum mengikuti lagi variety show Korea kakak. Sip sip sip. Semoga segera teratasi masalahnya ya kakak. Semangat.

      Delete