Mari Masuki Dunia Parenting, Inspirasi, dan Hiburan

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea). Apa kabar?...

Bingung Milih Asuransi Kesehatan Keluarga yang Tepat? Yuk, Coba 5 Tips Berikut!

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Apa kabar? Semoga sahabat diberikan kesehatan dan keberkahan, aamiin. Beberapa hari ini, saya mendengar beberapa teman, rekan, dan kerabat ada yang kurang sehat. Oleh karena itu, hari ini saya mau mencoba menulis tentang tips dalam memilih asuransi keluarga yang tepat. Emangnya seberapa penting sih asuransi untu keluarga itu? Sangat kita sadari kalau kesehatan itu sangat penting. Maka hal utama yang perlu kita lakukan adalah menjaga kesehatan dengan membentuk pola hidup sehat. Namun, perlu juga kita pertimbangan untuk menggunakan asuransi kesehatan keluarga untuk berjaga-jaga kalau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
Gambar: Dok Pribadi
Kan, sudah ada Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, seharusnya sudah aman dong? Dilansir dari cnnindonesia (08/03/2019), tak ada salahnya masyarakat juga menggunakan asuransi keluarga selain BPJS, sebab BPJS kesehatan belum tentu menanggung beberapa obat untuk penyakit-penyakit berbahaya. Perencana Keuangan dari Tatadana Consulting Tejasari Assad mengatakan masyarakat memang seharusnya memiliki asuransi kesehatan selain BPJS Kesehatan. Ini tentu demi mengantisipasi hal-hal yang tak terduga dari BPJS Kesehatan, misalnya tiba-tiba klaim yang menghilang di tengah jalan. Itulah yang mendasari perlunya mempertimbangkan penggunaan asuransi kesehatan yang tepat. Lalu, bagaimana memilih asuransi kesehatan keluarga yang tepat? Ya, jangan kemana-mana, simak terus saja di sini.
Asuransi kesehatan adalah sebuah produk asuransi yang memberikan manfaat dalam penggantian biaya kesehatan bagi pemegang polis, baik karena sakit maupun kecelakaan. Berapa banyak biaya penggantian tersebut? Besarnya biaya penggantian kesehatan disesuaikan dengan jumlah biaya tagihan dari rumah sakit dengan batas limit tertentu. Batas limit inilah yang ditentukan oleh pemegang polis saat akan membeli dan merencanakan polis asuransinya. Lalu, bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang tepat bagi keluarga? Berdasarkan beberapa referensi serta pendapat para ahli perencana keuangan (financial planner), inilah 5 tipsnya:

1. Pilih asuransi yang bisa mengcover kesehatan seluruh anggota keluarga
Gambar:pixabay
Namanya kita akan membeli produk asuransi kesehatan keluarga, maka poin pertama ini cukup penting. Sahabat bisa memilih asuransi yang memiliki paket asuransi yang bisa mencover seluruh anggota keluarga, dari ayah, bunda, dan anak-anak, bahkan sekarang, sudah ada asuransi kesehatan yang menawarkan program melahirkan untuk bunda yang sedang hamil, lo.

2. Pilih asuransi yang dapat dipercaya
Gambar: pexel
Poin kedua ini juga penting. Jasa asuransi kesehatan yang memiliki kredibilitas tinggi (dapat dipercaya) adalah yang terdaftar secara resmi di di OJK (otoritas jasa keuangan). Kemudian mampu memberikan pelayanan klaim asuransi dengan baik, mempunyai agen asuransi yang berkualitas, dan mempunyai kualitas produk asuransi yang baik harus menjadi bahan pertimbangan berikutnya. Selain itu, tetap harus memiliki perjanjian tertulis dalam melakukan setiap kegiatan asuransi.


3. Pertimbangkanlah mau menggunakan sistem asuransi reimburse atau cashless

Dalam penggantian biaya kesehatan, pihak asuransi memiliki 2 jenis pembayaran, yaitu reimburse dan cashless. Reimburse adalah dimana biaya penggantian kesehatan baru akan diberikan setelah pemegang polis membayar tagihan rumah sakit terlebih dahulu. Sementara cashless, pemegang polis tidak perlu membayar tagihan rumah sakit terlebih dahulu, karena pihak asuransi yang akan membayar biaya tagihan tersebut. Pastinya untuk memilih asuransi kesehatan keluarga yang tepat, pembayaran klaim dengan sistem cashless akan lebih baik sebagai bahan pertimbangan utama.


4. Memiliki jaringan rumah sakit yang luas
Gambar: pexel
Poin keempat ini juga penting sebagai bahan pertimbangan. Bila ingin menggunakan asuransi kesehatan sebaiknya mengecek juga jaringan rumah sakit yang dimilikinya. Jika pihak asuransi memiliki jaringan yang luas, bisa dipastikan kalau jasa asuransinya memiliki kredibilitas tinggi.

5. Bacalah kolom pengecualian dengan teliti

Semua asuransi kesehatan memiliki klausul ‘Pengecualian’. Apa itu? Itu adalah bagian dimana perusahaan asuransi tidak akan membayarkan manfaat asuransi dalam hal perawatan atau pengobatan yang berhubungan dengan hal-hal tertentu yang dicantumkan dalam ketentuan ‘Pengecualian’. Oleh karena itu, bacalah ketentuan ‘Pengecualian’ itu dengan teliti. Sebab, jika kondisi Anda masuk dalam ‘Pengecualian’ itu artinya ada hal – hal yang tidak dicover atau diganti oleh pihak asuransi kesehatan.
Salah satu contoh pengecualian asuransi kesehatan yang krusial dan sering tidak diketahui oleh banyak orang adalah pre existing condition. Apa itu? Pre existing condition adalah kondisi dimana pihak asuransi menolak klaim rumah sakit untuk penyakit yang sudah diderita, baik sudah diketahui ataupun belum diketahui, oleh pemegang polis sebelum pembelian polis asuransi dilakukan. Lalu, ada juga sejumlah penyakit yang tidak akan dicover selama periode tertentu, misalnya 12 bulan sejak polis asuransi baru diterbitkan. Jadi, seandainya pemegang polis menderita penyakit tertentu tersebut selama 12 bulan sejak polis diterbitkan, maka klaim atas penyakit tersebut tidak akan diganti.

Itulah 5 tips yang bisa dijadikan bahan pertimbangan saat memilih asuransi kesehatan yang tepat bagi keluarga. Kalau sahabat sendiri setuju enggak sih dengan asuransi kesehatan ini? Silakan berikan tanggapannya di kolom komentar, ya. Terima kasih.

6 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih sudah berkenan mampir ya mba (n_n)

      Delete
  2. sangat bermanfaat sekali.. terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali sudah berkenan mampir kakak

      Delete
  3. saya pun memilki asuransi selain bpjs karena sangT penting, beragamnya produk memang harus dipilih sesuai kebutuhan. trims tipsnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sedah berkenan mampir dan memberikan jejak ya mba (n_n)

      Delete

Yuk, kita berdiskusi di sini ☺đź’•. Terima Kasih.

Karya Antologiku

My Community

Teman-Teman SehatiQ