Pages

Tuesday, August 13, 2019

Doctor John, Berikan Rasa Baru Buat Drakor yang Berbau Medis!

Assalamu'alaikum Sahabat Lithaetr,

Setelah kemarin diriku sudah menulis tentang Bersinergi Bersama Pasangan dalam Pengasuhan, Ternyata Ada Tipsnya Lo!, hari ini, kita membicarakan hal yang ringan lagi, ya. Masih pengen membicarakan soal drama Korea (drakor) yang lagi panas, selain Hotel De Luna, yaitu Doctor John.
Gambar: Soompi
Dilansir dari soompi (11/8/2019), Doctor John mendapatkan rating pertama dan berhasil memikat hati pemirsa pada episode penayangan di tanggal 10 Agustus lalu. Doctor John berhasil mencapai peringkat untuk rata-rata pemirsa 7,3% dan 11,3% untuk rating secara nasional.

Apa sih yang membuat Doctor John bisa memiliki rating sebesar itu? Silakan ikutin terus tulisan ini, ya....


Doctor John sebelumnya berjudul Doctor Room ini mengambil ide cerita tentang dunia medis. Bercerita tentang seorang dokter anestesiologi bernama Cha Yo Han (diperankan Ji Sung) sempat ditahan di penjara karena membunuh pasiennya.
Gambar: muzpop
Setelah keluar penjara ia dipekerjakan di sebuah rumah sakit besar bernama Hanse. Di RS.Hanse inilah Cha Yo Han berusaha membersihkan namanya dari predikat mantan narapidana.
Gambar: Soompi
Ia memiliki murid bernama Kang Si Young (diperankan Lee Se Young) yang memiliki trauma sebab tak bisa menolong ayahnya hingga berakhir koma. Kang Si Young berusaha menyembuhkan traumanya dengan memperhatikan cara Cha Yo Han mengobati pasien-pasiennya, khususnya yang memiliki penyakit kronis atau mematikan, hingga yang tak ditemukan penyebabnya. Dari situlah Cha Yo Han dan Kang Si Young menjadi dekat, sehingga jaksa penuntut Son Suk Ki (diperankan Lee Kyu Hyung) yang masih dendam karena tidak bisa mencabut lisensi kedokteran Cha Yo Han, terus berusaha menemukan celah agar Cha Yo Han kembali melakukan kesalahan fatal saat mengobati pasiennya. Bagaimanakah kira-kira akhirnya?

Memiliki cerita yang berbeda dari drakor medis lainnya sudah membuat drakor Doctor John menarik. Dirilis dari soompi (16/7/2019), kalau drakor lain biasanya bercerita tentang dokter bedah, di Doctor John menceritakan seorang dokter anestesiologi atau dokter pereda rasa nyeri atau sakit. Dalam setiap episodenya Dokter Cha Yo Han akan bersikap sebagai seorang dektektif yang berusaha mencari tahu penyakit yang diderita pasiennya dari rasa sakitnya.

Itulan alasan pertama mengapa Doctor John jadi menarik untuk ditonton. Lalu alasan keduanya, pesan yang dibawa dalam drakor ini yaitu seorang dokter bisa menjadi malaikat baik yang menyembuhkan pasiennya atau bisa menjadi malaikat pencabut nyawa.

Pesan tersebut disampaikan dalam setiap episode yang sudah tayang di Doctor John. Perjuangan dokter Cha Yo Han dalam membersihkan namanya sebagai mantan narapidana begitu tampak. Sindiran-sindiran sinis, pertanyaan-pertanyaan pedas, hingga tuduhan keji kerap menghinggapi Cha Yo Han. Namun, Cha Yo Han tidak berputus asa, dia tetap tulus berusaha menyembuhkan setiap pasiennya. Apa sih penyebab Cha Yo Han di penjara?
Gambar: kdramacrazy
Kasih tahu enggak ya? Takut spoiler ikh, Hehehehe.
Dirilis dari soompi (16/7/2019), Doctor John adalah drama Korea pertama yang membahas tentang kematian dengan bermartabat atau dikenal sebagai eutanasia
Menurut sumber dari soompi (16/7/2019), Eutanasia itu dapat dilakukan jika 2 dokter telah menganggap pasien tidak dapat pulih kembali atau sakit parah, kemudian semua anggota keluarga juga memutuskan untuk mengakhiri hidup pasien secara alami. Mengakhiri hidup pasien secara alami ini dapat dilakukan dengan banyak cara seperti mengeluarkan resusitasi, menghentikan kemoterapi atau hemodialisis, atau gagal melakukan CPR (Cardiopulmonary Resuscitation), itu berarti hanya menyediakan kebutuhan air, nutrisi, dan udara kepada pasien sebelum mereka mati atas kemauan sendiri. Namun, dalam dunia medis, eutanasia ini sendiri masih menjadi perdebatan hingga kini, sebab ada yang pro dan kontra.

Eutanasia inilah alasan penyebab dokter Cha Yo Han di penjara. Jaksa penuntut Son Suk Ki memvonis tindakan Cha Yo Han sebagai pembunuhan, namun lisensi kedokteran Cha Yo Han tidak dicabut sebab dalam kedokteran eutanasia bisa dibenarkan secara medis. Itulah mengapa Son Suk Ki masih dendam terhadap Cha Yo Han dan terus mengintainya.
Gambar: twitter/K_DramaIndo
Membawa pesan yang panas, sudah sewajarnya membuat drakor ini semakin asik untuk ditonton dan dibicarakan.

Penyebab ketiga yang menjual dari drakor ini selain karena akting para aktor dan aktrisnya yang selalu mendapat pujian, khususnya Ji Sung, adalah sutradaranya. Sutradara Jo Soo Won sudah meraih penghargaan sutradara terbaik di 2 drakor yang diarahkannya, yaitu Pinocchio dan The Time We Were Not In Love. Sudah pasti kebayang dong kalau sutradara dan aktor terbaik bergabung? Makanya wajar saja jika drakor ini bisa meraup rating tinggi.

Nah, itulah 3 alasan kuat mengapa Doctor John mampu memberikan rasa baru buat drakor yang bercerita tentang medis. Jadi, buat sahabat yang biasanya menghindari cerita medis karena banyak darah, Doctor John bisa menjadi pilihan pertama buat kamu tonton. Sebab di drakor ini darah tidak menjadi sorotan utama, tetapi lebih kepada masalah psikologis seseorang yang dibahas. Pokoknya asik deh. Kalau penasaran bisa lihat dulu nih trailernya ya,

Bagaimana, seru kan lihat trailernya? Awas ketagihan ya kalau sudah nonton hehehehe. Buat yang sudah nonton, ditunggu komentarnya, ya ☺.

2 comments:

  1. saya baru nonton 2 eps pertama, lumayan menarik ceritanya, tapi masih mau nunggu agak banyak dulu baru dilanjutkan nontonnya biar ga penasaran hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren kakak risna seriusan deh. Emang akting ahjusi rasa oppa yang satu ini TOP BGT abis lah hehehe

      Delete