Mari Masuki Dunia Parenting, Inspirasi, dan Hiburan

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea). Belaka...

Inilah 3 Sinetron Jadul yang Bisa Jadi Inspirasi Remaja Zaman Now


Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Belakangan ini, saya cukup sering mendengar kalau sinetron remaja zaman now tidak memiliki pesan-pesan positif untuk kehidupan. Sebagai orang yang pernah bekerja di pertelevisian, hal ini pun selalu menjadi PR bagi kami. Ada dilema di mana idealisme itu harus berbenturan dengan bisnis. Kami pun ingin menyajikan cerita-cerita yang berkualitas, namun bila dibenturkan dengan bisnis ada hal-hal yang perlu disesuaikan. Akhirnya idealisme itu harus menuruti kebutuhan bisnis di pangsa pasar (tren). Contoh sederhananya seperti ini, ketika ada satu sinetron yang melejit dengan ceritanya dan dianggap berhasil dari segi bisnis (bagus ratingnya), maka televisi dan production house (PH) akan berlomba untuk membuat cerita yang hampir sama.


Mungkin sahabat masih ingat, ketika ada sinetron yang terinpirasi dari film Hollywood Twilight dan sinetron ini jadi booming. Kemudian selang beberapa waktu berikutnya, hampir semua saluran televisi menyajikan sinetron dengan tema serupa. Begitulah yang terjadi pada dunia penyiaran maupun perfilman. Lalu, enggak bakal ada sinetron berkualitas dong? Untuk hal ini, saya berpendapat masih banyak orang idealis yang berjuang untuk menciptakan tren positif bagi sinetron Indonesia. Contoh yang menurut saya berhasil adalah Preman Pensiun. Preman Pensiun bisa menampilkan pesan-pesan kemanusiaan dan kehidupan dalam ceritanya. Kemudian sinetron Para Pencari Tuhan. Sinetron yang tayang ketika bulan Ramadhan ini juga mampu memberikan pesan positif dalam ceritanya. Tapi kalau hanya dua sinetron berbobot bersaing, tren baru belum bisa tercipta. Emang Indonesia pernah punya tren sinetron yang sarat makna? Simak terus penelusurannya berikut ini.

Sebenarnya, Indonesia pernah memiliki tren sinetron yang sarat makna dengan kehidupan. Saya yang besar dan tumbuh di era tahun 90-an hingga tahun 2000-an awal ini juga pernah menikmati sinetron-sinetron bertema remaja. Siapa yang tahu Bajaj Bajuri, Panji Manusia Milenium, dan lorong waktu? Itulah beberapa sinetron yang pernah mengisi hari-hari saya. Menurut saya ketiga sinetron awal tahun 2000-an itu memiliki pesan positif dalam ceritanya. Namun, ada lagi sinetron tema remaja yang mampu menginspirasi saya ketika itu dan menurut saya, sinetron-sinetron ini juga akan menginspirasi remaja zaman now. Inilah 3 sinetron jadul tahun 90-an yang bisa menginspirasi remaja zaman now,

1] Si Doel Anak Sekolahan
Gambar: media.iyaa
Sinetron yang pertama kali tayang tahun 1994 ini, enggak pernah lekang oleh waktu. Buktinya sinetron ini masih kerap ditayangkan ulang. Ini bukti nyata kalau sinetron ini banyak berisi pesan moral tentang kehidupan dan selalu digemari oleh para penonton. Sampai-sampai tim produksi sinetron ini membuat versi kekiniannya dalam film layar lebar. Karnos film (tim yang memproduksi sinetron ini) membuat cerita lanjutan dari si doel anak sekolahan versi sinetron ke layar lebar. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa kangen dan penasaran penonton terhadap lanjutan sinetronnya.

2] Keluarga Cemara
Gambar: instagram.com/serba_serbi.djadoel
Sinetron yang tayang pada 1996 ini juga tak pernah dilupakan para penggemarnya. Sempat ditayangkan kembali di TVRI (Televisi Republik Indonesia) juga menjadi bukti kalau sinetron ini mampu menginspirasi para remaja zaman now. Sinetron ini pun juga diangkat ke layar lebar dalam format yang lebih kekinian. Film Keluarga Cemara tetap membawa pesan moral dari versi sinetronnya, namun dikemas dengan tampilan moederen masa kini. Hal ini dimaksudkan agar para remaja zaman now tetap bisa mengambil hikmah dari sinetron ini. Bahkan lagu soundtrack-nya pun begitu menginspirasi.

3] 1 Kakak 7 Ponakan
Penulis Arswendo Atmowiloto, Gambar: tribunnews
Selain Keluarga Cemara, inilah sinetron karya Arswendo Atmowiloto yang memiliki pesan kehidupan dalam ceritanya. Walaupun sinetron ini tidak setenar seperti 2 sinetron di atas, tapi bagi anak yang besar tahun 90-an cukup mengenal 1 Kakak 7 Ponakan. Sinetron yang dibintangi oleh Sandy Nayoan dan Novia Kolopaking ini mengajarkan untuk tidak pernah menyerah saat menghadapi kesulitan hidup. Kalau sahabat lupa sinetron 1 Kakak 7 Ponakan itu yang mana, silakan dengarkan lagu sountracknya deh,

Itulah 3 sinetron jadul yang bisa menjadi inspirasi bagi remaja zaman now. Semoga seterusnya Indonesia juga tetap punya sinetron-sinetron yang memiliki pesan-pesan tentang kehidupan. Kira-kira sahabat tau enggak dengan 3 sinetron di atas? Saya tunggu tanggapannya. Terima kasih sudah berkenan membaca penelusuran saya kali ini.

Baca Juga:

2 comments:

  1. Halo salam kenal mbak Talitha.Sinetron si Doel dan keluarga Cemara saya tonton. Untuk 1 kakak 7 keponakan enggak nonton.Entah kenapa saya gak tonton kala itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali mba Erlina. Wah, sayang sekali ya mba. Padahal sinetron ini juga sangat pas untuk keluarga Indonesia, karena konfliknya juga tentang kehidupan sehari-hari di keluarga, teman, dan ibu kos. Semoga sinetron ini bisa ditayangkan ulang suatu saat nanti.

      Delete

Yuk, kita berdiskusi di sini ☺đź’•. Terima Kasih.

Karya Antologiku

My Community

Teman-Teman SehatiQ

Blog Archive