Mari Masuki Dunia Parenting, Inspirasi, dan Hiburan

Gambar latar: tirto Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan dram...

5 Lagu Chrisye Buat Kamu Si Galau

Gambar latar: tirto
Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Pas cek mesin pencarian terbesar saat ini (google) untuk mencari ide tulisan, eh di logo googlenya kok ada gambar tokoh musik legendaris Indonesianya? Setelah mencari tahu, ternyata hari ini adalah hari ulang tahun tokoh tersebut. Walaupun sudah meninggal dunia selama 12 tahun lamanya, ternyata sosok Chrisye masih menjadi idola bagi banyak orang. Begitulah kalau orang baik, walaupun sudah meninggal jasa-jasa dan karya-karya besarnya masih terkenang sepanjang masa. Iya, Chrisye merupakan salah satu musisi terbaik yang pernah di miliki Indonesia. Beliau sudah memiliki puluhan album dan ratusan lagu yang hits. Jadi wajar bila hari kelahirannya menjadi hari terbaik untuk mengenangnya.
Gambar: google
Gambar logo Chrisye di google tersebut disebut google doodle Chrisye. Dilansir dari inews.id (16/09/2019), google doodle Chrisye ini dibuat oleh seniman dari Yogyakarta, yang bernama Antares Hasanbasri. Antares demikian dia di sapa menjelaskan kalau google doodle Chrisye ini terinspirasi dari salah satu single hits mendiang Chrisye, yaitu lilin-lilin kecil. Antares menggambar karikatur Chrisye sesuai cirinya yaitu gayanya yang senang mengenakan kemeja putih, syal, dan kacamata. Gambar ini pun semakin manis karena dibumbui adegan Chrisye sedang memegang gitar. Lalu lilin-lilin kecilnya menjadi latar belakang sekaligus membentuk logo google. Mengapa Antares memilih lilin-lilin kecil?

"Lilin selain berasoisasi dengan selebrasi juga menyimbolkan harapan. Google Doodle Chrisye terinspiriasi dari salah satu lagu khasnya Lilin-Lilin Kecil yang bercerita tentang harapan dan tumbuh dewasa," tulis seniman asal Yogyakarta seperti dikutip dari akun Instagramnya. (dari sumber inews.id (16/9/2019).

Karena Antares terinspirasi dari lagu almarhum Chrisye, maka saya pun mau menulis tentang lagu-lagu Chrisye juga akh. Saya mau ngasih tau lagu-lagu Chrisye yang pas banget buat kamu yang sering galau. Mau tahu lagu apa sajakah itu? Stay tune terus di sini, ya.

Almarhum Chrisye terkenal dengan suaranya yang lembut dan khas sekaligus gaya bernyanyi nan kaku. Walaupun gaya bernyanyinya kaku, Chrisye tetap mampu menyampaikan setiap pesan lewat lirik, suara, serta penjiwaannya. Maka wajar saja bila hampir semua lagu Chrisye disukai oleh banyak orang. Kali ini, saya akan mencoba mengenang lagu Chrisye yang bertema percintaan. Jadi, buat sahabat yang galau bisa terobati nih, hehehe.

1] Pergilah Kasih

Lirik reff-nya yang berbunyi:

Pergilah kasih
Kejarlah keinginanmu
Selagi masih ada waktu (pergilah kasih)
Jangan hiraukan diriku
Aku rela berpisah demi untuk dirimu
Smoga tercapai sgala keinginanmu

Dari lirik-lirik di atas memiliki makna kalau dalam cinta tidak boleh egois. Jika melepaskan dirinya ternyata lebih membuat kekasih hati bahagia, baik-baik saja, dan bisa membuatnya mewujudkan cita-cita, maka mengikhlaskannya pergi dengan perpisahan jauh lebih baik. Cinta itu bukan memaksakan segalanya sesuai keinginan salah satu pihak saja. Tapi dengan cinta itu harus mampu membuat pasangan berkembang dan bertumbuh bersama-sama. Setiap pengorbanan cinta memang menyakitkan tapi itulah yang akan mendewasakan kita.

2] Kangen

Lagu ini adalah lagu kolaborasi antara Chrisye, Ahmad Dhani, dan Sophia Latjuba (Sophia Muller). Dari lirik-lirik lagunya memang menggambarkan orang yang sedang kasmaran atau jatuh cinta. Tapi kalau untuk anak zaman now hal-hal seperti lirik surat bisa diganti jadi kuterima whatsapp-mu kali ya, hehehe. Yuk, kita dengarkan dulu lagunya. Pssst, jika dapat surat dari kekasih hati akan lebih bermakna, lo.

3] Seperti yang Kau Minta

Maafkan aku tak bisa memahami maksud amarahmu
Membaca dan mengerti isi hatimu
Ampuni aku yg telah memasuki kehidupan kalian
Mencoba mencari celah dalam hatimu
Aku tau ku takkan bisa menjadi seperti yg engkau minta
Namun selama nafas berhembus aku kan mencoba menjadi seperti yg kau minta
Ampuni aku yg telah memasuki kehidupan kalian
Mencoba mencari celah dalam hatimu
Aku tau ku takkan bisa menjadi seperti yg engkau minta
Namun selama nafas berhembus aku kan mencoba
Aku tau dia yg bisa menjadi seperti yg engkau minta
Namun selama aku bernyawa aku kan mencoba menjadi seperti yg kau minta
Kalau sahabat baca penggalan lirik di atas, apa yang terlintas dalam pikiranmu? Saya merasa si tokoh yang diceritakan dalam lirik ini adalah sosok orang ketiga. Sosok orang ketiga ini mencoba membuat orang yang dicintainya bisa nyaman saat bersamanya. Sosok orang ketiga paham kalau telah salah memasuki atau mengganggu sebuah hubungan. Tidak ada niat untuk merusak hubungan yang sudah ada, karena dia sebenarnya hanya ingin menjadi orang yang bisa dijadikan sandaran (tempat curhat) yang tepat bagi kekasih hatinya.

Ya, semacam cinta bertepuk sebelah tangan, yang sadar kalau cintanya tidak akan diterima. Tapi dia tetap berusaha memberikan perhatian sesuai atau dengan apa yang dia bisa lakukan. Oh, So sweet ya! Macam cerita-cerita dalam drama Korea, ya ini.

4] Untukku

Saya dengar lagu ini waktu dinyanyikan oleh kahitna. Saya malah baru tahu kalau ini lagunya Chrisye. Dengerin saja deh lagunya yang emang kece abis berikut ini,

5] Andai Aku Bisa

Andai aku bisa
Memutar kembali
Waktu yang telah berjalan
'Tuk kembali bersama
Di dirimu selamanya
Bukan maksud aku
Membawa dirimu
Masuk terlalu jauh
Ke dalam kisah cinta
Yang tak mungkin
Terjadi
Dan aku tak punya hati untuk menyakiti dirimu
Dan aku tak punya hati 'tuk mencintai
Dirimu yang selalu mencintai diriku
Walau kau tahu diriku masih bersamanya
Duh namanya kalau godaan atau orang ketiga itu lebih indah, bisa benar adanya nih, kalau melihat lirik di atas. Si tokoh di dalam lirik sadar kalau mencintai dua orang sekaligus dan dia pun tahu kalau itu salah. Makanya dia memutuskan berpisah dengan salah satunya, tapi kegalauan pun terjadi. Buat kamu yang juga lagi galau, dengerin lagunya yuk,

Itulah 5 lagu Chrisye yang cocok untuk para galauers. Oh iya baca juga: Lagu Chrisye yang mengingatkan akan hari pembalasan

Kalau sahabat lagu apa nih yang jadi favoritmu? Silakan berikan tanggapannya di kolom komentar ya. Terima kasih.

0 coment�rios:

Yuk, kita berdiskusi di sini ☺đź’•. Terima Kasih.

Karya Antologiku

My Community

Teman-Teman SehatiQ