Sebelum Kpop Berjaya, Inilah 5 Boyband yang Digemari Remaja 90-an

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).
 
Tak terasa sudah weekend pertama di bulan September saja nih. Karena weekend, kita bahas yang ringan-ringan saja, yuk. Hari ini bahas tentang drama Koreanya (drakor) libur dulu, sebab mau ngomongin soal idola remaja di tahun 90-an. Sebelum musik kpop merajai dan digemari oleh remaja masa kini, musik-musik dibawakan secara grup sudah ada sejak lama. Bagi tahun 90-an hingga 2000-an awal, ada penyanyi grup laki-laki (boyband) dan grup perempuan (girlband), yang terkenal serta digemari para remajanya, berasal dari Hollywood dan negara Eropa, khususnya Inggris.
 
Yups, di zaman saya tumbuh dahulu, musik-musik dari Hollywood dan Inggris-lah yang merajai dan digandrungi para remajanya. Oleh karena itu, hari ini saya akan mengulas tentang boyband yang terkenal dan digemari para remaja 90-an. Kenapa bahas boyband duluan? Sebab survey masih membuktikan kalau kaum hawa lebih banyak daripada kaum adam, jadi saya akan membahas topik bagi mayoritas dulu, ya. Oke, sebelum membahas boyband apa saja yang digemari remaja 90-an, mari kita ulas sedikit tentang boyband tahun 90-an dan boyband masa kini. Mohon tetap disimak pembahasan di bawah ini, ya sahabat.

Virus gelombang Korea (Korean Wave), khususnya musik Korea atau yang biasa disebut Kpop berhasil merambah ke seluruh dunia. Baik Indonesia hingga Hollywood sudah terpapar virus tersebut. Salah satu buktinya adalah lagu Overdose yang dinyanyikan oleh EXO. Dirilis liputan6.com (07/10/2015), Dalam waktu 32 jam, videoklip single yang judulnya sama dengan nama albumnya yaitu EXO Overdose, sudah ditonton 3 juta orang sejak dirilis pertama kali pada 7 Mei 2015 lalu. Bahkan menurut Nielsen Music di Amerika Serikat, album Overdose ini mendapatkan penjualan tertinggi. Selain EXO, boyband-boyband seperti Super Junior (Suju) dan Bangtan Boys (BTS) juga menjadi sorotan. Jika, Suju dinobatkan sebagai legenda asia, maka BTS menjadi salah satu boyband yang lagunya paling banyak ditonton di youtube tahun 2017.
 
Baca juga:

MV BTS paling banyak ditonton di youtube

Kepopuleran Kpop saat ini mampu mengalahkan kepopuleran boyband asal Hollywood dan Eropa itu sendiri. Padahal di tahun 90-an hingga 2000-an awal boyband-boyband asal Hollywood dan Inggris-lah yang merajai dan menancapkan virusnya ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Lagu seperti As Long As You Love Me dan This I Promise You menjadi langganan di putar di radio dan mall. Memang tahun 90-an sampai 2000-an awal media sosial belum sekuat sekarang, jadi semua lagu keren pasti diketahui via radio, mall, dan acara televisi tentang musik (saat itu disebut Mtv).
Gambar: rollingstone.com
Kemudian yang membedakan boyband dahulu dan sekarang adalah cara penggemar mengumpulkan pernak pernik idolanya. Di tahun 90-an, kalau enggak punya kaset, poster, kertas binder wajah penggemar, atau pembatas bukunya, maka kamu bukanlah penggemar sejati. Bonusnya kalau punya uang lebih bisalah beli VCD dan majalah mereka, hehehe. Yups, karena medsos dan teknologi telepon seluler belum secanggih sekarang, jadi buat ngumpulin pernak-pernik idola, para penggemar perlu merogoh kocek yang lumayan. Tapi buat para penggemar yang harus nabung dulu, itu berharga banget lo. Sampai hari ini saya pun masih ada sisa peninggalan dari para idola tersebut.
 
Buat para remaja 90-an, kita nostalgia dengan boyband-boyband idola ini, yuk:
 
[1] Backstreet Boys
Gambar: mithunonthe.net
Boyband yang beranggotakan 5 orang yaitu Brian Littrell, Nick Carter, AJ, Howie Dorough, dan Kevin ini selalu punya lagu-lagu romantis yang bisa bikin hati para remaja perempuan meleleh. Siapa yang SD atau SMP-nya pernah dengar lagu As Long As You Love Me, Quit Playing Game With My Heart, I’ll never break You’re Heart, dan I Want Need That Way, maka kita seumuran hehehe. Penulis sendiri punya 5 album mereka, lo, hehehe.
 
[2] N sync
Gambar: youtube.com/emmie796
Berselang 2 tahun dari Backstreet Boys, yaitu sekitar tahun 1995, satu lagi boyband asal Hollywood mampu membius para remaja. Lagu This I Promise You, Bye Bye Bye, dan It’s Gone Be Me membuat para remaja bergoyang dan meleleh hatinya. This I Promise You adalah salah satu lagu yang selalu menemani saya jalan-jalan di mall pada tahun itu, bahkan hingga detik ini lagu ini masih jadi favorit saya.
 
[3] Boyzone
Gambar: 909music.com
Boyband asal Inggris yang digawangi oleh Ronan Keating ini berhasil menghipnotis hati para remaja di tahun 1993. Lagu Picture Of You dan Baby Can I Hold You (Shooting Star) adalah lagu mereka yang paling nempel di kepala saya. Lagu-lagu mereka selalu merajai tangga lagu di Inggris dan bisa menembus dunia, termasuk Indonesia.
 
[4] Weslife
Gambar: twitter.com/teambyrnemx
Boyband yang beranggotakan 5 orang yaitu Shane, Mark, Brian, Kian, dan Nicky ini juga mewarnai hari para remaja di akhir 90-an. Boyband yang baru saja mengadakan konser reunian dengan para penggemarnya di Indonesia ini masih begitu dipuja dan digemari, lo. Lagu-lagu mereka yang romantis masih mengisi hati para penggemarnya. Lagu yang paling melekat di kepala dan hati penulis adalah Flying Without Wings, I Have a Dream, Season In The Sun, Coast to Coast, dan Uptown Girl.
 
[5] Blue
Gambar: wikipedia
Inilah boyband awal 2000-an yang sukses mendobrak hati remaja dengan gaya kekinian dan milenial. Lagu All Rise dan One Love bisa membuat remaja perempuan berteriak histeris. Personil Blue beranggotakan 4 orang yaitu Antony Costa, Duncan James, Lee Ryan, dan Simon Webbe ini memiliki lagu yang menjadi lagu wajib kala remaja mau berbaikan namun enggan untuk meminta maaf, yaitu Sorry Seems To Be The Hardest Words. Lagu tersebut adalah lagu duet dengan penyanyi senior Elton John dan langsung booming seketika.


Itulah 5 Boyband Idola Remaja tahun 90-an yang paling hits kala itu. Memang setelah boyband Blue, tren grup penyanyi laki-laki dari Hollywood dan Eropa sudah mulai menurun, dan yang mampu menggebrak hati dan perhatian para remaja adalah boyband dari Asia yaitu F4. Iya, F4-lah yang menurut penulis mempelopori masuknya boyband Asia menjadi idola di Indonesia dan dunia. Oke, itu saja pembahasan saya terkait boyband idola 90-an. Bagi sahabat yang seumuran, siapa nih idola remaja kalian? Silakan berikan tanggapan di kolom komentar dan ini dia lagu-lagu mereka, biar kita bernostalgia sebentar hehehehe.

35 pemikiran pada “Sebelum Kpop Berjaya, Inilah 5 Boyband yang Digemari Remaja 90-an”

  1. wah ini boyband-nya non-asia semua… fyi, boyband j-pop sempat menyusup dan populer di indonesia lho, sebelum k-pop itu massif di indonesia… penggemar boyband j-pop juga lumayan banyak, coba kali lain dibahas… 😀

    Balas
  2. Iya mba. Dulu cari beritanya di koran dan majalah. Kalau pas mtv pas kebetulan menayangkan beritanya juga senang banget. Secara internet masih belum selancar sekarang. Coba kalau dulu kayak skrng. Screen saver saya sudah bsb trs ini, hehehe

    Balas
  3. Penonton rada kecewa. Kirain ada NKOTB *hiyyaaaa ketuaan banget aku yakkk kwkwkwk…
    Gak papa lah, masih ada BSB dan Westlife. Meskipun tetep aja aku taunya NKOTB, Mr. Big, Michael Learns to Rock heheheee

    Balas
  4. Lho, kok pas banget. Saya lagi ngomongin Westlife di postingan IG terbaru nih, hehe.
    Yuhuuu… 4 teratas pernah saya idolakan. Hapal dong lagu2nya.

    Tapi kalau K-Pop, saya kibarkan bendera putih, deh.

    Yaa, ada masanya sih ya. Ternyata demam boyband itu tetap ada dengan subyek yg berbeda 😉

    Balas
  5. Seumuran lah ya kita mba hehehe. Wah anak-anakmu sudah remaja berarti ya. Semoga jadi bias yang bijak. Saya kalau ngikutin kpop skrng terlalu anak-anak banget usianya hehehe. Kalau punya anak remaja sih oke, biar ada alasan mendampingi anak-anak hahahaha.

    Balas
  6. Iya Bun beda generasi beda idola. Mmm… sebenarnya hampir sama sih alasannya dengan kita dulu kali ya Bun. Ganteng, keren, asyik, lagunya enak-enak hehehehe. Cuma karena sekarang yang baru booming ya negeri gingseng jadinya, idolanya kpop deh (n_n).

    Tos dulu akh Bun. Saya pun penggemar BSB =D

    Balas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.