Mari Masuki Dunia Parenting, Inspirasi, dan Hiburan

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea). “Wah, Bu...

Susu Kedelai Bisa Bikin Kurus? Baca Dulu 5 Manfaatnya Bagi Ibu Menyusui Ini!

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

“Wah, Bunda Alena kok udah kurus lagi?” tanya Bunda Sila.

“Masa akh, Bun?” tanya saya balik.

“Iya, cepat bener kurusnya. Kelihatan dari wajah sama badannya,” jawab Bunda Sila.

“Alhamdulillah, sehat Bun,” ujar saya.

Percakapan di atas bukan hoaks, hahahaha. Percakapan itu terjadi kemarin siang, saat menjemput si sulung pulang sekolah. Sebenarnya, kejadian seperti itu bukan yang pertama kali bagi saya. Bahkan, sampai ada rekan kerja suami yang wanita menyangka saya diet ketat, agar badan saya tetap kurus. Suami hanya menjawab prasangka itu dengan tertawa.

Baca juga:


Memang apa sih yang saya lakukan sehingga tubuh saya bisa kurus kembali, padahal sedang menyusui? Ternyata setelah saya telusuri, ada satu kebiasaan yang selalu saya lakukan, yaitu minum susu kedelai di kala proses menyusui. Tanpa sadar, kebiasaan itulah yang memicu badan saya kembali kurus. Jadi, benarkah susu kedelai bisa bikin kurus? Tetap simak penjelasan dan manfaat dari susu kedelai di tulisan ini, ya.
Asupan makanan dan minuman sehat bagi tubuh, tidak hanya dikonsumsi selama hamil saja. Tapi saat ibu sedang menyusui pun perlu makanan dan minuman yang bergizi. Salah satu yang baik dan bisa dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah susu kedelai. Dilansir dari liputan6.com (05/10/2018), Susu kedelai mengandung beberapa vitamin dan mineral penting seperti serat, magnesium, fosfor, potasium, dan protein.

Selain memiliki vitamin dan mineral penting, ada satu manfaat susu kedelai lainnya yang bisa membuat perempuan bahagia, hehehehe. Apa itu? Bisa bikin kurus.



Jumlah kalori yang lebih kecil dibandingkan susu sapi, membuat susu kedelai cocok sebagai sarana bagi perempuan yang berdiet. Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal yang terdapat di susu kedelai juga dapat mencegah penyerapan lemak pada usus, sehingga berat badan bisa terjaga.

Tuh kan, mungkin salah satu alasan mengapa tubuh saya bisa cepat kurus kembali, adalah karena mengonsumsi susu kedelai selama menyusui. Selain bisa bikin kurus, ada beberapa manfaat penting susu kedelai bagi ibu menyusui seperti,

(1) Bisa menjadi sumber energi
Ibu yang sedang menyusui akan lebih sering merasa lelah, adalah hal wajar. Oleh karena itu, mengonsumsi susu kedelai bisa membuat ibu menyusui penuh energi. Menurut halodoc.com (20/09/2018), kandungan karbohidrat dalam susu kedelai akan membantu ibu menyusui mendapatkan kembali energinya. Sehingga ibu menyusui bisa menjalani hari-harinya dengan energi yang cukup.

(2) Mencegah ibu menyusui terserang osteoporosis

Ibu menyusui juga lebih mudah terserang osteoporosis, oleh sebab itu dengan mengonsumsi susu kedelai bisa membantu mencegah hal tersebut. Diambil dari liputan6.com (05/10/2018), kandungan fitoestrogen dalam kedelai dapat membantu mempercepat penyerapan kalsium oleh tubuh dan mencegah hilangnya massa tulang. Maka itulah yang membuat susu kedelai bisa mencegah osteoporosis. Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, pastikan untuk membeli susu kedelai yang diperkaya dengan ekstra kalsium dan vitamin D.

(3) Bisa mengurangi tingkat ke-stresan pada ibu menyusui

Ibu menyusui bisa banget mengalami masalah depresi atau stres. Hal ini disebabkan karena timbulnya rasa cemas atau khawatir yang berlebihan. Rasa tersebut wajar terjadi karena sedang ada perubahan hormon di dalam tubuhnya. Gejala ini biasa disebut dengan sindrom baby blues. Salah satu cara menghindari dari sindrom tersebut adalah minum susu kedelai. Menurut hamil.co.id (27/10/2016), Susu kedelai mengandung 5,8% vitamin B6 yang bisa membantu tubuh memproduksi hormon serotonin neurokimia. Hormon itu bisa meningkatkan suasana hati seseorang menjadi bahagia. Selain itu, susu kedelai juga mempunyai magnesium yang dipercaya bisa sebagai zat antidepresan alami. Dengan terbebas dari rasa stres dan cemas yang berlebih, ibu menyusui akan bisa lebih tenang dan bisa beristirahat dengan cukup.

(4) Memperlancar dalam proses produksi ASI
Susu kedelai juga mengandung vitamin E, yang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan kulit dan kecantikan, tapi bisa membantu melancarkan proses produksi ASI. Susu kedelai membantu meningkatkan hormon phytoestrogen pada ibu menyusui, sehingga ASI menjadi lancar. Nah, buat para ibu pekerja, susu kedelai bisa menjadi salah satu solusi untuk memperbanyak ASI perahnya.

(5) Memberikan manfaat bagi bayi

Manfaat dari susu kedelai yang dikonsumsi ibu menyusui ternyata tidak hanya bermanfaat bagi ibu saja, tapi juga bermanfaat bagi bayinya. Diambil dari hamil.co.id (27/10/2016), susu kedelai juga memberikan manfaat bagi bayi seperti membantu berkembangnya otak bayi, bisa menjaga daya tahan tubuh bayi, dan bisa membantu pertumbuhan tulang serta gigi bayi.

MasyaAllah, luar biasa sekali ya, manfaat susu kedelai, sehingga bayinya pun ikut merasakan manfaatnya lewat air susu ibunya. Oke, bagi ibu-ibu yang masih meng-ASI-hi bayinya seperti saya, kita minum susu kedelai, yuk. Badan jadi sehat, emosi kita menjadi bahagia, dan bonusnya bisa kurus, lo, hehehe. Karena menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobati, betul? Baiklah ditunggu tanggapannya ya. Terima kasih.

Baca Juga:
Tips dalam memilih asuransi kesehatan bagi keluarga

0 coment�rios:

Yuk, kita berdiskusi di sini ☺đź’•. Terima Kasih.

Karya Antologiku

My Community

Teman-Teman SehatiQ

Blog Archive