Mari Masuki Dunia Parenting, Inspirasi, dan Hiburan

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea). Hollyw...

Dibintangi Artis Terbaik, 5 Film Mata-mata Ini Terinspirasi Kisah Nyata


Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Hollywood merupakan salah satu industri hiburan yang paling maju dan terkenal di dunia. Sudah banyak film yang telah diproduksi oleh Hollywood. Salah satu tema cerita yang sering diangkat film Hollywood adalah tentang mata-mata atau agen rahasia. Buktinya sejak tahun 50-an hingga kini tema cerita tentang mata-mata ini selalu diproduksi dan tetap laris manis. Bahkan ada beberapa judul yang diproduksi hingga berseri dan tetap mendapatkan jutaan penonton.

Banyaknya judul film yang bertema tentang mata-mata, ternyata ada juga yang ceritanya terinspirasi kisah nyata, lo. Bahkan film-film bertema mata-mata yang terinspirasi kisah nyata itu sempat menjadi kontroversi di masyarakat. Tapi tetap saja film-film itu berhasil mendapatkan perhatian penonton. Karena film ini terinspirasi kisah nyata, maka tim produksi benar-benar memberikan yang terbaik dalam pembuatannya, sehingga pemeran utamanya dibintangi artis terbaik Hollywood.

Artis terbaik Hollywood ini adalah aktor atau aktris yang pernah mendapatkan penghargaan di ajang bergengsi yang diadakan Hollywood seperti Hollywood Film Awards, Academy Awards atau Oscar, Golden Globe Awards, dan lain sebagainya. Artis terbaik ini dipilih untuk memerankan film mata-mata yang terinspirasi dari kisah nyata agar penonton puas dengan cerita maupun aktingnya. Mau tahu film mata-mata apa saja yang terinpirasi kisah nyata tersebut? Ikutin terus tulisan ini ya, sahabat.

Film mata-mata yang terinspirasi kisah nyata sebenarnya sudah dari lama diproduksi di Hollywood, namun untuk tulisan ini saya hanya membahas yang terbaru saja, yaitu sejak tahun 2010. Mengapa? Sebab jika sahabat penasaran sama filmnya dan mau nonton, setidaknya tidak akan susah mencari filmnya. Baiklah, inilah film mata-mata yang terinspirasi kisah nyata,

1] Fair Game
Gambar: imdb.com
Film Fair Game diproduksi tahun 2010. Film ini terinspirasi dari kisah nyata seorang mantan agen rahasia CIA, yang bernama Valerie Wilson. Bercerita tentang saat Valerie ditugaskan ke Timur Tengah dan menyelidiki soal Yellow Cake (sebutan bagi konsetrat uranium dari Niger). Yellow Cake ini termasuk salah satu zat yang dicurigai berbahaya oleh pihak Amerika Serikat (AS), karena zat ini bisa menjadi salah satu bahan bagi senjata pemusnah massal. Makanya Amerika Serikat berusaha menyelidiki soal ini lewat Valerie, selama melakukan tugas penyamaran atau saat menyelidiki Yellow Cake, tidak ada yang tahu kalau wanita ini adalah seorang mata-mata. Namun, masalah terjadi ketika suami Valerie yang seorang diplomat melakukan sebuah kesalahan, sehingga identitas Valerie sebagai agen rahasia terbongkar, dan nyawa dari orang-orang tersayang mejadi taruhan.

Film ini sempat menjadi kontroversi sebab Yellow Cake ini adalah alasan AS untuk menginvasi Irak saat dipimpin oleh Saddam Husain. Irak saat itu diduga tengah membuat senjata pemusnah massal dari zat berbahaya, makanya AS berusaha menghentikannya. Agar film ini sukses saat dipasarkan, maka direkrutlah Naomi Watts sebagai pemeran utamanya (berperan sebagai Valerie Wilson). Naomi Watts adalah salah satu aktris terbaik Hollywood. Dia pernah mendapatkan penghargaan di ajang Hollywood Film Awards atas aktingnya di film The Ring. Film Fair Game ini mendapat rating 6,8 versi IMDB.

2] Argo
Gambar: imdb.com
Ben Affleck adalah produser sekaligus sutradara dan aktor utama dalam film Argo ini. Siapa yang belum tahu Ben Affleck? Ben Affleck pernah main dalam salah satu film terlaris sepanjang masa yaitu Armageddon. Kemudian dia pernah main jadi Batman dalam film Batman vs Superman: Dawn of Justice. Di Film Argo ini Ben mendapatkan penghargaan sebagai sutradara terbaik di ajang penghargaan Oscar dan Golden Globe Awards.

Argo diproduksi tahun 2012 dan bercerita tentang usaha 6 orang sandera yang melarikan diri bersama seorang agen CIA bernama Tony Mendez. Mereka melarikan diri dari kejaran Teheran di masa revolusi Iran tahun 1979. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus dan mendapatkan banyak penghargaan juga, namun di Iran, Argo dianggap cacat sejarah. Argo dinilai sebagai film propaganda anti Iran, sehingga film ini menjadi kontroversial.

Inilah cuplikan film Argo,

3] The Fifth Estate
Gambar: imdb.com
Film ini bercerita tentang situs web pengungkap dokumen rahasia WikiLeaks. Cerita film ini diangkat dari buku Domscheit-Berg Inside WikiLeaks: My Time with Julian Assange at the World's Most Dangerous Website, karya David Leigh dan Luke Harding. Film ini menuai kontroversi hingga kecaman dari berbagai pihak. Bahkan sang karakter utama yang menjadi inspirasi film ini yaitu Julian Assange juga mengecam film The Fifth Estate. Julian Assange menyatakan kalau film The Fifth Estate adalah sebuah film propaganda yang menyudutkan WikiLeaks secara organisasi maupun karakter para stafnya.

Terlepas dari kontroversi tersebut film ini memperoleh rating sebesar 6,2 versi IMDB. Film kontroversial ini dibintangi oleh aktor terbaik Hollywood asal Inggris yang bernama Benedict Cumberbatch. Buat sahabat yang belum familiar dengan namanya, saya kasih tahu film Benedict Cumberbatch yang laris manis, yaitu Film Avengers. Benedict Cumberbatch berperan sebagai Doctor Strange. Udah kebayang bagaimana kemampuan aktingnya, kan?

4] Bridge of Spies
Gambar: imdb.com
Film yang diproduseri dan disutradarai oleh sutradara terbaik Hollywood yaitu Steven Spielberg ini mendapatkan banyak penghargaan, salah satunya sebagai sutradara terbaik di ajang bergengsi Oscar. Film ini mengisahkan tentang kisah nyata pengacara bernama James B. Donovan, yang merundingkan penukaran antara 2 agen rahasia atau mata-mata, yaitu Rudolf Abel (mata-mata KGB Soviet) dengan Francis Gary Powers (pilot mata-mata AS). Ternyata tak disangka, karena penukaran tersebut James B. Donovan justru berhasil membebaskan Rudolf Abel dari hukuman mati.

Selain karena Steven Spielberg, film ini sukses karena akting dari aktor utamanya, yaitu Tom Hanks, yang sangat luar biasa. Dia mampu berperan sebagai James B. Donovan secara baik. Tom Hanks adalah seorang aktor kawakan Hollywood yang sudah membintangi berbagai jenis film. Mulai dari film serius hingga kartun atau film anak-anak, dia mampu memerankan perannya dengan sangat hebat. Jadi, wajar jika film Bridge of Spies mendapatkan rating sebesar 7,6 versi IMDB.

Ini dia cuplikan filmnya,

5] Snowden
Gambar: imdb.com
Film ini terinspirasi dari 2 buah buku, yaitu The Snowden Files karya Luke Harding dan Time of the Octopus karya Anatoly Kucherena. Bercerita tentang Edward Snowden, seorang profesional komputer AS yang membocorkan informasi rahasi dari sebuah organisasi Intelijen AS, yaitu Badan Keamanan Nasional (National Security Agency) kepada media masa The Guardian pada Juni 2013 silam. Film ini dibintangi oleh salah satu aktor muda terbaik Hollywood yaitu Joseph Gordon-Levitt, namun sayang film ini kurang mendapatkan respon positif dari para pemerhati film. Kalau menurut IMDB rating film ini cukup tinggi yaitu sebesar 7,3.

Itulah film mata-mata Hollywood yang terinspirasi kisah nyata dan menjadi kontroversi. Kira-kira sahabat sudah nonton yang mana, nih? Ditunggu tanggapannya di kolom diskusi dan komentar. Terima kasih.

#writober #RBMIPJakarta #ibuprofesionaljakarta #hari3 #mata

2 comments:

  1. Replies
    1. Terima kasih kembali sudah berkenan membaca mba ☺❤

      Delete

Yuk, kita berdiskusi di sini ☺đź’•. Terima Kasih.

Karya Antologiku

My Community

Teman-Teman SehatiQ