Mari Masuki Dunia Parenting, Inspirasi, dan Hiburan

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea). Salah ...

5 Jajanan Pasar Ala Korea Ini Terkenal di Dunia, Lo!


Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Salah satu alasan saya kagum dengan Korea Selatan adalah karena mereka mampu membius dunia dari berbagai macam sisi seperti musik, drama, kebudayaan, gaya berbusana, dan kulinernya. Bahkan untuk kulinernya ini Negeri Gingseng mampu memperkenalkan jajanan pasarnya hingga terkenal ke seluruh dunia. Jajanan pasar ala Korea ini dikenalkan ke publik melalui drama dan filmnya.

Seandainya Indonesia bisa memasukkan jajanan pasarnya melalui sinetron atau film, mungkin saja beberapa jajanan tradisional atau jajanan pasar itu tidak punah. Melihat bagaimana cara Korea mempertahankan jajanan pasarnya patut diacungi jempol. Bahkan di Bandung, sudah menyediakan khusus tempat kulineran ala Korea. Suksesnya Korea mengenalkan jajanan pasar ini membuat saya ingin menulis jajanan apa sajakah yang terkenal di dunia? Tetap ikutin terus pembahasannya di sini, ya.

Yoon Doo Joon. Gambar: id.castko
Untuk mengenalkan jajanan pasarnya, Korea bahkan rela membuat drama khusus tentang makanan yaitu Lets Eat, yang dibintangi oleh Yoon Doo Joon. Drama Korea (drakor) ini benar-benar mampu membuat saya ngiler melihat makanan-makanan yang muncul di dalam cerita. Kalau Indonesia, saya masih ingat acaranya almarhum Pak Bondan Maknyuss. Kalau lihat beliau makan dan bilang maknyuss rasanya makanan itu benar-benar enak banget, hehehe. Okelah biar tidak terlalu lama, inilah jajanan pasar ala Korea yang terkenal di dunia,

1) Tteokbokki
Gambar: idntimes
Jajanan pasar ala Korea pertama yang begitu terkenal di dunia. Tteokbokki sering muncul di drakor-drakor sebagai makanan sampingan di kala aktor atau aktrisnya ingin jajan atau makan makanan ringan. Tteokbokki atau kue beras ini sebenarnya mirip dengan cilok kalau di Indonesia. Disajikan dalam keadaan panas dan pedas, akan membuat orang bersuara ‘hot’, hehehe. Ini juga ada salah satu adegan di drakor Lest Eat yang lagi makan Tteokbokki,

2) Eomuk
Gambar: visitkorea.or.id
Jajanan ini biasanya di jual secara kaki lima di pinggir jalan. Eomuk ini bentuknya mirip seperti usus tapi rasanya mirip otak-otak kalau di Indonesia. Tidak seperti Tteokbokki yang saus panasnya pedas, Eomuk disajikan dengan saus panas tak pedas. Makanan cemilan ini cocok dimakan ketika cuaca dingin dan kita ingin menghangatkan tubuh.

3) Hotteok
Gambar: visitkorea.or.id
Hotteok ini jajanan yang dibuat dengan adonan dari tepung beras ketan dan diisi dengan campuran gula, kacang, serta kayu manis. Jajanan ini biasa di jual di pasar Insa-dong, Namdaemun, dan pasar-pasar di Seoul. Kalau di Indonesia bentuk Hotteok ini mirip pancake, kalau jajanan tradisionalnya mirip kue rangi, mungkin? Jajanan ini enak sekali, lo, makanya jadi idola bagi wisatawan domestik maupun asing.

4) Bungeoppang
Gambar: wowkeren
Jajanan satu ini mempunyai bentuk yang khas yaitu berbentuk seperti ikan. Terbuat dari adonan tepung terigu dan diisi dengan selai kacang merah, ubi manis, coklat, serta chestnut ini sangat cocok dimakan saat masih panas di musim dingin. Kalau di Indonesia makanan ini mirip kue cubit kali ya?

5) Kimbap
Gambar: thespruceeats
Ini salah satu jajanan yang paling mudah dibuat di rumah. Terbuat dari sayuran seperti wortel dan timun, dibungkus dengan rumput laut, dan kemudian diris-iris. Jajanan ini juga paling sering dibuat untuk sarapan atau bekal makan siang atau bekal saat hendak piknik. Jajanan ini sering muncul jika sang aktor atau aktrisnya sedang mau piknik atau sedang dalam kondisi keuangan sulit.


Itulah 5 jajanan pasar ala Korea yang terkenal di dunia. Dari ke-5 itu, kira-kira sahabat pernah nyicip yang mana? Silakan berikan tanggapannya di kolom komentar, terima kasih.

#writober #RBMIPJakarta #ibuprofesionaljakarta #hari2 #jajan

2 comments:

  1. Wah jadi ngiler nih berkunjung ke blog ini lihat menu korea :D

    Regards,
    Dee Rahma

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih mba Dee sudah berkenan berkunjung ke blog sederhana saya. Saya juga ngiler kalau baca ulasan tentang makanan mba, tos dulu deh kita, hehehehe.

      Delete

Yuk, kita berdiskusi di sini ☺đź’•. Terima Kasih.

Karya Antologiku

My Community

Teman-Teman SehatiQ