7 Tips Mewujudkan Renjana Ala Orang Sukses

 
Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).
 
Siapa diantara sahabat yang sudah mengetahui arti renjana? Kalau menurut arti KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) renjana adalah rasa hati yang kuat. Jika untuk seseorang itu bisa rindu dan cinta kasih yang kuat. Sementara bila terkait dengan sesuatu renjana sama artinya dengan passion (perasaan atau niat yang kuat untuk melakukan sesuatu). Oleh karena itu, kali ini saya mau menulis tentang tips untuk mewujudkan renjana ala orang sukses.
 
Setiap orang pasti memiliki banyak kesukaan atau hobi atau aktivitas favorit, tapi diantara banyaknya hal itu pasti ada 1 hingga 3 yang paling disukai atau dicintai, betul? Seperti saya yang menyukai menulis, menonton, membaca, jalan-jalan, memasak, berenang, berorganisasi, dan mengajar. Namun renjana saya adalah menulis, mengajar, dan berorganisasi. Jadi, pasti ada yang paling dicintai dari banyak hal yang kita sukai. Biasanya renjana ini akan berkaitan dengan mimpi atau cita-cita. Kira-kira bagaimana ya, tips mewujudkan renjana ala orang sukses ini?

Kalau sebelumnya saya pernah menulis tentang kebiasaan orang sukses di pagi hari. Kali ini saya akan menulis tentang tips mewujudkan renjana ala orang sukses. Kalau di tulisan yang kebiasaan orang sukses itu terinpirasi dari orang-orang luar negeri, kali ini mau mengambil dari dalam negeri. Inilah tipsnya,
 
1. Dream It (Bermimpilah)
Gambar: weheartit
Seperti yang saya katakan di atas tadi kalau renjana biasanya berkaitan dengan mimpi atau cita-cita. Jika kita sudah memiliki renjana atau passion biasanya kita juga akan memiliki cita-cita. Bila kita mewujudkan cita-cita sesuai dengan renjana, maka kita akan menikmati setiap prosesnya.
 
Kita bisa mencontoh 2 wanita sukses berikut, yaitu Septi Peni Wulandani dan Indari Mastuti. Ibu Septi Peni Wulandani memiliki passion atau renjana di bidang pengasuhan dan pendidikan bagi anak-anak. Maka Ibu Septi bermimpi untuk membantu para Ibu menjadi bahagia dalam mengasuh dan mendidik anak-anak. Maka renjana Ibu Septi pun terwujud dengan adanya organisasi Ibu Profesional.
 
Sementara Teh Indari (sapaan akrab untuk Indari Mastuti) memiliki passiondengan menulis. Ia pun bermimpi agar memajukan perempuan lewat menulis. Mimpi Teh Indari pun terwujud dengan adanya Sekolah Perempuan dan Indscript. Jadi jangan takut bermimpi, kalau kata Ibu Septi, orang yang tidak punya mimpi berarti akan menyukseskan mimpi orang lain. Sementara orang yang berani bermimpi, maka akan berani mengembangkan imajinasinya.
 
2. Catatlah dengan lengkap dan detail impian kita
Gambar: knowledge.insead.edu
Menurut buku Tuhan Inilah Proposal Hidupku karya Jamil Azzaini, jika ingin mewujudkan mimpi dengan passion kita, ada baiknya kalau kita menuliskan dengan lengkap pengalaman-pengalaman hidup yang pernah kita lalui. Kemudian pilihlah salah satu pengalaman yang akan terus kita asah dan kembangkan agar menjadi sebuah impian. Kemudian catatlah secara detail dan lengkap impianmu itu ke dalam peta mimpi. Pendapat mengenai membuat peta mimpi juga dikemukakan oleh Ibu Septi dan Teh Indari, lo.
 
Contoh:
Saya ingin memiliki buku solo tema parenting dan novel fiksi tahun 2021 dan 2022. 2 buku solo ini bisa best seller terjual hingga ratusan buku. Bonusnya bisa difilmkan. 10% keuntungan dari terjualnya 2 buku solo saya mau saya sumbangkan untuk biaya pendidikan bagi anak yatim. Kemudian saya akan menjadi trainer untuk bidang parenting.
 
3. Menjadi expertatau ahli dengan berlatih
Gambar: thebluediamondgallery
Akan sangat beruntung apabila profesi atau impian kita sejalan dengan rejana kita. Oleh sebab itu, mulailah melatih dan terus berlatih agar renjana kita semakin berkembang, kalau perlu jadilah expert atau ahli dalam renjana yang kita miliki. Kata Ibu Septi, kita perlu seribu jam terbang, agar kita bisa menjadi ahli dalam suatu bidang tertentu.
 
4. Carilah ilmu dengan berguru atau ahlinya
 
Jika mau menjadi expert maka kita harus mencari ilmu dengan berguru atau seorang ahli. Dalam mencari ilmu ini kita bisa bergabung dengan organisasi atau komunitas-komunitas yang bisa menunjang peningkatan bagi renjana kita. Bahkan sekelas Dewa Selling, yaitu Dewa Eka Prayoga, juga masih terus belajar dan berguru, lo.
 
5. Tetapkan komitmen, dan perilaku positif dalam diri kita
Gambar: pixabay
Bila ingin menjadi ahli dan mimpi kita bisa terwujud, maka perlu menetapkan komitmen, sikap, dan perilaku yang positif dalam diri kita. Hilangkan pikiran-pikiran negatif seperti saya bodoh, saya tidak bisa, saya tidak mampu, dan lain sebagainya. Gantilah kata-kata negatif tersebut dengan kata-kata positif seperti saya masih harus banyak berlatih dan belajar, saya pasti bisa, saya pasti mampu, dan lain sebagainya.
 
Kemudian perilaku negatif seperti sering menunda pekerjaan sebaiknya mulai dirubah secara perlahan-lahan. Tetapkan prioritas urutan pekerjaan yang ingin dikerjakan dan fokus mengerjakan hal tersebut setiap saat, agar habitsatau kebiasaan positif baru terbentuk. Coba detailkan perilaku-perilaku negatif yang ingin kita rubah, dan berapa lama waktu yang diperlukan agar perilaku-perilaku positif terbentuk.
 
6. Sampaikan impian kita setiap saat dan dalam setiap kesempatan
Gambar: vimeo
Setiap ada kesempatan, misalkan saat bangun tidur atau saat mengobrol dengan teman atau sedang mengikuti training, sampaikanlah impian kita. Sampaikanlah impian kita kepada orang yang tepat dan hindari kesan sombong dalam proses penyampaiannya. Mengapa kita perlu mengutarakan impian ini kepada orang yang tepat? Sebab semakin sering kita menyampaikan impian kita, maka akan ada banyak doa yang mengalir bagi kita, sehingga InsyaAllah kita pun semakin dekat dalam mewujudkan mimpi.
 
7. Panjatkan doa dan bersyukur
Gambar: live.staticflickr
Poin ke-7 ini paling penting. Kita rekatkan mimpi detail kita dengan doa, agar Allah bisa menilai kita sudah layak atau pantas belum mendapatkan mimpi kita. Kemudian jangan lupa bersyukur dalam setiap pencapaian yang sudah kita raih dalam meningkatkan renjana kita. Contoh bersyukur: Alhamdulillah, saya sudah memiliki 10 buku antologi, 1 buku antologi bisa terbit mayor, dan 2 buku antologi nangkring di play store. Semoga semua buku antologi saya bisa bermanfaat bagi banyak orang, aamiin.
 
Itulah 7 tips mewujudkan renjana ala orang sukses. Kalau sahabat renjananya apa? Sudah adakah mimpi dari renjana yang terwujud? Silakan di jawab di kolom diskusi, ya. Terima kasih.


#writober #RBMIPJakarta #ibuprofesionaljakarta #hari4 #renjana

26 pemikiran pada “7 Tips Mewujudkan Renjana Ala Orang Sukses”

  1. InsyaAllah akan datang kesuksesannya di waktu yang tepat ya mba misdar. Apa pun yang terjadi saat ini pasti yang terbaik untuk kita saat ini. Yakin Allah sedang menyiapkan rencana indah buat kita, aamiin.

    Balas
  2. Ah, aku senang baca ini. Selain jadi mengenal istilah baru, yaitu Renjana. Saya jadi termotivasi lagi untuk memetakkan apa sih sebenarnya 'renjana saya' dan bagaimana untuk mewujudkannya. Thanks tips nya Mbak. Aku mau praktekin segera!

    Balas
  3. Mantul mbak tipsnya, saya juag udah mulai mmenulis cita cita saya biar inget terus dan bisa jadi kenyataan ya. Tinggal harus terus menerus memoles diri dan juga yang ga kalah penting bersedekah biar segala mimpi bisa diraih dengan mudah dan penuh berkah. Aamiin

    Balas
  4. ini keren mbak artikelnya, kadang kita lari mengejar sesuatu, tetapi apa yang kita kejar kadang tidak jelas, apakah itu renjana atau rangkaian kegiatan penggugur kewajiban saja. thaks ya mbak

    Balas
  5. "segala sesuatu dimulai dari mimpi", sering sekali dengar ceramah kata-kata seperti ini. Dengan mimpi manusia punya tujuan. tanpa mimpi, sebuah perjuangan hanya seperti berjalan tanpa tujuan.

    Balas
  6. Ish.. Baca judulnya saya pikir typo dari kata rencana, ternyata passion ya mba.. Otak masih suka keseleo, ngelink nya ke makna kata rencana.

    Renjana saya di bidang craft, tapi kendalanya saya kurang konsisten ketika menggarap peluang yang ada. Manajemen waktu kurang bangus, dan kadang2 tersendat dana juga. Harus mulai terorganisir lagi nih utk mewujudkan renjana..

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.