Mari Masuki Dunia Parenting, Inspirasi, dan Hiburan

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea). Salah s...

Jangan Lupakan Sejarah! 7 Drakor Kerajaan Terbaru Rating Terbaik


Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Salah satu alasan mengapa saya suka dengan Korea adalah karena mereka tidak melupakan sejarah. Ini dibuktikan dengan industri hiburan mereka tidak pernah berhenti memproduksi drama Korea (drakor) maupun film bertema sejarah atau kerajaan atau kolosal dan tema ini pun tetap memperoleh rating tinggi. Sebut saja drakor Jewel In The Palace, The Moon That Embraces The Sun, Goblin, Rebel: Thief Who Stole the People, Queen For Seven Days, dan lain sebagainya. Belum lagi filmnya seperti The Fortress, King and The Clown, Masquerade, The Throne, dan lain sebagainya. Intinya sih, walaupun mengangkat tema Saeguk (sebutan bagi drakor atau film bertema sejarah) drakor atau pun film tetap laris manis.

Baca ini dulu, yuk:

Oleh karena itu, kali ini saya mau membahas tentang drakor-drakor bertema sejarah atau kerajaan terbaru yaitu tahun 2019, dengan rating terbaik. Karena membahas drakor terbaru yaitu tahun 2019, maka akan ada drakor yang ceritanya sudah tamat dan ada yang masih atau sedang tayang atau on going. So, bagi sahabat yang suka atau senang dengan cerita sejarah, boleh menyimak pembahasan ini. Namun, bagi sahabat yang belum tertarik cerita sejarah, tetap tidak ada salahnya kok membaca ulasan ini, sebab drakor saeguk memiliki konflik cerita nan lebih mirip dengan kejadian nyata yang terjadi di setiap negara seperti kemiskinan, perjuangan membela keadilan, dan lain sebagainya. Ya, bisa dibilang drakor saeguk penuh dengan pesan-pesan positif di dalamnya yang bisa dijadikan sebuah pelajaran dalam kehidupan seperti kejujuran, berjuang melawan ketidak adilan, dan lain sebagainya.

Terinspirasi dari kisah nyata di tahun 1894, yaitu adanya pemberontakan petani terhadap pemerintah karena sudah semena-mena terhadap rakyat, hingga akhirnya para petani pemberontak ini membantu dalam melawan tentara Jepang, menjadi latar belakang cerita drakor ini. Drakor ini juga merupakan proyek kerjasama antara industri hiburan Korea dengan pihak pemerintah, yaitu Kementerian Pariwisata Korea. Dibintangi oleh aktor dan aktris terbaik Korea, wajar bila drakor Nokdu Flower memperoleh rating tinggi.

1. Nokdu Flower
Gambar: kumparan
Nokdu Flower ini rilis pada 26 April 2019, drakor ini sudah tamat dan jumlah episodenya sebanyak 48 episode. Menurut IMDB rating untuk drakor ini mendapat angka 8,5. Sementara menurut Nielsen Korea, episode perdana Nokdu Flower yang tayang pada 26 April mendapatkan rata-rata rating sebesar 8,6% untuk bagian pertama dan 11,5% untuk bagian keduanya. Kemudian pada 27 April-nya, drama ini mendapat rata-rata rating sebesar 6,5 di bagian pertama dan 8,6% di bagian keduanya. Yang dimaksud bagian pertama dan kedua adalah drakor ini menayangkan 2 episode dalam 1 hari, sehingga tiap episodenya tayang sekitar 30-40 menit. Besarnya rating yang didapat menunjukkan kalau drakor bertema sejarah ini mampu bersaing dengan drakor-drakor tema lainnya.

Baca dulu:

2. Kingdom
Gambar: soompi.com
Drakor Kingdom termasuk tema kerajaan yang imajinatif, karena bercerita tentang Putra Mahkota Lee Chang yang berusaha mengungkap kebenaran mengapa orang-orang yang meninggal bisa berubah menjadi zombi. Kingdom termasuk drakor ber-episode pendek yaitu sebanyak 6 episode saja. Dibintangi oleh Ju Ji Hoon, drakor ini meraup rating sebesar 8,3 versi IMDB. Drakor ini tayang di Netflix dan termasuk sebagai salah satu drama dengan rating tinggi versi Netflix juga.

3. Haechi
Gambar: idntimes.com
Haechi juga terinspirasi dari kisah Pangeran Lee Geum yang menjadi raja dari ibu seorang rakyat biasa. Masalah keturunan inilah yang sempat menjadi polemik bagi politik kerajaan di kala itu, sebab kalangan yang berkuasa saat itu merasa terganggu dengan perubahan-perubahan yang dilakukan Lee Geum. Salah satunya mereformasi Saheonbu, badan keamanan independen yang berfungsi sebagai pemberantas korupsi, namun karena lama ditunggangi oleh pihak berkuasa jadi Saheonbu sendiri sudah korupsi. Lee Geum yang ingin memberantas korupsi harus membuat Saheonbu kembali bersih dari pejabat yang korup. Memiliki cerita yang keren membuat rating drakor tema sejarah ini tinggi, yaitu sebesar 8,2 versi IMDB.

4. Rookie Historian Goo Hae Ryung
Gambar: soompi.com
Rookie Historian Goo Hae Ryung bercerita tentang seorang perempuan bernama Goo Hae Ryung yang menjadi seorang penulis ahli sejarah kerajaan joseon. Goo Hae Ryung adalah orang yang berani, cerdas, dan jujur, sehingga ia memiliki ambisi untuk menantang serta merubah nilai-nilai sosial yang terlalu merendahkan kaum perempuan. Suatu hari, ia bertemu dengan pangeran Lee Rim yang memiliki rasa kesepian dan karena pertemuan itulah Goo Hae Ryung menemukan petualangan baru, mulai dari kisah sejarah kerajaan yang diselewengkan hingga jatuh cinta. Drakor yang dibintangi oleh bintang muda yang sedang naik daun yaitu Shin Se Kyung dan Cha Eun Woo, semakin membuat drakor tema kerajaan ini mendapat rating tinggi. Menurut IMDB rating Rookie Historian Goo Hae Ryung memiliki rating sebesar 8,1.

5. The Crowned Clown
Gambar: idntimes.com
The Crowned Clown bercerita tentang Raja Zalim bernama Lee Hun (diperankan oleh Yeo Jin Goo), yang ketakutan kalau dia akan dibunuh di istana, oleh karena itu, dia menyuruh sekretaris kerajaan mencarikan solusi terbaik baginya. Akhirnya, ada keajaiban, sekretaris kerajaan bertemu dengan badut bernama Ha Sun (diperankan oleh Yeo Jin Goo), yang wajah hingga tubuhnya begitu mirip dengan Sang Raja. Walaupun Ha Sun memiliki fisik yang mirip dengan Lee Hun, sifat mereka jauh berbeda. Raja Lee Hun adalah orang yang dingin, kejam, penuh kecemasan, dan zalim. Sementara, Ha Sun orangnya baik hati, hangat, sangat mementingkan kepentingan orang lain lebih dahulu, dan mau berkorban demi orang lain. Nah, karena Ha Sun-lah awal konflik bermula, yaitu raja mulai melakukan perubahan-perubahan penting bagi kemakmuran rakyat. Memiliki jalan cerita yang seru, mampu membuat drakor ini meraih rating tinggi.

Diambil dari sumber wowkeren.com (20/02/2019), tayangkan episode terbaru pada 19 Februari, The Crowned Clown tercatat menembus rekor tertinggi sepanjang penayangan. Episode terbaru drakor ini berhasil meraup rating sebesar 10% dan berhasil mempertahankan posisi sebagai pemimpin slot drama yang tayang di Senin dan Selasa malam.

6. Flower Crew: Joseon Marriage Agency
Gambar: soompi.com
Bagi sahabat yang belum pernah nonton drama bertema saeguk coba deh nonton Flower Crew: Joseon Marriage Agency. Drakor ini ringan banget ceritanya, sebab Flower Crew: Joseon Marriage Agency bercerita tentang seorang tukang besi bernama Yi Soo (diperankan oleh Seo Ji Hoon) yang tiba-tiba diangkat menjadi seorang raja. Walaupun setelah menjadi raja Yi Soo tetap tidak bisa melupakan cinta pertamanya yang bernama Gae Ddong (diperankan oleh Gong Seun Yeon). Yi Soo paham kalau sebenarnya dia tidak bisa bersatu dengan cinta pertamanya tetapi ia tetap bersikeras ingin menikahi Gae Ddong hingga meminta bantuan kepada mak comblang terbaik di Joseon. Drakor ini dipenuhi oleh para bintang tampan seperti Seo Ji Hoon, Kim Min Jae, dan Park Ji Hoon (salah satu mantan personil boyband Wanna One). Maka wajar bila Flower Crew: Joseon Marriage Agency berhasil meraih rating rata-rata sebesar 4,2%. Drakor ini masih on going.

Baca lagi,

7. My Country
Gambar: soompi.com
My Country atau My Country: The New Age ini baru saja rilis 4 Oktober lalu dan masih on going. Drakor ini bercerita tentang 2 orang sahabat, Seo Hwi dan Nam Sun Ho, yang akhirnya menjadi musuh karena memiliki perbedaan pendapat serta pemikiran tentang pengertian negara yang baik versi saya (saya disini maksudnya merujuk ke sudut pandang Seo Hwi dan Nam Sun Ho). Dikarenakan perbedaan sudut pandang itulah Seo Hwi dan Nam Sun Ho memutuskan berjuang di jalan yang berbeda, ditambah dengan bumbum cinta segitiga berhasil membuat drakor ini meraih rating tinggi. Menurut Nielsen Korea, drama ini meraih rating sebesar 3,5%. Rating ini tergolong tinggi bagi sebuah drama yang baru saja tayang atau rilis.

Itulah 7 drakor tema sejarah atau kerajaan yang raup rating tinggi. Jadi, kalau cerita sejarah bisa dibalut dengan baik, keren, dan serius pasti tetap mendapatkan tempat di hati Kdrama lovers (sebutan bagi penggemar drakor). Sahabat, sudah nonton yang mana? Ditunggu jawabannya di kolom diskusi, terima kasih.


#writober #RBMIPJakarta #ibuprofesionaljakarta #hari9 #lupa

0 coment�rios:

Yuk, kita berdiskusi di sini ☺đź’•. Terima Kasih.

Karya Antologiku

My Community

Teman-Teman SehatiQ