Mari Masuki Dunia Parenting, Inspirasi, dan Hiburan

Jang Nara dan Lee Sang Yoon (soompi.com) Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik,...

5 Pelajaran Hidup dari Drakor VIP

Jang Nara dan Lee Sang Yoon (soompi.com)
Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

MasyaAllah tidak terasa terasa sudah berada di pengunjung tahun. Maafkan saya karena baru menulis blog lagi nih, sebab sedang berusaha menyelesaikan proyek e-book solo nih, doakan lancar ya. Karena ini postingan pertama di bulan Desember, kita ngobrolin yang ringan dulu ya. Ada beberapa drama Korea (drakor) yang lagi hangat jadi pembicaraan nih, salah satunya VIP. Drakor yang dibintangi Jang Nara dan Lee Sang Yoon ini selalu mendapat rating tertinggi di setiap penayangannya.

Drakor VIP menceritakan tentang Na Jung Sun (diperankan oleh Jang Nara), yang bekerja sebagai pegawai departemen store. Ia bertugas melayani pelanggan-pelanggan VIP dari departemen store tersebut. Walaupun Na Jung Sun bekerja sebagai pegawai departemen store, tapi ia berasal dari keluarga yang kaya dan terpandang. Jadi, Na Jung Sun bekerja sebagai pegawai hanya karena ingin mencari kesibukan bukan karena untuk mencari nafkah. Ia pun menikah dengan rekan kerjanya alias bosnya sendiri yang bernama Park Sung Joon (diperankan oleh Lee Sang Yoon). Kehidupan karir dan pernikahan Na Jung Sun terlihat begitu sempurna, namun ternyata ada api dalam sekam yang akhirnya membuat ia dan Park Sung Joon tidak harmonis. Ketidak harmonisan hubungan mereka, akhirnya kembali membawa luka-luka lama yang belum sembuh kembali menganga.

Pertama kali saya nonton drakor ini memang karena penulis suka sama si pemeran-pemeran utamanya. Aktingnya Jang Nara dan Lee Sang Yoon menurut saya selalu keren dan mampu mengoyak-ngoyak perasaan penonton. Mau bukti? Dua drakor terakhir yang dibintangi Jang Nara, Go Back Couple dan The Lass Empress, selalu mendapat rating tinggi dan mendapatkan penghargaan. Sementara, Lee Sang Yoon membuat saya terpukau lewat aktingnya di About Time. Bila dua bintang keren, bersatu, pasti bakalan top kan drakornya? Yups, pada kenyataannya drakor VIP mampu memperoleh rating tertinggi di hari penayangannya yaitu Senin dan Selasa.

Selain karena akting dan ratingnya yang tinggi, apa sih yang sebenarnya membuat drakor VIP ini berkesan? Menurut penulis karena drakor ini membawa pelajaran-pelajaran hidup di dalamnya, sehingga membuat penonton bisa berpikir untuk mengevaluasi kembali apa makna dari kehidupan ini. Mau tahu apa saja pelajaran-pelajaran hidup yang tersimpan dari VIP? Simak terus tulisan saya berikut ini.

Jang Nara (Na Jung Sun) dan Lee Sang Yoon (Park Sung Joon) (soompi.com)
Seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, kalau cerita VIP ini menceritakan kisah hidup Na Jung Sun yang terlihat sempurna di mata orang lain. Bagaimana tidak, ia anak orang kaya, kerja cuma karena ingin mencari kesibukan dan menyalurkan hobi saja, dan menikah dengan seorang lelaki berprestasi di kantor, sehingga secara jabatan lebih tinggi dari Na Jung Sun. Banyak orang yang iri terhadap kehidupan wanita ini, tapi sebenarnya ia pun menyimpan sebuah luka dan karena sebuah penghianatan dari sang suami yang belakangan baru ia ketahui, membuat luka lama itu kembali menganga.

Melihat kehidupan yang dijalani Na Jung Sun dan penilaian orang-orang sekitarnya, sebenarnya ada pelajaran hidup yang begitu berharga, yaitu jika kehidupanmu terlihat baik-baik saja, sejatinya itu karena Allah Swt. sedang menutup rapat-rapat aibmu. Yups, itulah pelajaran hidup pertama yang bisa kita ambil dari drakor VIP.

Terkadang kita melihat kehidupan seseorang itu begitu enak, nikmat, bahagia, keren, dan sempurna, sehingga mungkin ada sedikit timbul rasa iri di hati kita. Kita pun ingin memiliki kehidupan seperti itu, padahal sejatinya Allah Swt. sedang menutup rapat aib seseorang tersebut, agar ia tetap mendapatkan sahabat-sahabat terbaiknya untuk menjadi penghibur hatinya yang terluka atau penghibur di kala lelah. Intinya, apa pun yang sedang terjadi pada diri ini maupun orang lain, jika di mata manusia itu keren, ingatlah kalau Allah hanya sedang menutup aibmu.
Tokoh dan Konflik dalam Cerita VIP (soompi.com)
Kemudian pelajaran hidup yang kedua adalah Allah memberi ujian atau cobaan kehidupan itu pasti sesuai batas kemampuan makhluk-Nya. Na Jung Sun yang terlihat sempurna itu, ternyata memiliki trauma masa kecil yang begitu membekas. Ia ditinggal oleh ibu kandungnya sendiri karena sang ibu memilih bercerai dengan ayahnya dan menikah dengan orang lain. Walaupun dia memiliki luka seperti itu lantas tidak membuat Na Jung Sun berhenti berjuang, ia justru menyibukkan diri dan menyalurkan hobinya dengan bekerja di departemen store. Kemudian ketika dia mengetahui pengkhianatan sang suami, Park Sung Joon, yang ketahuan selingkuh dengan rekan kerjanya juga dan ternyata perempuan itu adalah anak bos besar mereka berdua.

Na Jung Sun, marah dan kesal tapi persoalan itu tidak serta merta membuatnya terpuruk dan menyerah, justru dia berusaha menyelamatkan dirinya dari kezaliman si bos besar. Intinya Allah Swt. pasti tahu kemampuan setiap makhuluk-Nya, sehingga ketika kita diuji sejatinya itu untuk naik kelas dan semakin mendekat kepada-Nya.
Pyo Ye Jin (Ohn Yu Ri-Wanita Kedua Park Sung Joon)-Lee Sang Yoon (Park Sung Joon) (soompi.com)
Pelajaran ketiga adalah kita tidak boleh berlebih-lebihan terhadap apa pun. Baik itu dalam menyikapi perasaan sedih, senang, dan menyayangi seseorang. Mengapa? Sebab Allah tidak suka perbuatan yang berlebih-lebihan dan memang lebih utama adalah cinta kepada Allah-lah yang harus didahulukan. Di episode 11 dan 12, terlihat kalau Na Jung Sun pernah bersedih secara berlebihan ketika bayinya meninggal dunia. Keadaan itu ternyata membuat Park Sung Joon tidak nyaman. Itulah awal atau celah atau pemicu yang membuatnya berselingkuh hati dengan wanita lain.

Pelajaran keempat yang bisa diambil dari drakor VIP adalah komunikasi yang efektif, keterbukaan, dan kejujuran memang harus diutamakan dalam hubungan suami istri. Pelajaran hidup ini sudah diungkap sejak episode 9, dimana Park Sung Joon sejak awal tidak pernah terbuka dan jujur kepada Na Jung Sun, kalau ayah kandungnya masih hidup dan dia butuh pendamping ketika hendak melayat ayahnya. Benar saja ketidak jujuran dan enggan berkomunikasi secara terbuka menjadi bumerang bagi hubungan Park Sung Joon dan Na Jung Sun.
Jang Nara (Na Jung Sun)-Lee Sang Yoon (Park Sung Joon)-Pyo Ye Jin (Ohn Yu Ri-Wanita Kedua Park Sung Joon) (soompi.com)
Ketika akhirnya Park Sung Joon menemukan kenyamanan berbicara dengan wanita lain, Na Jung Sun masih belum mengetahui letak di mana kesalahannya, mengapa hubungannya dengan suami bisa berubah drastis. Dari sinilah kita bisa mengambil pelajaran kalau dalam keluarga, khususnya suami-istri, bahkan orang tua dan anak, haruslah rumah yang menjadi tempat paling nyaman dalam berkomunikasi, bercengkerama, dan berkeluh kesah. Hal ini dimaksudkan agar menjadikan rumah menjadi tempat diskusi paling nyaman antar anggota keluarga.

Yang kelima, pelajaran hidup berharga namun sering terlupa, apakah itu? Bersyukur. Iya, terkadang kita lupa kalau nafas kita di hari ini saja adalah satu hal yang patut disyukuri. Allah Swt. masih memberikan kesempatan kepada kita untuk hidup dan terus menebar kebaikan sekaligus manfaat bagi sekitar. Makanya drakor VIP benar-benar memberikan pelajaran kalau kita harus bersyukur dengan kondisi apa pun. Jangan sampai kita terlalu abai dan enggak mensyukuri dengan nikmat-nikmat sederhana yang telah kita miliki.

Yups,itulah 5 pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari drakor VIP. Semoga apa pun yang kita lihat, dengar, dan perbuat bisa selalu kita jadikan pelajaran ya. Saya tunggu komentar dan tanggapannya ya sahabat (n_n). Terima kasih.

2 comments:

  1. gemes nonton drakor ini...

    ReplyDelete
  2. Hehehehe. Drakor ini juga banyak meraih penghargaan di akhir tahun kemarin 😊

    ReplyDelete

Yuk, kita berdiskusi di sini ☺💕. Terima Kasih.

Karya Antologiku

My Community

Teman-Teman SehatiQ