Mari Masuki Dunia Parenting, Inspirasi, dan Hiburan

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea). MasyaA...

Yuk, Dapatkan 6 Keuntungan dengan Memanfaatkan Peluang Bisnis Coworking Space


Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

MasyaAllah sudah masuk ke minggu ke 2 di bulan Januari 2020 dan kali ini saya mau menulis sesuatu yang agak berbeda dari tulisan-tulisan sebelumnya. Di tulisan saya yang pertama di awal tahun 2020 ini, saya mencoba mengajak sahabat Lithaetr untuk lebih bisa membaca sebuah peluang dan memanfaatkan peluang tersebut menjadi sebuah keuntungan. Kayak peluang bisnis yang satu ini yaitu bisnis coworking space.

Apa sih bisnis coworking space itu? Bisnis coworking space ini memiliki kolerasi yang kuat dengan perkembangan startup teknologi. Perkembangan startup belakangan ini mendorong kebutuhan ruang kerja bagi pebisnis pemula, karena lebih efektif, efisien, fleksibel, dan murah. Pelaku pebisnis pemula pun tumbuh secara eksponensial, dimana mereka membuka juga peluang bisnis coworking space lainnya dalam penyediaan sebuah coworking space.
Dengan memanfaatkan peluang bisnis coworking space, para pelaku pebisnis pemula tidak lagi harus mengeluarkan dana besar untuk menyewa sebuah kantor yang sebenarnya belum tentu diperlukan. Pergerakan cepat ini membuat mobilitas individu menjadi tinggi. Hal itu tentu memancing para pemain coworking space bermunculan di Indonesia. Apalagi kehadiran coworking space kini sudah tidak lagi hanya terpusat di kota besar, tetapi juga sudah mulai masuk ke kota-kota kecil di Indonesia. Bisnis ini masih terbilang cukup baru, karena itulah masih banyak sekali potensi yang bisa digarap.

Bisnis coworking space ini bisa menjadi produk yang menjawab kebutuhan bagi perusahaan dan karyawan saat ini. Perkembangan startup akan terus menghasilkan peluang inovatif dan akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pelakunya. Peluang bisnis coworking space ini nantinya akan mampu mendatangkan anggota yang banyak.

Menjual keanggotaan untuk memanfaatkan fasilitas di coworking space merupakan aliran pendapatan yang bisa diandalkan. Untuk mendatangkan anggota ini pihak penyedia coworking akan menawarkan berbagai fasilitas. Fasilitas ruang kerja yang nyaman menjadi hakikat dari kehadiran coworking space ini. Yang perlu kamu ketahui adalah coworking space ini penggunanya didominasi oleh freelancers profesional, bisnis strat up, hingga pelaku usaha kecil  dan menengah (UKM).

Lalu apa saja sih, keuntungan dengan adanya peluang bisnis ini? Kemudian bagaimana cara menghitung keuntungannya?

Untuk memperkirakan keuntungan bisnis coworking space di Indonesia, bisa dilakukan dengan melakukan prediksi perhitungan profit dari coworking space. Dari seluruh penjuru Indonesia, saat ini tercatat ada sekitar 60 juta unit UKM terbesar. Jika melihat perkembangannya, terdapat lebih dari 8,9 juta entreoreneur di luar sana dan peluang bisnis coworking space ini setidaknya baru dimanfaatkan oleh 10% dari pebisnis pemula, sehingga peluangnya masih cukup besar.

Permasalahan yang biasanya dialami oleh pebisnis pemula adalah harga sewa ruang kantor yang cukup tinggi, dengan ruang kerja bersama atau coworking space inilah jawabannya. Coworking space dianggap memberikan penawaran tempat dengan harga yang terjangkau, untuk mendirikan usaha dalam lingkungan kolaboratif kepada banyak wiraswasta dan pemilik bisnis kecil. Inilah 6 keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memanfaatkan peluang bisnis coworking space,
  1. Menghemat biaya operasional, dimana kamu dapat mengurangi pengeluaran untuk sewa tempat, listrik, internet, hingga hal-hal kecil seperti ketersediaan air dan makanan ringan.
  2. Bisa bekerja kapanpun dan dimanapun.
  3. Melalui pemanfaatan peluang bisnis coworking space, kamu akan dengan mudah memisahkan kehidupan kerja dengan kehidupan pribadi.
  4. Memiliki kesempatan untuk membangun koneksi dan kolaborasi dengan pemilik usaha kecil lain. Maka kamu akan memiliki rekan diskusi untuk bertukar pikiran.
  5. Menambah motivasi sosial.
  6. Akan mendapatkan alternatif lain jika ruang kerja bersama bukan pilihan terbaik. Beberapa pilihan yang dapat kamu pertimbangkan antara lain:
  • Inkubator bisnis kecil, program yang disponsori oleh perusahaan swasta, penanam modal, dan institusi publik
  • Ruang kantor ekskutif, dimana Anda akan dengan bebas mendirikan suatu kantor dalam satu ruang yang ada di dalam kantor perusahaan tersebut
  • Ruangan dengan sarana telekomunikasi
  • Relatif lebih murah
  • Lebih produktif
Dari keuntungan tersebut, terlihat jelas bahwa peluang bisnis coworking space sangat menjanjikan. Sayangnya, kebanyakan orang Indonesia memang kurang mengerti dan belum memahami dengan konsep coworking space ini. Bagi pengelola coworking sendiri kondisi ini cukup sulit. Tanpa disadari, coworking space ini membantu penghematan pengembangan bisnis startup. Coworking space juga membuat pekerja di bidang digital lebih nyaman. Bagi kamu yang ingin memulai bisnis ini, cobalah beberapa tips berikut.
  1. Melakukan analisa kompetisi atau persaingan
  2. Profil founder
  3. Menawarkan produk dan layanan terbaik
  4. Dinamika tempat secara keseluruhan
  5. Memperhitungkan biaya operasional
  6. Memilih lokasi strategis
  7. Memanfaatkan ruang dengan sebaik mungkin
  8. Memahami keterbatasan lokasi
  9. Pastikan lokasi akan memberikan keuntungan tersendiri
  10. Melakukan analisa saingan berdasarkan lokasi
  11. Melakukan pembangunan infrastruktur dengan cara hemat
  12. Lengkapi kebutuhan teknologi secara bertahap
  13. Tekan anggaran pemasaran
  14. Manfaatkan jaringan entrepreneur yang sudah ada
Tips tersebut juga bisa disebut sebagai strategi, lo. Nah, bagi kamu dan sahabat Lithaetr yang ingin memulai bisnis ini, cermati strategi tersebut, agar kamu bisa mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan harapan. Itulah sedikit ulasan tentang tulisan dalam membaca peluang sebuah bisnis dan memanfaatkan peluang tersebut, khususnya mengenai pemanfaatan peluang bisnis coworking space, semoga bermanfaat. Yuk, kenali informasi lebih menarik dan lengkap di https://www.cekaja.com/info/bisnis-coworking-space-persiapkan-5-hal-ini/.

Silakan berikan tanggapannya ya, sahabat. Terima kasih.

4 comments:

  1. Replies
    1. Kembali kasih mba. Sudah berkenan berkunjung

      Delete
  2. Ku suka main eh kerja di co-working space. Kantornya cakep-cakep, adem, dan lokasi strategis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih emang kerenlah bunda 1 ini. Pengalamannya emang ajib. Besok kalau jumpa saya diajarin juga ya 😃

      Delete

Yuk, kita berdiskusi di sini ☺💕. Terima Kasih.

Karya Antologiku

My Community

Teman-Teman SehatiQ