Mari Masuki Dunia Parenting, Inspirasi, dan Hiburan

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Kore a). Kalau k...

Enggak Nyangka, 8 Obat Alami Ini Ampuh Atasi Sakit Darah Tinggi

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Kalau kemarin sudah menulis tentang penyakit diabetes, hari ini mau membahas tentang penyakit darah tinggi. Penyakit darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang patut ditangani secara intensif. Biasanya dokter menganjurkan untuk mengonsumsi obat darah tinggi secara berkesinambungan untuk menstabilkan tekanan darah. Namun, sebenarnya kamu bisa memilih obat alternatif tanpa kandungan bahan kimia untuk mengatasi penyakit tersebut.

Obat-obatan dari bahan alami tentu minim efek samping dan dapat dikonsumsi dalam jangka panjang. Nah, buat kamu yang merasa sedang mengidap penyakit darah tinggi, tak ada salahnya lo, mencoba 8 obat alami yang ampuh dalam mengatasi sakit darah tinggi. Mau tahu obat apa saja itu? Tetap simak pembahasannya di sini, ya.

Bagi sahabat yang sedang mengalami sakit darah tinggi, bisa lo mencoba mengonsumsi salah satu atau beberapa jenis obat alami berikut ini:

1. Bawang Putih

Kamu bisa jadi enggak menyangka kalau bawang putih bisa menjadi obat darah tinggi yang manjur. Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Cambridge, Inggris, senyawa quercetin yang terkandung dalam bawang putih terbukti ampuh menurunkan tekanan darah. Namun, bila mengonsumsi bawang putih bersamaan dengan obat dokter, maka akan menimbulkan sebuah reaksi yang kurang baik. Jadi, alangkah lebih baik jika kamu mengonsumsi bawang putihnya bertahap sambil menghentikan perlahan-lahan penggunaan obat dokternya terlebih dahulu.

2. Seledri

Seledri adalah obat darah tinggi alami yang sudah sering dimanfaatkan banyak orang. Senyawa phthalide dalam seledri terbukti dapat mengendurkan dinding pembuluh arteri sehingga dapat membuat tekanan darah menjadi lebih stabil. Sekarang, mayoritas orang mengonsumsi seledri dengan cara dijus. Namun, kamu bisa mencoba cara lain bila tidak tahan dengan aromanya yang khas. Seledri juga bisa ditambahkan ke dalam aneka makanan dalam jumlah banyak supaya tubuhmu dapat memperoleh manfaatnya untuk kesehatan.

3. Kapulaga
Kapulaga ini merupakan salah satu bumbu masakan yang populer dan sering digunakan di India. Ternyata, kapulaga juga dapat berperan sebagai obat darah tinggi alami bila dikonsumsi dengan porsi seimbang. Menurut suatu penelitian kesehatan, mengonsumsi 3 gram kapulaga per hari selama 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah. Selain bisa digunakan untuk bumbu masakan, kapulaga juga bisa dijadikan bahan dasar teh rempah yang sehat.

4. Kayu Manis
Selain kapulaga, ternyata kayu manis juga baik untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Ekstrak kayu manis kerap diberikan melalui suntikan agar lekas masuk ke tubuh. Namun, kamu juga bisa mengonsumsinya secara langsung, untuk menjaga tekanan darah. Bubuk kayu manis dapat digunakan dalam aneka minuman dan makanan. Tak hanya sehat, tambahan kayu manis ini juga akan memberikan aroma khas yang dapat menggugah selera.

5. Minyak Ikan

Minyak ikan ternyata tidak cuma baik bagi anak-anak, hehehe. Minyak ikan yang mengandung banyak omega 3 ini baik untuk tekanan darah. Asupan omega 3 dalam tubuh, dapat mencegah penumpukan lemak di pembuluh darah sehingga resiko komplikasi darah tinggi bisa diminimalisir. Pastikan kalau kamu memilih produk minyak ikan berkualitas yang terbuat dari bahan-bahan alami, agar khasiatnya sebagai obat darah tinggi semakin maksimal.

6. Jahe

Minuman yang katanya menjadi salah satu sajian minuman di surga ini, ternyata tak sekedar efektif sebagai bahan makanan penghangat tubuh. Lebih dari itu, jahe juga dapat memperlancar sirkulasi darah serta membuat otot-otot di sekitar pembuluh darah menjadi rileks. Konsumsi jahe sebagai obat darah tinggi bisa dilakukan dengan mudah karena jahe dapat dicampurkan ke dalam aneka makanan dan minuman.

7. Flaxseed
Flaxseed atau biji rami ini adalah sejenis biji-bijian yang memang belum terlalu di kenal banyak orang. Namun, flaxseed memiliki manfaat baik untuk menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi flaxseed dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang sering menyebabkan pengerasan pembuluh darah. Jika kondisi pembuluh darah senantiasa baik dan rileks, resiko darah tinggi pun dapat diminimalkan.

8. Delima

Delima sudah dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan antioksidan tinggi. Tak sekadar kaya antioksidan, ternyata delima juga mengandung senyawa punicalagin yang efektif mendukung kesehatan jantung. Senyawa Punicalagin ini dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam darah dan mencegah risiko pengerasan pembuluh darah. Konsumsi buah delima secara teratur sangat ampuh menjaga keseimbangan tekanan darah. Biji-biji delima bisa dimanfaatkan untuk campuran salad buah atau membuat teh.

Itulah 8 obat alami yang mungkin tidak kamu sangka-sangka ternyata ampuh dalam mengatasi sakit darah tinggi. Jadi, buat sahabat yang sedang mengalami sakit darah tinggi, obat-obat alami di atas bisa menjadi salah satu solusi atau jawaban selain mengonsumsi obat dari dokter. Ternyata, ada banyak pilihan obat darah tinggi alami yang bisa kamu konsumsi secara teratur, kan?

Jika ingin tahu informasi lain tentang makanan sehat untuk penderita darah tinggi, kamu bisa mendapatkannya melalui link ini:

Tak hanya peduli soal literasi finansial, CekAja.com juga peduli terhadap kesehatanmu. Dapatkan berbagai informasi lengkap seputar kesehatan dengan mengakses website CekAja.com sekarang juga.

0 coment�rios:

Yuk, kita berdiskusi di sini ☺đź’•. Terima Kasih.

Karya Antologiku

My Community

Teman-Teman SehatiQ