Mari Masuki Dunia Parenting, Inspirasi, dan Hiburan

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea). Kalau ...

Penyakit Diabetes itu Menular atau Tidak, Ya?


Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Kalau 2 hari kemarin sudah membahas tentang bisnis, kali ini lithaetr mau mencoba menulis tentang kesehatan, yaitu tentang penyakit diabetes. Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Penyakit yang dianggap menakutkan ini, kini tumbuh subur dan menjadi momok di negara kita. Mengetahui hal tersebut tentu membuat kita takut dan berharap jangan sampai menderita penyakit ini. Tapi siapa yang menyangka, kalau penyakit diabetes ini dapat menyerang siapa saja.

Apalagi ditambah dengan pola hidup masyarakat Indonesia saat ini yang semakin tidak sehat, membuat penyakit diabetes lebih mudah menghampiri siapa saja tanpa mengenal usia. Kemudian pertanyaan yang sering muncul di benak orang-orang, khususnya yang memiliki keluarga atau kerabat dengan riwayat penyakit diabetes, yaitu apakah penyakit ini menular atau tidak, ya? Mau tahu jawabannya? Silakan simak saja tulisannya di sini.

Memang wajar bagi keluarga atau kerabatnya yang memiliki riwayat penyakit ini menjadi khawatir. Tapi jawaban bagi pertanyaan di atas adalah penyakit diabetes tidak menular. Tapi ada beberapa catatan penting bagi yang anggota keluarga maupun kerabat dekatnya memiliki riwayat penyakit yang satu ini maupun tidak. Apa sajakah itu?

Yang pertama adalah Mengetahui Mitos atau Fakta tentang Penyakit Diabetes.

Banyak orang mengenal diabetes dengan berbagai kisah yang dialami dan berbagai cerita yang didengar. Hal ini tentu saja menimbulkan opini yang terlanjur berkembang di masyarakat, salah satunya adalah mengenai penularan penyakit diabetes ini sendiri. Padahal faktanya, penyakit diabetes ini tidak menular. Oleh karena itu, untuk mencegah beberapa opini yang berkembang di masyarakat yang belum tentu kebenarannya, tidak ada salahnya kalau kita mengkonfirmasi benar atau tidaknya terlebih dahulu, sehingga di masa mendatang kita tidak salah lagi dalam menerima informasi lagi.

Inilah beberapa contoh opini yang belum tentu tepat kebenarannya seperti penyakit diabetes dapat menular melaluli air liur kontak fisik, komunikasi langsung, dan jarum suntik. Supaya lebih jelas, memang sebaiknya mengkonsultasikannya kepada ahlinya yaitu dokter. Namun, sekali lagi perlu digaris bawahi bahwa penyakit diabetes tidak menular.

Catatan kedua yang perlu kita ketahui adalah Sadari Gejalanya dengan Cepat, sehingga bisa Mendapatkan Penanganan yang Tepat.

Jika saat ini kamu hidup dengan tenang, tanpa ada beban yang dirasakan, tidak ada salahnya juga lo, kalau memeriksakan kondisi kesehatanmu dan keluarga secara rutin. Hal ini sangat berguna untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh maupun penularan penyakit tertentu dari luar tubuh. Dalam menanggapi penyakit diabetes yang menyerang banyak masyarakat Indonesia, kita perlu tahu lebih dulu apa sih gejala awal penyakit diabetes ini?

Meskipun terdapat beberapa jenis penyakit diabetes, tapi secara umum gejala yang ditimbulkan dan nampak adalah sama, seperti mudah merasa lelah, pandangan sering kabur, cepat haus walaupun sudah banyak minum, berat badan yang menurun, dan sering buang air kecil yang tidak wajar. Meskipun penyakit diabetes ini tidak menular, namun menyadari gejala dengan cepat tentu akan segera mendapatkan penanganan yang tepat dan mengurangi resiko penyakit menjadi kronis.

Poin ketiganya adalah Penyakit Diabetes Tidak Benar-Benar Tidak Menular.

Bagaimanakah maksudnya? Memang cukup menarik untuk dibahas kalimat ‘penyakit diabetes tidak benar-benar tidak menular’. Namun jika kita membacanya berulang-ulang, tentu akan mengetahui maksudnya. Sekali lagi dinyatakan bahwa penyakit diabetes tidak menular, tapi bagi kamu yang memiliki keluarga atau kerabat dengan riwayat penyakit tersebut, akan memiliki resiko terserang penyakit yang sama lebih besar daripada mereka yang tidak.

Kemudian penularan penyakit diabetes itu berbeda dengan penyakit lainnya yang dapat menyebar melalui kontak fisik. Penyakit ini dapat menular melalui pola hidup manusia yang tinggal bersama dalam kurun waktu yang lama. Dapat diumpamakan seperti ini, apabila seorang ayah menderita diabetes, kemungkinan besar, anaknya pun akan terserang penyakit yang sama karena pola hidup yang mereka lakukan sama. Bahkan bisa jadi cara menjaga kesehatan, kebersihan, dan pandangan terhadap hidupnya pun sama, termasuk dalam memutuskan jenis makanan yang akan dikonsumsi bersama-sama. Oleh karena itu, perlu disadari sejak dini untuk menjaga pola hidup sehat dan saling mengingatkan antar sesama anggota keluarga maupun kerabat di sekitar kamu, agar tidak tertular penyakit diabetes.

Lalu poin keempat yang juga penting adalah Penyakit Diabetes Tidak Menular, tapi Tetap Harus Diperangi.

Meskipun penyakit diabetes tidak menular, namun penyakit ini harus diperangi. Jangan sampai orang-orang terkasih kita, menderita penyakit ini. Sebab ada jenis diabetes yang tidak dapat disembuhkan dan harus benar-benar menjaga pola hidup yang sesuai dengan ajuran dokter. Selain itu apabila terserang suatu penyakit, bukan hanya diabetes saja, tentu akan mengeluarkan biaya untuk pengobatan yang tidak dapat kita kira sebelumnya besaran jumlah nantinya.

Biasanya kebanyakan orang kurang mempersiapkan diri mengenai kesehatan mereka dalam jangka waktu yang lama. Selain harus memerangi penyakit supaya tidak hinggap pada tubuh kita, kita juga harus mempersiapkan diri secara finansial guna menyelesaikan permasalahan yang datang tanpa kita duga, walaupun kita tetap berharap supaya tidak terjadi hal yang buruk menimpa dalam kehidupan ini. Maka tidak ada salahnya jika anda memanfaatkan cekaja.com untuk mencari informasi lebih mendalam.

Semoga informasi di atas cukup bermanfaat untuk diingat dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Walaupun saat ini kita sehat sekalipun, kita perlu menjaga dan tidak ada salahnya untuk periksa. Mari menjaga pola hidup sehat, sehingga dapat menjadi teladan bagi orang-orang disekitar anda. Jangan biarkan penyakit diabetes datang dan menyerang. Selamat berperang. https://www.cekaja.com/info/penyakit-diabetes-ini-3-kebiasaan-sederhana-untuk-mencegahnya/

2 comments:

  1. informatif mbak, diabetes memang ga menular, yang menular adalah gaya hidup sumber diabetes, jd memang gaya hidup harus diubah biar ga terkena penyakit ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkenan mampir ya kakak (n_n)

      Delete

Yuk, kita berdiskusi di sini ☺đź’•. Terima Kasih.

Karya Antologiku

My Community

Teman-Teman SehatiQ