Mari Masuki Dunia Parenting, Inspirasi, dan Hiburan

5 Cara Mudah Agar Kita Tidak Gugup Bicara di Depan Umum ala Lithaetr Assalamualaikum sahabat lithaetr, mari masuki dunia parenting, insp...

5 Cara Mudah Agar Kita Tidak Gugup Bicara di Depan Umum ala Lithaetr

Cara mudah hilangkan gugup
5 Cara Mudah Agar Kita Tidak Gugup Bicara di Depan Umum ala Lithaetr
Assalamualaikum sahabat lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

MasyaAllah, gara-gara mba Steffi Fauziah, yang sudah mencolek diri saya di dalam tulisan blognya yang keren. Jadilah, saya merasa perlu mengutarakan aliran rasa (istilah dalam Ibu Profesional untuk kesan dan pesan), tentang bagaimana cara agar kita tidak gugup berbicara di depan umum.
tips atasi grogi saat di atas panggung
Mini Workshop Penulis yang Produktif
Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 8 Maret, saya diberikan kesempatan oleh mba Steffi yang seorang lifestyle blogger dan tim Sekretariat Prisma Masjid At-Tin, untuk berbagi ilmu seputar kepenulisan. Alhamdulillah, acara tersebut berjalan dengan lancar, asyik, seru, dan semoga bermanfaat.

Mba Steffi sempat menyinggung soal kelihaian saya dalam berbicara di depan umum, padahal bukanlah saya yang ahli melainkan beliaulah nan keren, jadilah saya terlihat hebat.

Tapi, jikalau sahabat tetaplah penasaran bagaimana sih, caranya agar tidak gugup atau grogi berbicara di depan umum? Terusin bacanya, ya sahabat.


Awal mula menjadi pembicara di depan umum, karena guru ngaji saya yang memintanya. Beliau meminta bantuan untuk berbagi ilmu seputar bagaimana cara mengasuh dan mendampingi anak-anak, kalau bahasa kerennya dunia parenting.
cara atasi gugup
Kajian Parenting
Waktu mendapat tawaran itu, jujur saya kaget, sebab saya merasa ilmu pengetahuan saya masih sangat kurang. Tapi, guru mengaji saya meyakinkan saya kalau saya pasti bisa dan mampu. Akhirnya, saya meminta waktu untuk berpikir terlebih dahulu.

Hal yang pertama kali saya lakukan adalah berdoa dan bertanya sama Allah Swt. Intinya meminta petunjuk dan diberikan kemudahan sambil meminta nasihat dari orang-orang terpenting dalam hidup saya seperti suami dan orang tua.

Itulah cara pertama saya setiap kali mendapat tawaran untuk mengisi atau diajak sebagai pembicara atau narasumber. Setelah saya merasa yakin, mantap, dan mampu bisa, Insyaallah saya akan menerima tawaran untuk menjadi narasumber.
cara mudah berani tampil di depan umum
Contoh Materinya
Lalu, cara keduanya adalah mulai mempersiapkan diri untuk setidaknya paham dengan materi yang akan dibawakan.

Untuk mempersiapkan materi ini saya biasanya banyak membaca, kemudian melakukan atm (amati, tiru, dan modifikasi). Buatlah materi dari apa yang paling kita ketahui dan pahami lebih dahulu, sehingga saat menjelaskan ke orang lain, kita tahu isi pembicaraannya.

Cara yang ketiga adalah berlatih berbicara. Cara latihannya kalau saya bisa saat bercermin, mandi, masak, mencuci piring, baju, dan lain sebagainya. Intinya curilah waktu untuk berlatih berbicara terlebih dahulu.

Cara keempatnya, datanglah lebih awal ke lokasi tempat kita diundang sebagai narasumber. Hal ini dimaksudkan agar kita bisa melihat, mempelajari, dan mempersiapkan diri untuk tampil di situ.

Poin keempat ini penting bagi saya agar tidak demam panggung. Setidaknya saya mencoba duluan berdiri di depan kursi kosongnya dulu atau melihat sekitar, dan mulai membaca kembali materi yang akan saya berikan sekilas.
tips berani tampil depan umum
Berbicaralah seperti teman
Kemudian yang kelima adalah berbicaralah seperti dengan teman. Saat di atas panggung atau di depan umum, yang bikin gugup atau grogi adalah melihat muka orang-orang yang tidak kita kenal, betul?

Nah, cara saya menyiasatinya adalah dengan berkenalan terlebih dahulu. Sebagai awalan saya memperkenalkan diri duluan, lalu baru bertanya kepada audience. Contoh: "MasyaAllah, melihat wajah para wanita cantik di sini masih muda-muda, boleh tahu siapa nama dari wanita yang menggunakan baju warna hitam yang duduk di depan saya persis?"

Begitulah kira-kira basa-basi awal perkenalannya. Bila kita mengenal dan menganggap audience sebagai teman, Insyaallah rasa grogi atau gugup akan mulai pudar.

Itulah 5 cara mudah ala saya atau Lithaetr agar tidak gugup saat bicara di depan umum. Saya tunggu tanggapannya ya, sahabat. Terima kasih sebelumnya, karena sudah berkenan berkunjung ke blog sederhana saya ini.

0 coment�rios:

Yuk, kita berdiskusi di sini ☺đź’•. Terima Kasih.

Karya Antologiku

My Community

Teman-Teman SehatiQ