Yuk, Edukasi Anak tentang Corona dengan 5 Langkah Ini

Corona
Yuk, Edukasi Anak tentang Corona dengan 5 Langkah ini

Assalamualaikum sahabat lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Corona itu,

Sejak diumumkan secara resmi oleh pemerintah, kalau Indonesia termasuk negara yang terjangkit virus Corona atau covid-19, banyak orang yang merasa takut dan panik. Hal tersebut wajar, sebab virus ini termasuk salah satu virus berbahaya dan cepat penularannya.
Menurut kompas.com (16/03/2020), jumlah pasien positif virus corona atau covid-19 di Indonesia sudah sebanyak 117 kasus. Yang sudah sembuh 8 kasus dan yang meninggal ada 5 kasus.
virus corona
Gambar: CNN Indonesia

Melihat dari data tersebut, menurut saya rasa takut dan panik bukanlah sebuah solusi. Yang perlu kita lakukan kini adalah kegiatan-kegiatan nyata untuk memberikan pengetahuan tentang virus berbahaya ini, apalagi saya adalah ibu dari 3 anak, saya merasa perlu untuk mengedukasi mereka.

Lalu, bagaimana agar mereka mengerti tentang bahaya virus corona dan cara mencegahnya? Ada beberapa langkah yang saya lakukan, agar anak-anak mengenal dan tahu kalau mereka harus menjaga kesehatan serta kebersihan. Mau tahu caranya? Simak terus di sini, ya.

Di beberapa daerah termasuk Jakarta, sekolah sudah mulai diliburkan mulai hari Senin (16 Maret 2020). Hal ini menjadi pertanyaan bagi anak saya, sebab si sulung memang senang sekali sekolah. Jadilah, bundanya ini harus menjelaskan situasi yang sedang terjadi saat ini yaitu ada virus berbahaya bernama Corona sedang berkeliaran. Bagi anak-anak yang masih berusia di bawah 7 tahun, mereka berpikir kalau virus itu mirip penjahat atau pencuri. Jadilah ini yang saya lakukan agar anak-anak teredukasi tentang virus corona,

Inilah cara mengedukasi anak-anak tentang corona,

1] Edukasi apa itu virus?

Covid-19
Gambar: instagram.com/watiekideo

Mengedukasi anak-anak tentang adanya makhluk yang bernama virus. Makhluk ini bentuknya kecil dan tidak bisa dilihat oleh mata, sehingga kita harus lebih hati-hati.

2] Virus ini bisa hidup di mana saja

Indonesia darurat corona
Gambar: CNN Indonesia

Karena virus itu tidak kelihatan, kita tidak tahu dia ada di mana, sebab virus ini juga bisa hidup di mana saja. Jadi, sebaiknya mulailah kita berjaga-jaga dengan kebersihan diri dan lingkungan.

3] Yuk, jaga kebersihan diri

watiek ideo
Gambar: instagram.com/watiekideo

Setelah tahu kalau ada makhluk kecil berbahaya, ajarkan anak-anak untuk menjaga kebersihan diri seperti rutin cuci tangan.

Indonesia tanggap corona
Gambar: CNN Indonesia

Menutup mulut ketika bersin atau batuk.

4] Ingatkan waktu-waktu kapan anak-anak harus cuci tangan dan menutup mulutnya

Lawan Corona
Gambar: CNN Indonesia

Anak-anak yang berusia di bawah 7 tahun, memang masih butuh pijakan dan pemberitahuan yang diulang-ulang. Ingatkan selalu, agar anak-anak mulai terbiasa untuk menjaga kebersihan diri serta lingkungan.

5] Berikan contoh

Nadiem Makarim
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, Gambar: instagram.com/watiekideo

Edukasi yang paling penting bagi anak-anak adalah contoh langsung dari orang-orang terdekatnya, khususnya orang tua. Jika mereka terbiasa melihat orang tua menjaga, insyaallah anak-anak juga akan lebih mudah teredukasi.

Itulah 5 langkah ala saya, lithaetr, dalam mengenalkan anak-anak dengan virus corona.
Bisa juga pakai sarana edukasi ini ya,
Kalau sahabat punya cara lain atau menambahkan, silakan ya. Terima kasih.

3 pemikiran pada “Yuk, Edukasi Anak tentang Corona dengan 5 Langkah Ini”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.