5 Kreasi Ecobrik Botol Bekas yang Bisa Jadi Seru-seruan Saat di Rumah Saja

ecobrik
 

5 Kreasi Ecobrik Botol Bekas yang Bisa Jadi Seru-seruan Saat di Rumah Saja

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).
 
Kira-kira diantara sahabat, siapa yang sudah mulai mati gaya dan kehabisan ide, ketika membersamai buah hati di rumah? Kalau sudah ada yang mulai kehabisan ide dan mati gaya, bagaimana kalau nyobain kegiatan seru yang satu ini, yaitu berkreasi ecobrik dengan botol bekas. Mengapa harus berkreasi ecobrik, sih? Sebab, bila kita berkreasi dengan ecobrik, kita bisa mengajarkan anak-anak untuk menjaga kebersihan, dengan mendaur ulang sampah plastik. Selain itu, kegiatan ini juga termasuk aktivitas yang sedang menjadi tren beberapa tahun belakangan.
 
Hah … masa iya?
 

Sekilas tentang ecobrik,

Menurut cnnindonesia.com (01/07/2019), ecobrik jadi cara paling populer bagi orang-orang yang ingin mendaur ulang sampah. Tren ecobrik di dunia melonjak dalam beberapa tahun ke belakang, karena gerakan masyarakat yang tak ingin lingkungannya tercemar.
 
Sebenarnya apa sih, ecobrik itu? Secara harfiah, ecobrik ini berarti bata ramah lingkungan. Kegiatan ecobrik inilah yang dianggap sebagai salah satu cara pemanfaatan limbah plastik yang mudah dan efisien. Jadi, kegiatan inilah yang paling bisa kita lakukan saat di rumah saja bersama anak-anak. Emang kreasi apa saja sih, yang bisa kita buat dari botol bekas ini? Yuk, simak terus ulasannya di sini.

Memiliki tiga anak yang usianya masih dibawah 7 tahun dan jarak usianya berdekatan, sering membuat saya kewalahan untuk mencari ide permainan sekaligus pembelajaran bagi mereka. Oleh karena itu, saya lebih memilih belajar lewat keseharian dan dari lingkungan sekitar atau alam. Salah satunya adalah memanfaatkan benda-benda yang masih bisa dipakai untuk berkreasi, seperti botol bekas. Dari botol-botol bekas ini, kita bisa membuat berbagai macam kreasi ecobrik, lo.

Kreasi ecobrik

Kalau anak-anak saya sih, suka banget kalau kita membuat:
 

1. Menghias botol bekas

 
Kegiatan menghias botol bekas adalah aktivitas favorit anak-anak. Mengapa? Sebab, kegiatan ini mudah dilakukan dan mereka bisa berkreasi apa saja. Mulai dari menggunting, memotong, menempel, mewarnai, memasukkan benda-benda ke dalam botol, dan lain sebagainya. Anak-anak bisa berkreasi dengan membuat tempat pensil, alas untuk peralatan makan, alat untuk mewarnai, melukis, membuat hiasan atau pajangan, lampion, dan lain-lain. Di bawah ini ada contoh hiasan atau pajangan dan lampion yang bisa dibuat oleh anak-anak,
kreasi botol bekas
Hiasan atau Pajangan
ecobrik
Lampion Botol Bekas, Gambar: rumahmesin.com

2. Membuatnya sebagai mainan

 
Anak saya yang laki-laki sangat suka sekali beraktivitas dengan fisik, seperti bermain bola, berlari, naik sepeda, dan lain sebagainya. Nah, kegiatan ecobrik yang saya lakukan adalah menyusun botol-botol bekas tersebut dengan bentuk-bentuk tertentu, seperti membentuk garis lurus dan zig zag. Hal ini dimaksudkan agar di saat anak laki-laki saya melakukan kegiatan fisiknya, dia harus melewati ecobrik tersebut yang berfungsi sebagai rintangan. Kalau dia menjatuhkannya, maka dia gagal dan harus mengulang kembali dari awal.
 
Terkadang, saya pun menggunakan botol-botol bekas untuk pion-pion bermain bowling seperti ini,
kreasi ecobrick
Bermain Bowling dengan botol bekas

3. Membuatnya sebagai pot tumbuhan dan bunga

 
Permainan yang paling disenangi anak-anak adalah bermain kotor-kotoran dan air. Kegiatan ecobrik yang paling cocok untuk bisa melakukan kedua aktivitas itu adalah membuat pot. Inilah hasil pot yang bisa kita buat dari botol-botol bekas,
ecobrick
Pot dari Botol Bekas, Gambar: gramho.com/explore-hashtag/limbahbotol

4. Membuat celengan

 
Kalau anak-anak tahun 90-an pasti masih ingat dengan celengan ayam yang fenomenal. Tapi buat anak-anak generasi digital, akan lebih seru kalau buat celengannya pakai botol bekas, kayak gini,
kreasi sampah plastik
Celengan

5. Jadikan sebagai tempat sampah portabel

 
Enggak ada salahnya kok, menjadikan botol bekas menjadi tempat sampah portabel, caranya potong botol plastik menjadi dua bagian. Kemudian, tutuplah bagian botol plastik yang telah terpotong dengan menggunakan karet balon dan bolongilah karet balon tersebut di bagian tengahnya sedikit. Celah tersebutlah yang digunakan untuk memasukkan sampah.
Itulah 5 kreasi ecobrik dari botol bekas yang bisa kita buat bersama anak-anak. Mudah kan, cara membuatnya? Pastinya, kegiatan ini bisa buat seru-seruan saat di rumah saja seperti sekarang. Kalau diantara sahabat ada yang sudah pernah membuatnya, silakan sharing ceritanya di kolom diskusi ya, terima kasih.

37 pemikiran pada “5 Kreasi Ecobrik Botol Bekas yang Bisa Jadi Seru-seruan Saat di Rumah Saja”

  1. Wah aku pernah juga buat pot bunga dr botol bekas gini. Trus q lapisi pke kain goni biar ala ala anak instagram terlihat aestetik. Hhh
    Trus pas semster lalu bareng anak2 kelas membuat celengan dr botol bekas juga mbak. Anak2 senang dan jd rajin nabung..

    Balas
  2. Dulu, anak-anak paling suka menjadikan botol bekas menjadi mainan bowling. Kalau sekarang, kan udah pada gede, jadinya lebih suka main bowling betulan, hehehe. Kalau emaknya, biasa memanfaatkan botol bekas buat nyimpan sampah plastik untuk ecobrik.

    Balas
  3. Masya Allah. Jadi cantik banget botol bekasnya. Padahal aku punya banyak banget botol bekas sisa dari minuman anak-anak. Mudah-mudahan nanti bisa dibuat kayak gini. Lebih bermanfaaat. Makasih infonya, Mbak 🙂

    Balas
  4. Alhamdulillah ya, Bun kalau bisa bermanfaat. Ayo Bun, buat kreasi yang lebih seru lagi bersama ananda ☺. Soalnya saya juga masih ngulik lagi biar bisa tambah seru

    Balas
  5. Waahh kerenn2 banget ka botol bekas di sulap jadi barang yang bermanfaat, itu keren banget apalagi hiasan lampionnya, kalo yang botol dijadiin pot tanaman baru aja kemarin aku nemenin ponakan bikin tugas dari sekolah menanam menggunakan botol bekas hehe

    Balas
  6. Memang kreasi ecobrick ini beberapa tahun kebelakang lagi ngetrend ya, di sekolah-sekolah pun sekarang banyak banget yang menjadikannya sebagai salahsatu bab mata pelajaran. Seru juga ya kalo kita bisa membuat ecobrick di rumah bareng anak, makasih idenya Mbak 🙂

    Balas
  7. Keren kreasi lampion dari botol-botol bekas. Bisa dibuat celengan lucu juga. Kalau saya sudah tidak ada sampah botol air mineral karena ke mana-mana selalu bawa tumbler 🙂

    Balas
  8. Wah, ternyata banyak banget ide untuk memanfaatkan botol bekas ya mbak. Bisa buat seseruan juga sama anak-anak nih. Pengen coba melukis di botol ah. Oiya, saya Pernah juga lihat bahkan ecobrick itu bisa untuk pondasi rumah. Keren ya kalau emang beneran.

    Balas
  9. Aih mantap, Bun. Sudah pas lah, itu. Memang harus bawa minuman sendiri ke mana-mana. Botol-botol bekas ini juga jarang sekali ada, cuma kalau pas memang kebetulan beli, ya berkreasi seperti ini, deh ☺

    Balas
  10. Ternyata banyak hal yang bisa dilakukan dengan botol bekas ya. Saya aja baru tahu istilah Ecobric setelah membaca artikel ini. Kudet…kudet….kudet. Biasanya botol bekas kalau sudha selesi dipakai tinggal di remet, dan buang. Nggak kepikiran untuk digunakan hal-hal lain. thanks inspirasinya.

    Balas
  11. Luar biasa idenya bund. Seru kalau dilakukan dg anak-anak. Mulai besok sy mau kumpulin botol bekas, biar anak-anak ada mainan baru. Buat celengan juga keknya lucu deh. Izin save ya bund.

    Balas
  12. Masya Allah, idenya unik mbak. Pengin bikin yang untuk lampu hias. Buat main sama anak juga seru kali ya… Aku masih sering pakai botol bekas buat nanem tanaman sih… Tapi nggak ada salahnya buat coba yang lain. Makasih inspirasinya mbak…

    Balas
  13. Saya termasuk yang kurang kreatif, hehe soalnya enggak kepikiran buat beginian. Hiasan dari botol bekas bisa cantik begitu, ya. Paling gampang jadiin bola bowling. Makasih udah sharing, Mbak Litha

    Balas
  14. Alhamdulillah banyak temen-temen blogger parenting yang share kegiatan seru yang bisa dilakukan di rumah. Jadi begitu ide mulai habis, mulai blogwalking, liat-liat… Dan modifikasi idenya, terapkan di rumah udah dehhh…

    Balas
  15. wah mba setahuku ecobricks itu botol plastik yang udah keiisi penuh dan padat dengan plastik bekas yang sudah digunting kecil-kecil. Saking padatnya botol plastik ini jadi semacam bata, makanya namanya ecobricks. Sama kaya penjelasan mba di awal, bata ramah lingkungan, hehe.

    Biasanya setahuku kreasi ecobricks itu bisa buat ambalan, rak, juga kursi semacam dingklik gitu sih mba 🙂

    Balas
  16. Sampah pelastik memang asyik untuk didaur ulang karena bisa dibuat apa saja. Salah satunya untuk memberikan edukasi pada anak, dengan berkarya dan kreatifitas memanfaatkan botol pelastik. Yang paling seru kayanya main kotor-kotoran karena anak-anak banget.

    Balas
  17. Iya mba betul sekali. Ecobriks untuk yang kreasi sebenarnya memang untuk membuat furniture atau rumah ramah lingkungan atau taman bermain. Saya hanya mencoba mengenalkan terlebih dahulu tentang memanfaatkan sampah dan apa itu ecobrick buat mereka.

    Balas
  18. saya juga sering kumpulin botol bekas, pengennya dibuat kreasi juga tapi ini masih numpuk aja belum kejamah, huhuh, sok sibuk banget deh.
    noted nih ide kreasi ecobrik botolnya Mbak, makasih ya 🙂

    Balas
  19. Saya malah baru tahu istilah ecobrik ini. Idenya bagus juga nih. Daripada botol bekasnya berakhir di tong sampah mending disulap ya Mbak seperti yang Mbak contokan di atas. Jadi tertarik mau praktik hiasi botol bekas juga.

    Balas
  20. Kembali kasih, Bun. Emang kalau baru malas saya juga numpuk, Bun. Tapi begitu semangat ya, abis lagi udah buat dipotong-potongin dan dibuat kreasi sama anak-anak. Kadang jadi bagus, kadang enggak berwujud, hahahaha.

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.