5 Bahasa Asing yang Ingin Lithaetr Pelajari

5 Bahasa Asing yang Ingin Lithaetr Pelajari

bahasa asing
Gambar dari liputan6.com

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

 

Pentingnya belajar bahasa asing

Sebagai seorang hamba dan makhluk dari Sang MahaKuasa, kita mengetahui kalau Allah Swt. itu Maha Mendengar. Sang Pencipta, menciptakan berbagai macam makhluk dengan beragam bahasanya. Hanya Dia-lah yang Maha Mengetahui setiap bahasa dari setiap makhluknya. Subhanallah, Maha Benar Allah dengan segala Firman-Nya.

Sejak duduk di bangku sekolah, saya sudah mengetahui kalau mempelajari bahasa asing (selain bahasa ibu atau asli) itu penting. Hal tersebut dikarenakan beberapa alasan. Diambil dari liputan6.com (25/1/2017), dalam dunia moderen seperti sekarang, bisa berbahasa asing menjadi salah satu hal penting, khususnya dalam berkomunikasi. Dengan menguasai bahasa asing, maka kita juga dapat dikatakan menguasai dunia.

Oleh karena itu, saya mencoba membuat daftar bahasa asing apa saja, yang ingin saya pelajari. Ternyata ada 5 bahasa asing yang ingin saya pelajari. Mau tahu apa sajakah itu? Tetap terusin bacaanya di sini, ya.

Bahasa asing yang ingin saya pelajari beserta alasannya

Setelah menikah dan menjadi ibu, saya merasa kurang sekali soal ilmu agama. Oleh karena itu, saya ingin sekali belajar bahasa asing yang satu ini, karena menjadi bahasa asli agama saya.

belajar bahasa asing
Gambar dari pixabay.com/users/wokandapix-614097/

1) Bahasa Arab

Lewat Hadits dan Alquran, sudah disinggung kalau mempelajari Bahasa Arab ini wajib bagi setiap muslim. Hal tersebut terdapat dalam hadits berikut ini,

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Aku tinggalkan sesuatu bersama kalian, jika kamu berpegang teguh padanya, kalian tidak akan tersesat selama-lamanya yaitu Kitabullah dan Sunnahku.” (HR. Imam Malik dalam Al-Muwaththa’ 2/899).

Lalu dalam surah Yusuf ayat 2, Allah berfirman,

“Sesungguhnya Kami telah jadikan Alquran dalam bahasa Arab supaya kalian memikirkannya.” (QS. Yusuf [12]: 2)

Ibnu Katsir rahimahullah berkata ketika menjelaskan ayat di atas,

”Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas, dan paling banyak pengungkapan makna yang dapat menenangkan jiwa. Oleh karena itu, kitab yang paling mulia ini (yaitu Alquran, pen.) diturunkan dengan bahasa yang paling mulia (yaitu bahasa Arab, pen.).”

Oleh karena itu tidak perlu diragukan lagi, memang sudah seharusnya bagi seorang muslim untuk mencintai bahasa Arab dan berusaha menguasainya. Hal ini ditegaskan oleh firman Allah Ta’ala,

“Dan sesungguhnya Alquran ini benar-benar diturunkan oleh Pencipta Semesta Alam,  dia dibawa turun oleh Ar-ruh Al-Amin (Jibril) ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan, dengan bahasa Arab yang jelas.” (QS. Asy-Syu’ara [26]: 192-195)

Syaikh Abdurrahman As-Sa’di rahimahullah berkata ketika menjelaskan ayat di atas,

Bahasa Arab adalah bahasa yang paling mulia. Bahasa Rasul yang diutus kepada mereka dan menyampaikan dakwahnya dalam bahasa itu pula. Bahasa yang jelas dan gamblang. Dan renungkanlah bagaimana berkumpulnya keutamaan-keutamaan yang baik ini. Alquran adalah kitab yang paling mulia, diturunkan melalui malaikat yang paling utama, diturunkan kepada manusia yang paling utama pula, dimasukkan ke dalam bagian tubuh yang paling utama, yaitu hati, untuk disampaikan kepada umat yang paling utama, dengan bahasa yang paling utama dan paling fasih yaitu bahasa Arab yang jelas.”

Landasan itulah, yang membuat saya juga ingin mempelajari bahasa asing paling mulia tersebut.

2) Bahasa Inggris

Sudah menjadi rahasia umum, kalau bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang digunakan hampir di seluruh dunia. Oleh sebab itulah, saya tetap merasa perlu untuk mempelajari Bahasa Inggris.

Sebuah lembaga kursus bahasa asing, yang mengkhususkan belajar bahasa Inggris mengatakan, dimana pun kita berada, pasti ada orang atau hal lain yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi. Paling tidak 1 dari 5 orang yang kita temui, pasti mengerti dan dapat berbicara dalam bahasa Inggris.

Intinya, kita tidak akan tersesat di mana pun kita berada selama bisa berbahasa asing yang satu ini.

bahasa asing yang wajib dipelajari
Gambar dari pixabay.com/users/geralt-9301/

3) Bahasa Mandarin

Selain bahasa Inggris, bahasa asing inilah yang paling dicari dan potensial saat mencari pekerjaan maupun berbisnis. Iya, bahasa Mandirin menjadi salah satu bahasa asing yang potensial untuk dipelajari.

Sebuah universitas swasta di Indonesia menilai kalau bahasa Mandirin menjadi bahasa yang bisa memudahkan orang ketika mencari pekerjaan. Saat ini China menjadi negara yang tumbuh pesat secara perekonomiannya, sehingga hampir setiap penduduk di suatu negara tertarik untuk mempelajari bahasa Mandarin. Menguasai bahasa Mandirin dengan baik, akan membuat seseorang lebih mudah mencari pekerjaan, tidak hanya di dalam negeri saja, tetapi juga di luar negeri.

4) Bahasa Jerman

Dirilis dari kompas.com (2/4/2013), bahasa Jerman menjadi sangat penting dipelajari karena negara ini memiliki biaya pendidikan yang murah. Selain itu, Jerman juga menawarkan beasiswa dan kesempatan magang bagi mahasiswa dari luar Jerman, sehingga bahasa asing ini menjadi salah satu yang penting untuk dipelajari.

Kalau menurut penulis sendiri, bahasa asing yang satu ini memiliki pelafalan unik nan romantis, sehingga akan indah bila dipelajari lebih jauh.

5) Bahasa Korea

Sahabat Lithaetr, udah pada tahu kalau saya ini penggemar drama Korea (drakor). Salah satu alasan mengapa saya mau mempelajari bahasa asing ini karena saya ingin nonton drakor tanpa harus ketergantungan sama terjemahannya. Kali saja, jika bisa bahasa asing, khususnya Korea bisa ditawarin jadi penerjemah untuk dubbing drakor di televisi, iya kan? Hehehe. Enggak apa-apa kan, mimpi dulu, sebab kesempatan bisa saja datang darimana saja, betul?

bahasa asing yang mudah dipelajari
Gambar dari pixabay.com/users/geralt-9301/

Itulah 5 bahasa asing yang ingin saya pelajari. Nah, kalau sahabat Lithaetr, ada enggak keinginan belajar bahasa asing atau punya pengalaman unik tentang belajar bahasa asing? Silakan dibagikan di kolom komentar, ya. Terima kasih.

 

Sumber referensi:

edukasi.kompas.com/read/2013/04/02/14411548/Ini.10.Bahasa.Asing.yang.Berguna.Dipelajari

www.liputan6.com/lifestyle/read/2826863/ini-manfaat-mempelajari-bahasa-asing

muslim.or.id/31097-pentingnya-mempelajari-bahasa-arab.html

www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/10-alasan-belajar-bahasa-inggris/

student-activity.binus.ac.id/bnmc/2018/04/28/alasan-pentingnya-belajar-bahasa-mandarin/

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.