5 Ahjussi yang Aktingnya Mampu Membuat Kesan Mendalam

5 Ahjussi yang Aktingnya Mampu Membuat Kesan Mendalam

Ahjussi

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

 

Setelah saya menulis syarat memilih aktor favorit ala Lithaetr, kali ini saya mau menulis tentang ahjussi yang aktingnya mampu membuat kesan mendalam.

Apa sih, Ahjussi itu?

Arti Ahjussi dalam bahasa Korea itu paman atau om atau sapaan bagi laki-laki yang sudah paruh baya (usianya sudah di atas 35 tahun) dan tidak memiliki hubungan kekerabatan. Sebab, kalau sapaan paman atau om bagi adik atau kakak laki-laki ibu atau ayah (memiliki hubungan kekerabatan dengan kita), dalam bahasa korea itu samchon.

Namun, karena saya mengartikan Ahjussi agak sedikit berbeda dari arti sebenarnya. Dikarenakan yang saya maksud Ahjussi di sini adalah laki-laki nan memiliki jarak usia yang jauh dengan saya, yaitu berjarak usia sekitar 12 tahun.

Jadi, walaupun banyak aktor atau idol (penyanyi) di Korea yang usianya sudah di atas 35 tahun, tapi kalau jarak usianya tidak terpaut jauh dengan saya maka masih akan saya panggil oppa (kakak laki-laki).

Kok tumben ngomongin Ahjussi, emang ada apa? Sebab saya ingin memberitahukan kalau ada juga Ahjussi yang menarik perhatian saya. Jika melihat mereka berakting, para Ahjussi tersebut bisa menimbulkan kesan mendalam.

Mau tahu siapa saja Ahjussi yang saya maksud? Tetap ikutin terus penuturan saya di sini.

Ahjussi ini biasanya berperan sebagai pemeran pendukung

Di atas sempat saya singgung juga tentang oppa (kakak laki-laki), betul? Nah, biasanya bagi para kdrama (sebutan bagi penggemar drama Korea atau drakor) akut, kalau oppa itu biasanya masih sering tampil jadi pemeran utama atau pemeran pendukung utama.

Sementara kalau Ahjussi ini biasanya berperan sebagai pemeran pendukung atau berperan sebagai pemeran antagonis (tokoh penjahat dalam cerita). Intinya Ahjussi ini sering juga berperan sebagai ayah dari pemeran utama atau orang-orang yang dituakan oleh pemeran utama.

Wajar jika para Ahjussi ini tidak terlalu dilirik oleh para kdrama lovers. Akan tetapi, kalau sudah terbiasa nonton drakor keberadaan para Ahjussi ini bisa banget untuk pendukung kesuksesan cerita. Sebab, kehadiran mereka akan memberikan kesan mendalam bagi para penonton.

Nah, saya punya tuh daftar Ahjussi yang aktingnya mampu memberikan kesan mendalam bagi para penonton drakor. Siapa sajakah mereka?

 

Ahjussi yang aktingnya mampu membuat kesan mendalam

  1. Park Ho San
Ahjussi Park Ho San
Gambar dari asianwiki.com

Park Ho San ini adalah Ahjussi pertama yang aktingnya mampu memberikan kesan mendalam bagi saya. Berperan sebagai Keanu, seniornya psikiater Kim Hae Kyung (diperankan oleh Song Seung Hun) dalam drakor Dinner Mate, membuat saya seketika terkesima.

Park Ho San mampu memerankan tunawisma misterius, padahal dia sedang menutup informasi pribadinya kalau dia adalah seorang psikiater, yang dijebak oleh berita tak benar dari seorang wartawan.

Selain itu, saya juga masih ingat betul aktingnya di drakor My Mister. Berperan sebagai kakak tertua yang dianggap gagal menjadi contoh adik-adiknya karena bercerai dan pengangguran. Walaupun demikian, adik-adiknya tetap menghormati kakak tertuanya, sebab dia selalu ada jika adik-adiknya kesulitan. Park Ho San sukses berperan sebagai kakak yang selalu siap menolong adik-adiknya.

Satu lagi aktingnya Park Ho San yang berkesan mendalam bagi saya yaitu di Prison Playbook atau Wise Prison Life. Ia berperan sebagai narapidana yang cadel, namun jago dalam menipu dan berjudi sekaligus bisa memperbaiki benda-benda sehari-hari, seperti antena, penyeduh minuman hangat otomatis, dan lain sebagainya.

 

  1. Sung Dong Il
Ahjussi Sung dong il
Gambar dari wikipedia.org

Aktor kawakan yang satu ini sering banget muncul di drakor. Sebagai aktor veteran, wajar jika kemampuan aktingnya sudah di atas rata-rata dan mampu memberikan kesan mendalam bagi penonton.

Saya begitu terkesan dengan aktingnya saat menjadi pemeran antagonis di drakor Legend of The Blue Sea, yang dibintangi Lee Min Ho dan Jun Ji Hyun. Satu lagi saya suka aktingnya Ahjussi Sung Dong Il di drakor Hammurabi. Ia mampu berperan sebagai hakim yang selalu mendahulukan keadilan.

 

  1. Jung Woong In
Ahjussi Jung Woong In
Gambar dari asianwiki.com

Satu lagi aktor veteran yang mukanya sering muncul di drakor. Akan tetapi Ahjussi Jung Woong In ini langganan jadi aktor antagonis.

Saya masih ingat betul bagaimana aktingnya saat menjadi penjahat dalam drakor I Can Hear Your Voice, yang juga dibintangi Lee Jong Suk dan Lee Bo Young. Betapa tiap Ahjussi Jung Woong In muncul saya juga ikut ketakutan, hehehe.

Akan tetapi pandangan saya berubah ketika melihat aktingnya dalam drakor Prison Playbook. Jung Woong In berperan sebagai kepala sipir penjara dengan memukau. Dia yang kesannya jutek dan cuek, padahal ia begitu peduli sekaligus ikut memperjuangkan narapida yang sudah menjadi baik.

 

  1. Yoo Jae Myung
Ahjussi Yoo Jae Myung
Gambar dari asianwiki.com

Yoo Jae Myung memberikan kesan mendalam bagi saya saat berperan sebagai Jang Dae Hee, dalam drakor Itaewon Class. Betapa ia begitu mengesalkan, hahahaha.

Tapi perannya sebagai pengacara di Prison Playbook, walaupun sedikit cukup berkesan, lo. Selain sebagai pengacara, Ahjussi Yoo Jae Myung juga sebagai agen untuk pemain baseball bernama Kim Jae Hyuk (dibintangi Park Hae Soo).

 

  1. Cheon Ho Jin
Ahjussi Cheon Ho Jin
Gambar dari asianwiki.com

Cheon Ho Jin adalah salah satu Ahjussi yang mampu membuat saya menitik air mata. Perannya sebagai seorang ayah di drakor My Golden Life, mampu meluluh lantahkan emosi saya.

Sekali lagi akting Ahjussi yang satu ini begitu gemilang, ketika berperan sebagai seorang ayah dalam drakor yang masih tayang Once Again. Di drakor ini beliau menjadi seorang ayah yang perhitungan terhadap anak-anaknya, dengan maksud agar mereka mandiri dan tidak manja. Namun dibalik sikapnya yang seperti itu, Cheon Ho Jin berhasil menampilkan sosok ayah yang sekali lagi bisa dibanggakan oleh anak-anaknya, sekaligus seorang kakak yang begitu menyayangi adik perempuan satu-satunya.

Itulah daftar Ahjussi yang aktingnya mampu membuat kesan mendalam bagi kdrama lovers. Kira-kira Sahabat sudah menonton aksi ke-5 Ahjussi tersebut belum? Kalau sudah suka sama yang mana, nih ? Silakan berikan tanggapannya di kolom yang tersedia, ya. Terima kasih.

2 thoughts on “5 Ahjussi yang Aktingnya Mampu Membuat Kesan Mendalam”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.