18 Again Ajarkan 5 Nasihat tentang Kehidupan

18 Again Ajarkan 5 Nasihat tentang Kehidupan

drakor 18 again

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

 

Di bulan Oktober ini saya sudah mendapatkan banyak pelajaran, salah satunya dari drama Korea (drakor) 18 Again. Drakor yang tayang sejak awal Oktober ini sudah langsung mencuri banyak perhatian Kdrama Lovers (sebutan bagi penggemar drakor), termasuk saya.

Mengapa? Sebab ceritanya menurut saya mengandung pelajaran berharga tentang kehidupan. Mulai dari hubungan asmara muda-mudi, kehidupan berumah tangga, mengejar mimpi, hingga bagaimana berkomunikasi dengan anak.

Saya merasa 18 Again termasuk drama Korea yang paket lengkap. Penasaran juga bagaimana ceritanya dan nasihat kehidupan apa saja yang bisa kita petik? Tetap terusin membacanya di sini.

Sinopsis drakor 18 Again

Sebagai awal mari kita kenalan dulu dengan ceritanya, lewat ringkasan ceritanya berikut ini,

18 Again bercerita tentang Hong Dae Young (diperankan oleh Yoon Sang Hyun), yang merasa kehidupannya gagal dan tidak bahagia. Dimulai dari karirnya sebagai karyawan di perusahaan reparasi mesin cuci yang tidak bisa naik jabatan, karena Hong Dae Young hanya lulusan SMA.

Kemudian, kehidupan rumah tangganya yang dibangun karena pernikahan dini itu diambang kehancuran. Hal itu terjadi sebab tidak ada lagi kecocokan diantara Hong Dae Young dan Jung Da Jung, cinta pertamanya (diperankan oleh Kim Ha Neul).

Kegagalan yang ia rasakan itu membuat Hong Dae Young terpukul dan membuatnya ingin kembali ke masa-masa indahnya, saat berusia 18 tahun. Usia di mana dia memutuskan menikah muda karena Jung Da Jung hamil.

Hong Dae Young berharap bila kembali muda, ia bisa memperbaiki kesalahan-kesalahan yang sudah ia perbuat. Tiba-tiba suatu malam, permohonan itu pun terwujud secara ajaib. Hong Dae Young kembali ke wujudnya berusia 18 tahun.

Setelah kembali ke wujud mudanya, Hong Dae Young (diperankan oleh Lee Do Hyun) memutuskan untuk kembali mengejar mimpinya yang tertunda sambil melindungi keluarganya dari jauh.

Ternyata keputusannya untuk masuk ke sekolah yang sama dengan anak-anaknya sekolah, membuat Hong Dae Young tahu, ternyata banyak cerita yang tak terungkap dalam keluarganya. Mengetahui hal tersebut semakin membuat Hong Dae Young menyesal, karena merasa tidak menjadi anak, suami, dan ayah yang baik.

Mampukah Hong Dae Young kembali ke wujud dewasanya dan bersatu kembali dengan keluarganya? Sepertinya sahabat Lithaetr, perlu nonton sendiri, sebab drakor ini sudah tayang hingga 12 episode.

 

Alasan 18 Again pantas untuk ditonton ala Lithaetr

Dari membaca sinopsisnya saja, sudah bisa kita bayangkan kalau drama ini pantas buat ditonton bersama keluarga, sebab memang banyak nasihat kehidupan terdapat di dalamnya.

Itulah alasan pertama, mengapa saya merasa 18 Again layak untuk ditonton.

Alasan keduanya, drakor ini mempunyai bintang muda yang sedang naik daun bernama Lee Do Hyun.

Aktor muda tampan ini menarik perhatian pecinta drakor sejak tampil di Hotel de Luna, sebagai laki-laki yang menjaga kekasihnya lewat bentuk atau wujud kunang-kunang. Sehingga ia pun mendapatkan julukan ‘Maskun  (Mas Kunang-kunang) Ganteng’, dari drakorian (sebutan lain penggemar drakor di Indonesia).

Alasan ketiganya, drama ini sedikit mengingatkan saya tentang cerita anime Jepang ‘Detektif Conan’.

Dimana pemeran utamanya di Detektif Conan, yaitu Sinichi Kudo juga berubah menjadi kecil karena minum sebuah obat. Sementara di drakor 18 Again, alasan berubahnya Hong Dae Young kembali muda belum diketahui, tapi itulah yang membuat saya jadi penasaran.

 

18 Again ajarkan nasihat tentang kehidupan

Yups, itulah tiga alasan saya mengapa drakor 18 Again layak untuk ditonton. Kemudian, sempat saya singgung kalau 18 Again ini memiliki pesan-pesan kehidupan di dalam ceritanya. Sekarang saatnya kita bahas pesannya satu per satu.

  1. Pernikahan yang terjadi karena suatu hal tak terencana bisa menimbulkan banyak luka

18 Again ini mengajarkan kepada pasangan muda mudi yang sedang jatuh cinta untuk bisa menjaga diri baik-baik. Jangan sampai melakukan seksualitas di luar nikah sehingga terjadi kehamilan. Pernikahan yang terjadi karena suatu hal tak terencana, seperti hamil di luar nikah bisa menimbulkan banyak luka.

Nasihat ini diberikan sejak awal drakor 18 Again ini tayang. Bagaimana digambarkan kalau hubungan antara Hong Dae Young dan Jung Da Jung tidak harmonis, karena di saat membangun pernikahan mental mereka belum siap.

Dikarenakan pernikahan dini itu Hong Dae Young jadi hanya lulusan SMA dan tidak bisa mendapatkan jabatan yang layak di tempat kerjanya, yang mana sebagian kantor memang mendahulukan para sarjana dari bangku kuliah untuk memangku jabatan.

Belum lagi hubungan yang kurang baik antara Hong Dae Young dengan ayahnya yang menentang pernikahan dini itu. Walaupun diam-diam ayahnya membantu keuangan keluarga Hong Dae Young saat susah.

 

  1. Kamu akan tahu kalau sesuatu itu berharga jika sudah kehilangan

Nasihat di poin kedua ini sama halnya seperti penyesalan selalu datang terlambat atau belakangan. Nasihat ini didapatkan dari adegan Hong Dae Young yang mengetahui kalau ternyata selama ini ayahnya tetap peduli kepada keluarganya secara diam-diam.

Kemudian istri dan anak-anaknya yang merasa kalau dirinya tidak ada untuk mereka, di kala mereka susah, padahal Hong Dae Young merasa sudah perhatian kepada keluarganya.

Dari dua kejadian itu Hong Dae Young jadi sadar kalau di saat berkumpul dengan keluarga itu, tidak hanya tubuh kita saja yang ada di dekat mereka, tapi hati dan pikiran kita pun juga harus ada bersama mereka.

 

  1. Anak-anak itu cerminan orangtuanya

Pesan kehidupan yang ketiga ini ada dalam adegan ketika Hong Dae Young sadar, kalau perilakunya terhadap istri dan anak-anaknya selama ini itu sama dengan perbuatan ayahnya yang dia benci dulu.

Sebelum kehilangan dan berpisah dari keluarganya Hong Dae Young melakukan hal tersebut tanpa sadar, tapi begitu dia tahu alasan mengapa Jung Da Jung berpisah dengan dirinya, ia pun sadar kalau dia sudah sama seperti ayahnya yang dia benci.

Inilah cuplikan adegannya,

 

  1. Konflik di kehidupan nyata tak seindah cerita dongeng

Pesan moral poin empat ini ada dalam episode awal drakor 18 Again. Yang mana ada adegan senandika Hong Dae Young mengatakan kalau ini cerita dongeng dan bisa diakhiri di adegan ini, maka saya akan terlihat keren.

Inilah adegan yang saya maksud,

 

  1. Ingatlah kebaikan-kebaikan pasangan di saat kita sedang marah

Namanya hidup berumah tangga pasti ada ketidak cocokan sehingga membuat kita marah dan kecewa dengan pasangan. Ada baiknya kalau di saat kita marah, cobalah untuk mengingat adegan-adegan bahagia yang pernah kita lewati bersamanya.

Seperti potongan kenangan tentang Hong Dae Young yang sebenarnya adalah seorang suami dan ayah yang baik buat keluarganya ini,

 

Itulah 5 nasihat kehidupan yang diajarkan drakor 18 Again. Bagaimana, keren kan, ceritanya? Beneran enggak mau mencoba menonton drakor ini bersama keluarga? Mumpung pekan ini ada liburan panjang, kan? Yuk, ditunggu tanggapannya. Terima kasih.

3 pemikiran pada “18 Again Ajarkan 5 Nasihat tentang Kehidupan”

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.