5 Manfaat Colocation Server Untuk Website Bisnis Agar Berkembang Pesat

5 Manfaat Colocation Server Untuk Website Bisnis Agar Berkembang Pesat

colocation server

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Sejak drama Korea (drakor) Start Up booming, bisnis di bidang teknologi informasi semakin banyak peminatnya. Jika sahabat Lithaetr, ada yang tertarik dengan bisnis teknologi informasi (IT), maka ada beberapa hal yang perlu disediakan, salah satunya adalah keberadaan dari colocation server.

Untuk orang awam yang tidak paham sama sekali tentang teknologi informasi, pasti ingin tahu apa itu colocation server. Oke, saya akan mencoba memberikan sedikit pengetahuan tentang colocation server ini, jadi jangan beranjak ke mana-mana dan tetap membaca tulisan ini, ya.

Apa itu Colocation Server?

Bagi masyarakat awam, istilah colocation server ini memang masih asing. Akan tetapi, jika kita ingin memiliki website bisnis yang berkembang dengan pesat, maka kita akan membutuhkan layanan yang satu itu.

Colocation server sendiri adalah sebuah layanan persewaan rack, yang mana digunakan untuk menyimpan server pada suatu data center. Dengan keberadaan layanan inilah, seseorang tidak perlu lagi menyediakan ruangan khusus untuk data center, listrik, pendingin, dan lain sebagainya.

Di dalam layanan colocation server sendiri sudah ada sistem keamanan yang terjamin keamanannya. Setiap pemilik website memang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda untuk menggunakan layanan yang satu ini.

Namun, tetap terdapat beberapa kondisi yang mana sangat disarankan bagi pemilik website, untuk menggunakan layanan colocation server. Apalagi website yang kita miliki sudah mempunyai traffic pengunjung yang tinggi.

Mengapa pemilik website dengan traffic pengunjung tinggi, membutuhkan colocation server? Karena, ketika website memiliki traffic yang semakin tinggi, biasanya akan mengalami pelambatan pada proses pemuatan halamannya. Nah, layanan itulah yang akan membantu memecahkan permasalahan tersebut.

Selain itu, masih terdapat sejumlah manfaat lain yang ditawarkan oleh layanan colocation server ini, terutama untuk perkembangan website bisnis kita yang semakin pesat. Penasaran dengan apa saja manfaat layanan ini, tetap terusin membacanya di sini.

 

Manfaat Colocation Server

Inilah manfaat-manfaat colocation server yang bisa kita dapatkan,

  1. Dapat membuat biaya pengeluaran lebih hemat

Manfaat pertama yang didapatkan bila kita menggunakan colocation server adalah dapat membuat biaya pengeluaran lebih hemat. Manfaat ini bisa kita dapatkan bukan tanpa alasan, mengapa?

Sebab, bila kita menggunakan layanan tersebut maka kita tidak perlu menyewa seorang ahli IT untuk membangun data center sendiri. Lalu, tidak perlu menyediakan ruangan khusus untuk menaruh data center, menyediakan listrik, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan layanan ini, kita sudah terima beres, karena pihak provider colocation server yang akan mempersiapkan semua hal yang kita butuhkan. Selain itu, bandwidth yang didapatkan juga akan jauh lebih hemat, dibandingkan dengan membuat data center sendiri.

 

  1. Keamanan jauh lebih terjamin

Bila menggunakan layanan ini, kita juga akan menikmati sistem keamanan yang lebih terjamin keamanannya untuk sebuah website. Hal ini dikarenakan perusahaan colocation server yang terpercaya di Indonesia memang menyediakan layanan yang satu ini.

Dengan keberadaan tingkat keamanan yang tinggi itulah, maka tidak akan ada orang sembarangan yang bisa memiliki akses mudah terhadap website kita. Terlebih lagi, keamanan gedung layanan colocation server ini sangat bagus dan dijamin terhindar dari kebakaran.

 

  1. Tidak perlu melakukan upgrade sistem server

Sebuah perusahaan maupun customer yang mana menitipkan server ke layanan ini, memang tidak perlu melakukan upgrade sistem server. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena tugas tersebut akan dilakukan oleh provider server colocation yang bersangkutan. Terutama jika pelanggan memilih teknis managed.

Akan tetapi apabila seorang customer memilih teknis unmanaged, maka lain lagi pelayanan yang akan diberikan. Teknis unmanaged ini berarti server sepenuhnya dapat dikelola dan dipertanggung jawabkan oleh para pengguna, termasuk instalasi, manajemen server, dan lain-lain.

 

  1. Tidak bergantung dengan penyedia web hosting

Dikarenakan disini, kita menitipkan server kepada layanan penyedia colocation server, maka kita tidak perlu bergantung lagi dengan provider web hosting. Disinilah kita akan diberikan kesempatan buat melakukan instalasi software apa sajakah yang kita inginkan.

 

  1. Tidak membutuhkan ahli IT

Sudah sempat disinggung di atas kalau manfaat menggunakan colocation server adalah tidak membutuhkan yang namanya ahli IT untuk mengurus server-server yang ada. Hal tersebut bisa terjadi karena sudah menjadi tugas penyedia layanan colocation server untuk memenuhi semuanya.

Dengan cara inilah, maka kita akan bisa lebih fokus kepada peningkatan dan penjualan dari produk maupun jasa yang kita tawarkan. Selain itu, dengan menggunakan layanan colocation server ini akan membuat kita lebih produktif dalam bekerja. Sebab, kita tidak diribetkan lagi dengan masalah server.

Itulah manfaat-manfaat colocation server yang dapat kita nikmati, bila menggunakan layanannya. Penggunaan server ini memang tidak bisa dipisahkan dengan website bisnis. Agar lebih praktis dan hemat, penggunaan colocation server sangat disarankan karena menawarkan sejumlah keuntungan didalamnya. Segera dapatkan layanan ini dari nexdatacenter.com.

24 pemikiran pada “5 Manfaat Colocation Server Untuk Website Bisnis Agar Berkembang Pesat”

  1. Wah baru denger colocation server ini deh mbak, ternyata banyak keuntungannya ya. apalagi nggak perlu repot2 upgrade sistem dan nggak butuh ahli IT, dududu, menarik nih. thank you infonya mbak, mau ku kepoin nih websitenya

    Balas
    • Sama-sama belajar mbak. Saya pun masih harus banyak belajar soal IT begini. Sejatinya tulisan ini juga buat pembelajaran saya pribadi. Terima kasih sudah berkenan mampir.

      Balas
    • Sebenarnya agak sedikit berbeda ya, mbak antara hosting sama Colocation Server. Saya pun masih belajar soal IT ini. Yang jelas kalau menggunakan Colocation Server, data-data yang biasanya terpisah-pisah bisa dijadikan satu dan aman.

      Balas
  2. ohh jadi Colocation server itu semacam provider gitu ya?
    cocok banget ya buat project-project singkat gitu ya karena gak perlu repot-repot beli segala cukup sewa saja ya, lebih praktis pula karena semuanya bisa ditangani langsung oleh si pemberi layanan ya.

    Balas
    • Colocation Server itu seperti satu tempat khusus untuk menyimpan data, mbak. Untuk data yang sifatnya temporary maupun yang berjangka panjang, bisa banget disimpan di Colocation Server ini.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.