Catat! Inilah 6 Manfaat Partisi Kantor yang Penting Diketahui

Catat! Inilah 6 Manfaat Partisi Kantor yang Penting Diketahui

manfaat partisi kantor

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Masa pandemi seperti ini, kayaknya buat sahabat Lithaetr yang masih harus berjuang berangkat kerja, mulai harus mempertimbangkan untuk memiliki partisi kantor. Tentu saja hal ini, juga berlaku bagi seseorang yang memiliki perusahaan.

Bagi kamu yang memiliki perusahaan, tentu harus melengkapi ruangan kantornya dengan partisi kantor. Mengapa? Karena, keberadaan partisi ini sangat krusial bagi kantor dan juga karyawan.

Adanya partisi di kantor dapat membuat ruangan lebih tertata rapi, sebab tiap-tiap karyawan memiliki tempatnya masing-masing sesuai dengan divisi mereka. Kini, sudah banyak perusahaan, baik besar maupun kecil yang menggunakan partisi di ruangan kantornya.

Sebenarnya sahabat Lithaetr, sudah mengetahui tentang partisi kantor dan apa saja manfaatnya, belum? Kalau belum, boleh menyimak ulasan singkatnya di sini, ya. Buat yang sudah tahu, juga tetap boleh banget ikutan kasih komentarnya nanti, ya.

Apa itu Partisi Kantor?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), partisi itu memiliki dua arti. Pertama, partisi itu artinya dinding pemisah atau sekat. Sementara yang kedua, partisi itu artinya pembagian diska ke dalam beberapa bagian untuk tujuan tertentu.

Kalau kantor sendiri juga memiliki dua arti. Pertama, kantor memiliki arti balai (gedung, rumah, ruang) tempat mengurus suatu pekerjaan (perusahaan dan sebagainya. Kedua, kantor maknanya itu tempat bekerja.

Jadi partisi kantor itu bisa kita simpulkan sebagai dinding pemisah atau sekat yang ditaruh di tempat kerja. Ini tentu saja bisa dinding ataupun kaca atau kain atau bisa sebuah benda yang terbuat dari bahan apa saja, selama maksud dan tujuannya dijadikan sebagai pembatas.

Selain dijadikan sebagai sekat pemisah, partisi kantor dapat berperan sebagai penjaga privasi karyawan dan juga sebagai interior yang mampu mempercantik kantor. Kira-kira sahabat Lithaetr, tahu enggak manfaat partisi kantor yang lainnya?

 

Manfaat Partisi Kantor

Sebenarnya, apa saja sih, manfaat partisi kantor itu? Inilah beberapa manfaat partisi kantor yang penting untuk kita ketahui,

  1. Menghemat biaya operasional perusahaan

Manfaat partisi kantor yang pertama adalah untuk menghemat biaya operasional perusahaan, lo, kok bisa? Jika dilihat dari segi biaya, dengan membeli partisi kantor sebagai sekat pemisah terbilang jauh lebih murah dan terjangkau.

Dari segi pengerjaan pun partisi kantor terbilang lebih mudah dan murah, jika dibandingkan dengan memasang sekat permanen. Hal tersebut dikarenakan sekat permanen tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit.

 

  1. Membagi area ruangan kantor

Manfaat partisi kantor yang lain adalah membagi area ruangan kantor menjadi beberapa bagian sesuai dengan fungsinya, sehingga dalam satu ruangan dapat digunakan oleh beberapa karyawan dari berbagai divisi.

Bayangkan, jika karyawan dalam satu ruangan bekerja dalam satu meja besar tanpa sekat apapun, tentu peralatan serta berkas dapat tercecer atau tertukar satu sama lain. Belum lagi karyawan juga memerlukan privasi agar dapat bekerja dengan maksimal.

 

  1. Efisiensi waktu pemasangan

Memilih untuk memasang partisi kantor tentu dapat menghemat waktu pemasangan, jika dibandingkan dengan memasang sekat ruangan permanen. Tak seperti sekat ruangan permanen yang tidak dapat dipindahkan, partisi kantor itu dapat dibongkar pasang dengan mudah dan dipindahkan ke mana saja. Selain itu, memasang partisi kantor juga tak membutuhkan waktu lama.

 

  1. Tidak memengaruhi struktur bangunan

Lain halnya dengan memasang sekat permanen atau tembok yang membutuhkan pembongkaran, memasang partisi kantor tidak akan memengaruhi struktur bangunan kantor. Hal ini pun membuat perusahaan dapat lebih menghemat anggaran, karena tak harus mengubah struktur bangunan.

 

  1. Mempercantik interior ruangan

Tak sedikit perusahaan yang memilih memasang partisi kantor guna meningkatkan estetika ruangan, karena telah banyak model partisi kantor dengan desain menawan yang dapat mempercantik ruangan. Mulai dari model partisi bilik, akordion, portable, hingga kaca, dapat Anda pilih sesuai selera dan disesuaikan dengan desain ruangan.

 

  1. Mendefinisikan ruang kantor

Jika perusahaan ingin menempatkan beberapa divisi di dalam satu ruangan, partisi kantor merupakan pilihan tepat. Partisi ini dapat mendefinisikan fungsi dari suatu ruangan yang akan dipisahkan, sehingga kegiatan tiap-tiap karyawan dalam satu ruangan kantor dapat terbagi menjadi lebih spesifik sesuai dengan masing-masing divisi.

 

Setelah mengetahui manfaat partisi kantor, kita juga perlu tahu kira-kira partisi kantor yang cocok buat kita itu yang seperti apa. Saya punya tips untuk memilih partisi kantor yang tepat untuk kita

 

Tips Memilih Partisi Kantor

Sebelum membeli partisi kantornya, ada baiknya kalau kita tahu bagaimana cara memilih yang tepat untuk kita. Inilah tiga tips yang bisa kita simak,

  • Mempertimbangkan rencana bisnis

Hal pertama yang perlu kita perhatikan adalah mempertimbangkan rencana bisnis yang akan kita lakukan ke depannya. Apakah ke depannya, kita akan mengekspansi atau reorganisasi bisnis?

Sebab memilih model partisi yang akan digunakan, tentu saja juga akan mempengaruhi kinerja perusahaan di masa depan. Bila salah dalam memilih, justru akan dapat mengurangi fleksibilitas dan berakibat pada biaya-biaya tambahan lainnya.

 

  • Menghitung seluruh biaya

Tak hanya berpatok pada harga partisi kantornya saja, kita juga perlu mempersiapkan biaya-biaya tak terduga seperti biaya aksesoris tambahan, biaya rekonfigurasi, biaya pemasangan, biaya pengiriman, dan lain-lain.

 

  • Memilih penyedia partisi kantor yang tepat

Yang tak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah memilih penyedia partisi kantor yang tepat, terbukti menyediakan furniture berkualitas dengan harga terbaik. Arkadiafurniture.co.id menyediakan beragam model partisi kantor dengan desain elegan dan minimalis, sehingga cocok ditempatkan sebagai sekat maupun sebagai pemanis ruangan kantor.

Itulah manfaat partisi kantor yang perlu diketahui. Kunjungi website arkadiafurniture.co.id untuk melihat katalog lengkap partisi kantor. Di situ kita akan memilih partisi kantor yang sesuai dengan kebutuhan kita. Bagaimana sudah mulai ada bayangan ingin partisi kantor seperti apa? Silakan berikan tanggapannya ya, Sahabat. Terima kasih.

38 thoughts on “Catat! Inilah 6 Manfaat Partisi Kantor yang Penting Diketahui”

  1. Kalo ditempat kerja saya karena di sekolah maka nyaris tidak ada partisi kantor, maka kerja antar rekan kantor bisa saling cipika cipiki di tengah kesibukan hehe. Kalo mau produktif sepertinya contoh google yang nyaris bekerjanya fleksibel dan tanpa partisi kantor. namun, karyawannya bebas dan lebih produktif.

    Reply
    • Kantor skrg banyak yg pada di rombak ya, karena masa pandemi. Ga boleh dekat2, jd ruang gak muat and sebagian wfh. Partisi juga di bongkar dan disesuaikan hehe

      Reply
      • Betul kakak. Partisi bisa dibongkar pasang agar menyesuaikan keadaan, keinginan, serta lokasinya. Yang pasti dalam keadaan pandemi seperti ini, lebih baik jalankan protokol kesehatan seperti menjaga jarak. Lewat partisilah masalah jaga jarak ini bisa dilakukan.

        Reply
    • Mungkin balik lagi ke selera ya, Pak. Ada tipikal orang yang kalau memiliki ruangan sendiri bisa lebih fokus. Ada orang yang lebih nyaman bekerja dengan tim tanpa batasan. Semua pilihan pasti tetap ada plus dan minus, termasuk resikonya.

      Reply
    • Bisa kakak. Apalagi masa pandemi seperti ini. Kalau kita khawatir tentang jaga jarak, dengan mempartisi kita bisa lebih terasa aman sebab bisa memenuhi protokol kesehatan.

      Reply
  2. Kalau aku lebih suka bilangnya sekat mba,karena hampir kebanyakan orang lebih senang menyebutnya sekat daripada partisi, ya meski kalau kita buka Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki 2 makna yang berbeda.
    Dan memang fungsi sekat itu menjadikan kantor lebih tertata rapi dan karyawan pun lebih nyaman bekerja karena bisa lebih fokus tanpa ada gangguan sekitar

    Reply
  3. Partisi kantor memang membuat desain ruangan kantor jadi lebih menarik ya mba. Tapi juga harus pandai-pandai memilih partisi yang berkualitas. supaya partisinya bukan cuma cantik tapi juga tahan lebih lama.

    Reply
  4. Manfaat partisi kantor digunakan buat ruangan lebih simpel, dan untuk lebih fokus , tapi harus yang simpel dan modern biar kesannya lebih
    menarik ya kak, sekarang malah ditambahin kaca sejak pandemi wkwkwk, tapi bagus sih biar gak asal melongok lihat ke meja kerja.

    Reply
    • Iya kakak, betul. Saya juga merasa pakai kaca juga membuat kesan ruangan menjadi lebih luas dan besar. Memang partisi ini bisa membuat orang-orang yang suka dengan privasi bisa lebih fokus bekerja.

      Reply
  5. Dulu waktu masih magang di Jakarta, suasana kantornya enak banget, walau ruangan luas, tapi tiap meja udah ada sekat pembatasnya.
    Di tempat kerja yang sekarang nggak ada pembatas antar meja, lagian juga seruangan saya meja kerjanya cuma 2 hehehe…

    Reply
  6. Iya mbak, masalah partisi ini sebenarnya kita sudah sering lihat, tapi kita belum tahu apa namanya. Arcadiafurniture, termasuk yang oke banget soal partisi kantor ini

    Reply
  7. sekarang model partisi kantor ada beragam ya, rata rata yang aku temui warna biru, karena di kantor aku nerapin warna biru juga
    untuk ruangan yang luas, memang lebih rapi kalau ada partisi seperti ini,, supaya barang barang juga nggak terlihat mampir ke meja tetangga juga

    Reply
    • Wah, sejuk banget kantornya kakak. Terbayang sudah warna seger birunya. Selera memang masalah partisi ini. Buat yang suka privasi dan rapi, model partisi pasti akan menambah semangat serta fokus saat bekerja.

      Reply
  8. Aku dari dulu pengen banget kerja yang kayak ada kubikel2 gitu, pake sekat partisi. Tapi ternyata di mantan kantor gada mwkkw. Btw, partisi ini kalau dipake di rumah seru juga kalo ya mbak

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.