Pilih Drakor atau Webtoon True Beauty, Baca 3 Perbedaan Ini

Pilih Drakor atau Webtoon True Beauty, Baca 3 Perbedaan Ini

webtoon true beauty

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Akhirnya blog ini kembali terisi. Saya mau menulis ringan tentang drama Korea (drakor) True Beauty. Drakor ini diangkat dari webtoon True Beauty atau judul lainnya The Secret of Angel.

Walaupun drakornya sudah tamat, cerita yang dibintangi oleh Cha Eun Woo, Moon Ga Young, dan Hwang In Yeop ini masih hangat diperbincangkan. Mengapa? Sebab, webtoon True Beauty-nya belum tamat dan masih menjadi favorit.

Wah kok bisa, drakornya sudah selesai tapi webtoon True Beauty-nya belum? Kemudian sahabat Lithaetr, ada yang bingung pilih drakor atau webtoon True Beauty-nya? Simak saja pembahasannya di sini.

Sinopsis True Beauty

pemain drakor true beauty

True Beauty atau The Secret of Angel ini bercerita tentang kisah cinta segitiga antara Lee Su Ho (dibintangi oleh Cha Eun Woo), Im Joo Kyung (dibintangi oleh Moon Ga Young), dan Han Seo Jun (dibintangi oleh Hwang In Yeop).

Selain mengangkat cerita cinta segitiga, baik drakor da webtoon True Beauty mengangkat isu bullying. Tokoh wanita utamanya, yaitu Im Joo Kyung yang menerima bullying, tentang fisiknya.

Diceritakan, Im Joo Kyung yang sering diejek jelek oleh teman-temannya, memutuskan untuk mempercantik dirinya dengan make up.

Ternyata setelah merias wajah, mukanya Im Joo Kyung menjadi sangat cantik sehingga ia mendapat julukan kecantikan wajah malaikat.

Walaupun sudah berubah menjadi cantik, Im Joo Kyung masih memiliki rasa kurang percaya diri, sebab ia merasa kecantikannya hanya topeng semata.

Im Joo Kyung selalu berusaha menutupi wajahnya dengan topeng make up-nya setiap berjumpa dengan teman-teman sekolahnya, namun ada satu tempat rahasia, di mana ia merasa tidak perlu menggunakan make up dan menjadi dirinya sendiri.

Di mana tempat rahasia itu? Tempat rahasia itu adalah tempat persewaan komik. Im Joo Kyung yang memiliki hobi membaca komik horror dan thriller, serta mendengarkan musik-musik metal, merasa tempat persewaan komik yang berada dekat rumahnya, adalah lokasi penghilang stresnya.

Hingga suatu saat ada seseorang tidak terduga yang juga datang ke tempat persewaan komik. Lee Su Ho, anak laki-laki yang terpintar dan juga tampan di sekolah Im Joo Kyung, ternyata memiliki hobi membaca komik horror juga.

Dari hobi yang sama itulah bibit rasa suka Im Joo Kyung dan Lee Su Ho tumbuh. Akan tetapi, hubungan antara Im Joo Kyung dan Lee Su Ho yang tenang, mulai bergejolak karena hadirnya Han Seo Jun.

Han Seo Jun adalah mantan sahabat Lee Su Ho. Hubungan mereka berdua renggang karena sebuah kesalahpahaman dari kematian seorang idola bernama Se Yeon (yang juga sahabat mereka berdua).

Dikarenakan kesalahpahaman tersebut, Han Seo Jun tidak ingin Lee Su Ho bisa merasakan kebahagiaan lagi. Oleh karena itu, Han Seo Jun pun berusaha mendekati Im Joo Kyung.

Kira-kira siapakah yang akan Im Joo Kyung pilih? Silakan sahabat Lithaetr boleh memilih untuk menonton drakornya atau membaca webtoon True Beauty-nya.

Akan tetapi, jika sahabat Lithaetr masih bingung memilih drakor atau webtoon True Beauty silakan dibaca 3 perbedaannya di sini.

 

3 Perbedaan Drakor dan Webtoon True Beauty

Perlu kita ketahui bersama, apabila sebuah karya tulis diangkat menjadi sebuah karya audio visual pasti diperlukan beberapa penyesuaian.

Salah satu yang membuat terjadi penyesuaian tersebut adalah durasi dan nilai jual. Sebagai orang yang pernah bekerja di balik layar sebuah produksi audio visual, karya audio visual ini memiliki keterbatasan yang ketat soal durasi tayang.

Oleh karena itu, bila mengadaptasi sebuah karya tulisan yang bisa beratus-ratus halaman menjadi durasi tayang satu hingga dua jam, pastinya akan ada beberapa adegan yang dipadatkan atau dihilangkan.

Hal inilah juga yang terjadi dalam drakor True Beauty yang diadaptasi dari webtoon The Secret of Angel. Yang mana dengan beberapa pertimbangkan, khususnya nilai jual (perkiraan terhadap selera pasar), drakor dan webtoon True Beauty memiliki 3 perbedaan yang begitu menonjol,

  1. Setting waktu dalam cerita

Jika dalam drakor The Secret of Angel, setting waktu yang dipilih adalah masa-masa SMA. Yang mana, sudah menjadi rahasia umum kalau masa-masa di sekolah menengah atas (SMA) itu memiliki kenangan indah bagi kebanyakan orang.

Sementara kalau di webtoon True Beauty, setting waktunya lebih ke masa-masa kuliah. Sementara untuk masa-masa SMA-nya hanya digunakan sebagai flash back untuk konflik yang terjadi kemudian di masa-masa kuliah

Dikarenakan versi webtoon True Beauty-nya versi berlanjut hingga kini dan masih popular, jika ingin diadaptasi ke karya audio visual, berarti sangat butuh banyak penyesuaian.

Untuk itu, dengan pertimbangan nilai jual, masa-masa SMA dalam flash back versi webtoon True Beauty-lah yang diadaptasi ke karya audio visualnya. Sementara konflik masa-masa kuliahnya digunakan sebagai pemanis di akhir cerita.

 

  1. Perkembangan konflik cerita

Dikarenakan mengambil setting waktu di masa-masa SMA, diperlukan juga penyesuaian dari konflik ceritanya. Jadilah dibutuhkan konflik yang lebih kompleks untuk drakornya.

Konflik yang kompleks di dalam drakor True Beauty dibutuhkan agar ceritanya memenuhi syarat-syarat cerita; yaitu perkenalan, awal konflik, konflik memuncak, klimaks, dan akhir cerita.

Sementara untuk konflik dan alur cerita di webtoon True Beauty terasa lebih santai dan lambat, karena memang ceritanya memang belum selesai.

Dikarenakan penyesuaian konflik inilah akhirnya membuat perbedaan di pengembangan karakter tokohnya.

 

  1. Pengembangan tokoh cerita

Dikarenakan saya sudah menonton dan masih membaca webtoon True Beauty, sangat terlihat sekali perbedaan yang mencolok karena konflik dan pengembangan karakter tokoh cerita.

Di dalam drakornya, pengembangan karakter tokoh Im Joo Kyung lebih terasa dibandingkan di webtoon True Beauty. Versi drakornya memberikan kesempatan kepada Im Joo Kyung untuk mengatasi masalah ketidak percaya dirinya akibat trauma bullying.

Sementara dalam webtoon True Beauty-nya, Im Joo Kyung mendapatkan keberuntungan karena tanpa perlu usaha keras, kedua sahabat, Lee Su Ho, dan Han Seo Jun mau menerima dengan lapang dada kondisinya yang tanpa make up.

Kemudian dalam drakornya, konflik yang terjadi dalam keluarga membuat perkembangan yang positif bagi Lee Su Ho (yang digambarkan sebagai anak tunggal), sehingga ia tidak ingin kehilangan cinta pertamanya yaitu Im Joo Kyung.

Kalau dalam webtoon True Beauty-nya, tokoh Lee Su Ho digambarkan sebagai anak bungsu dari 2 bersaudara dan karena itu ia terkesan kurang memperjuangkan cinta pertamanya yaitu Im Joo Kyung.

Justru hal tersebut berkebalikan pada karakter Han Seo Jun. Dalam drakor True Beauty, Han Seo Jun digambarkan sebagai orang yang terlambat menyatakan cinta. Padahal dalam webtoon The Secret of Angel, Han Seo Jun lebih serius dalam mengejar cinta pertamanya yaitu Im Joo Kyung.

Lalu dari 3 perbedaan itulah, saya mencoba memberikan pendapat kira-kira saya lebih memilih drakor atau webtoon-nya, ya.

 

Antara Drakor atau Webtoon True Beauty, Menurut Lithaetr

Kalau saya disuruh memilih saya lebih suka baca webtoon True Beauty-nya. Mengapa? Sebab saya bias Im Joo Kyung dengan Han Seo Jun, hahahaha. Di dalam webtoon The Secret of Angel diceritakan kalau Han Seo Jun-lah yang menjadi kekasih pertama Im Joo Kyung.

Sementara dalam drakornya Im Joo Kyung memilih Lee Su Ho. Akan tetapi bila melihat dari konflik, alur, dan pengembangan karakter yang terjadi dari tiap karakternya, saya bilang drakornya lebih memberikan pesan-pesan positif buat penonton, khususnya bagian penyelesaian soal bullying.

Menurut saya mendapatkan pesan positif dari apa yang kita tonton ataupun baca, akan lebih memiliki kesan mendalam. Cuma kembali lagi ke selera masing-masing orang, ya.

Sekali lagi, webtoon True Beauty ini belum selesai dan masih menyisakan misteri Im Joo Kyung akan memilih Lee Su Ho atau Han Seo Jun.

Penasaran dengan potongan drakornya? Silakan lihat cuplikannya berikut ini.

Sementara ini gambaran cerita webtoon True Beauty,

Itulah ulasan saya tentang 3 perbedaan antara drakor dan webtoon True Beauty. Bagaimana sudah mulai bisa memutuskan memilih untuk menonton atau membaca, nih? Silakan berikan tanggapan di kolom komentar, ya. Terima kasih.

14 pemikiran pada “Pilih Drakor atau Webtoon True Beauty, Baca 3 Perbedaan Ini”

  1. Kalau versi drakornya mungkin karena penggambaran secara menyeluruh ya, jadi makin berasa ketimbang Webtoon si pembacanya yang membayangkan bagaimana situasinya

    Balas
  2. owalaaa, baru ngeh aku mba 😀

    No wonder, banyak netijen yg protes dengan alur cerita. Ternyata begini thooo wkwkwkw
    Trus, banyak juga yg kena second lead syndrome kan. Jadi mirip2 ama kasus drakor START UP 😀

    Balas
    • Hehehehe. Buat yang suka kalau Su Ho sama Ju Kyung, silakan lihat drakornya. Bila ingin melihat kemesraan Seo Jun sama Ju Kyung walaupun sebentar, boleh tengok komiknya.

      Balas
    • My Id Gangnam Beauty masa kuliah dan lebih mirip dengan komiknya. Sementara True Beauty hanya mengambil sebagian kecil dari komiknya. Itulah jadi kayak kurang greget.

      Balas
    • Butuh yang namanya persamaan persepsi sih, kakak. Malah akan keren kalau antara buku sama karya audio visualnya bisa sama-sama spektakuler. Kayak harry potter, the lord of the ring

      Balas
  3. Waktu saya pertama nonton True Beauty, anak saya yang perempuan sempat komen kalau dia sudah/lagi ngikutin versi Webtoon nya. Menurut anak saya sih lebih seru yang Webtoon karena konflik yang terbangun lebih seru dan karakter ke-3 leading actor/actress nya lebih natural ketimbang di KDrama. Diulas begini saya jadi penasaran pengen nonton versi webtoon nya.

    Balas
  4. aku cuma nonton di awal2 aja webtoon true beauty
    gak lanjut sih aku. kok kayak realistis aja gitu, terus kurang greget aja ceritanya

    aku sih ingin nonton filmnya biar lebih menyingkat waktu, hahaha

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.