Ulasan Drakor Awaken: Mutan dan Eksploitasi Anak

Ulasan Drakor Awaken: Mutan dan Eksploitasi Anak

ulasan drakor awaken
Gambar latar dari instagram tvN

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Di tulisan kedua ini saya mau me-review drakor awaken. Saya memilih drakor awaken untuk dibahas, karena konflik ceritanya yang padat.

Sejak tayang perdana pada 30 November 2020 lalu, drakor awaken tidak menampilkan cerita romansa. Ada sih, cerita cintanya tapi hanya sedikit sekali. Cerita cinta yang bertepuk sebelah tangan.

Walaupun tidak menggunakan romantisme, drakor awaken tetap mampu membuat penggemar drama Korea (drakor) betah menontonnya. Mengapa? Simak saja ulasan drakor awaken di sini.

Sinopsis Drakor Awaken

Hanya menyisakan 2 episode akhir, drakor awaken semakin panas dan berhasil mendapatkan rating tinggi. Diambil dari kpopchart.net (13/1/2021), menurut data Nielsen Korea drama Awaken berhasil mencapai rating tertinggi sejak tayang, dengan perolehan mencapai 5%.

Memang drama Korea Awaken ini bercerita tentang apa? Awaken ini bergenre misteri-thriller. Bercerita tentang pengungkapan kasus pembunuhan berantai yang ternyata juga menguak sebuah tabir rahasia dari kejadian berdarah 28 tahun silam.

Seorang detektif bernama Do Jung Woo yang menjadi ketua penyelidikan tersebut ikut terseret menjadi tersangka. Do Jung Woo ini adalah dektektif senior dan terkenal sebagai legenda, sebab dia selalu berhasil mengusut tuntas setiap kasus.

Walaupun Do Jung Woo terlihat seperti preman, tapi tidak mungkin kalau dia membunuh. Benarkah dia pelaku pembunuhan berantai tersebut? Anggota timnya yaitu Gong Hye Won, seorang detektif wanita, menyelidiki secara rahasia.

Saat penyelidikan tersebut, Gong Hye Won bertemu dengan detektif wanita lainnya, bernama Jamie Layton, yang juga seorang mantan agen FBI. Mengapa mantan FBI juga ikutan menyelidiki kasus ini?

Ternyata dalam penyelidikan mereka ditemukan kalau Do Jung Woo, Jamie Layton, dan ayahnya Gong Hye Won, bernama Gong Il Do, seorang peneliti memiliki sebuah hubungan.

Gong Hye Won menemukan sebuah fakta kalau ayahnya, Gong Il Do, membuat sebuah penelitian terlarang. Setelah mengetahui hal tersebut, Gong Hye Won, ingin menyelamatkan Do Jung Woo yang terjebak sebagai tersangka pembunuhan.

Sementara Do Jung Woo, yang sedang dalam pelarian sejak dijadikan sebagai tersangka pembunuhan berantai, juga menyelidiki kebenarannya. Akhirnya ia juga mengetahui, kalau penelitian terlarang yang dilakukan oleh organisasi malam putih masih berlangsung hingga kini.

Penelitian berbahaya yang membuat Do Jung Woo, kehilangan banyak teman-teman kecilnya di panti asuhan. Oleh karena itu, ia, Jamie Layton, dan Moon Jae Woong kabur dari panti asuhan di desa malam putih 28 tahun yang lalu.

Peristiwa yang terjadi di desa malam putih 28 tahun silam itu begitu fenomenal. Apalagi saat ini, organisasi malam putih diketuai oleh petinggi Negara, bernama Oh Jung Wan.

Peristiwa apa yang sebenarnya terjadi dan apa hubungannya dengan kasus pembunuhan berantai saat ini? Sahabat sepertinya harus lihat potongan adegan dari drama Awaken berikut ini,

 

Pemeran Drakor Awaken

  1. Nam Gong Min

nam gong min drakor awaken
Gambar tokoh dari instagram tvN

Nam Gong Min ini adalah salah satu aktor favorit saya. Di Awaken, aktor senior ini berperan sebagai Do Joong Woo. Memiliki penampilan seperti preman tapi detektif Do Joong Woo, terkenal dengan keseriusannya dalam menangani kasus-kasusnya, hingga dijuluki legenda.

Do Joong Woo ini juga memiliki kebiasaan unik saat sedang berpikir dalam menyelidiki kasus-kasusnya, dia makan permen loli. Makan permen tersebut, membuat Do Joong Woo lebih tenang dan teliti dalam mengambil keputusan.

Saat menjadi tersangka pembunuhan berantai pun, ia tidak langsung kabur, tapi dia membuktikan dulu kepada timnya, khususnya Gong Hye Won, kalau keselamatannya juga terancam barulah Do Joong Woo kabur dan menjadi pelarian.

 

  1. Seolhyun AOA

solhyun drakor awaken
Gambar tokoh dari instagram tvN

Seolhyun AOA ini termasuk salah satu anggota grup idol wanita yang juga terjun ke dunia akting. Ia berperan sebagai detektif perempuan bernama Gong Hye Won, tim pasukan elit kejahatan dikepalai oleh Do Joong Woo.

Bila pulang ke rumah, Gong Hye Won, termasuk anak perempuan yang sayang dengan keluarganya. Menjadi anak tunggal membuatnya sedikit menjadi manja dengan ayahnya, Gong Il Do.

Makanya Gong Hye Won begitu terpukul, begitu mengetahui apa yang sebenarnya ayahnya lakukan selama ini. Jadilah dia ingin membuat ayahnya kembali menjadi seperti sosok yang dia kenal.

 

  1. Lee Chung Ah

Lee Chung Ah drakor awaken
Gambar tokoh dari instagram tvN

Tokoh Jamie Layton ini diperankan oleh Lee Chung Ah. Mantan agen FBI yang pulang kembali ke Korea dengan harapan bisa menemukan kembali ingatannya yang hilang.

Apalagi kasus pembunuhan berantai yang sedang diselediki saat ini membuat ingatan-ingatan yang hilang tersebut kembali muncul.

Di episode 13 kemarin, diketahui kalau Jamie Layton ini ternyata saudara kembarnya Do Joong Woo. Mereka terpisah setelah kabur dari desa malam putih.

Ketika Jamie Layton diketemukan di markas tentara Amerika, ia sudah hilang ingatan dan akhirnya dia pun diadopsi oleh tentara Amerika yang menemukannya.

 

  1. Yoon Sun Woo

yoon sun woo drakor awaken
Gambar tokoh dari instagram tvN

Tokoh anak ketiga yang juga selamat dari tragedi yang terjadi 28 tahun silam di desa malam putih adalah Moon Jae Woong. Yoon Sun Woo, aktor muda tampan inilah yang didapuk untuk berperan sebagai Moon Jae Woong.

Tokoh anak ketiga ini digambarkan memiliki 2 kepribadian. Satu kepribadian digambarkan kikuk dan penakut, sementara kepribadian yang lainnya memiliki keinginan untuk membalas dendam kepada organisasi malam putih.

 

  1. Kim Chang Wan

kim chang wan drakor awaken
Gambar tokoh dari instagram tvN

Ayah detektif wanita Gong Hye Won ini diperankan oleh Kim Chang Wan. Aktor lawas yang sudah mencoba berbagai macam peran.

Di drakor Awaken ini Kim Chang Wan berperan sebagai Gong Il Do, seorang peneliti yang melakukan eksperimen berbahaya kepada anak-anak kecil.

Penelitian apa yang dilakukan oleh organisasi malam putih? Sahabat, perlu nonton episode 13 kemarin, untuk menemukan jawabannya.

 

  1. Kim Tae Woo

kim tae woo drakor awaken
Gambar tokoh dari tribunnews.com

Selain Kim Chang Wan, satu lagi aktor veteran yang berakting dengan brilliant di drama Korea Awaken ini, yaitu Kim Tae Woo. Tokoh petinggi Negara, bernama Oh Jung Wan inilah yang Kim Tae Woo perankan.

Menjadi sekertaris presiden membuat Oh Jung Wan memiliki banyak kekuasaan, sehingga ia pun secara diam-diam mengelola pendanaan bagi organisasi malam putih.

 

Itulah pemeran dan penggambaran tokoh yang mereka mainkan dalam drakor Awaken. Kini, saatnya saya mengulas drakor Awaken ini dari penilaian saya sebagai penonton.

 

Ulasan Drakor Awaken

Saya mau mencoba mengulas dari 2 poin saja, yaitu akting dan ceritanya. Pertama, saya merasa drakor Awaken ini berani mengangkat cerita tentang eksploitasi anak-anak melalui bahan atau subjek sebuah penelitian.

Melakukan penelitian dan anak-anak dijadikan bahan percobaan itu jadi teringat mutan dan X-Men. Memang akhirnya Do Joong Woo dan Moon Jae Woong yang terlihat memiliki kekuatan super tersebut.

Mengangkat tema sensitif seperti itu, menurut saya cukup berani dan cara Do Joong Woo dalam membongkar serta menyelamatkan anak-anak yang akan dijadikan bahan penelitian jadi terlihat keren sekali.

Kemudian alur cerita dan konfliknya juga enak buat diikuti. Walaupun menggunakan alur maju dan mundur tapi cukup jelas serta tetap enak untuk ditonton.

Kalau berbicara soal akting, saya sih, sudah tidak meragukan akting Nam Gong Min, Kim Chang Wan, dan Kim Tae Woo.

Nam Gong Min adalah salah satu aktor kesukaan saya. Sementara Kim Tae Woo, saya sudah melihatnya berakting di 3 drakor berbeda di beberapa waktu terakhir nan berdekatan, yaitu The Spy Who Loved Me, Mr. Queen, dan drakor Awaken ini.

Kemudian Kim Chang Wan, di tahun 2020 dan tahun 2021 ini, saya melihat aktingnya selalu memakai baju jubah dokter.  Di tahun 2020, berakting sebagai psikolog di drakor It’s Okay No To Be Okay dan tahun 2021, berakting sebagai Gong Il Do di drama Korea Awaken sebagai peneliti.

Buat Lee Chung Ah, saya pertama kali melihatnya di drakor VIP dan saya cukup suka sama aktingnya. Di sini juga okelah aktingnya.

Kalau Yoon Sun Woo, saya cukup kaget juga dengan aktingnya di drakor Awaken ini, dia bisa mengimbangi akting keren dari Nam Gong Min. Sementara untuk Seolhyun AOA, saya merasa dia beruntung beradu peran dengan aktor-aktor yang matang, jadilah aktingnya dia ikut terbawa menjadi bagus.

Begitulah pendapat saya tentang drakor Awaken yang dibintangi oleh Nam Gong Min, Seolhyun AOA, Lee Chung Ah, dan Yoon Sun Woo. Menurut saya, drakor ini cukup bisa membuat adrenalin saya berpacu.

Buat sahabat Lithaetr, yang juga nonton drakor Awaken ini, saya tunggu pendapatnya juga ya. Terima kasih.

2 pemikiran pada “Ulasan Drakor Awaken: Mutan dan Eksploitasi Anak”

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.