Tampil Cantik dengan 5 Warna Cat Rambut Tanpa Bleaching Ini, Yuk!

 

cat rambut tanpa bleaching
gambar dari istockphoto

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Siapa yang selama pandemi ini kangen ke salon? Saya salah satunya, hehehe. Menurut saya mengubah penampilan bisa meningkatkan kebahagiaan, salah satunya dengan mewarnai rambut. Makanya saya baru senang banget mencari informasi tentang cat rambut tanpa bleaching, agar saya bisa mewarnai rambut walaupun di rumah saja.

Mengapa saya memilih cat rambut tanpa bleaching? Sebagai pemula dan masih awam dengan dunia mewarnai rambut, saya merasa lebih mudah dan aman jika tanpa bleaching. Namun benarkah demikian adanya? Mari kita baca dulu penjelasannya di sini, ya sahabat.

Alasan mengapa kita mewarnai rambut

Sudah sempat saya singgung di atas kalau mengubah penampilan bisa membuat hati lebih bahagia. Salah satu caranya ya, dengan mewarnai rambut. Manfaat mewarnai rambut itu bisa membuat kita lebih,

  1. Tampil lebih cantik

Sebagai wanita pastinya ingin terlihat lebih cantik dan mewarnai rambut, menurut saya bisa mewujudkan hal tersebut. Tentunya dengan memilih warna-warna yang tepat. Untuk memilih warna ini akan saya jelaskan lebih di bawah, ya.

  1. Tampil lebih muda

Saya termasuk yang cepat beruban. Jadilah saya juga ingin mewarnai rambut saya agar terlihat lebih muda dan segar. Dikarenakan dalam Islam tidak boleh mencat rambut dengan warna hitam, jadilah saya memilih mewarnai rambut dengan pilihan warna lainnya.

  1. Tampil lebih modis

Bagi wanita cantik dan modis itu kayak satu paket. Nah, mewarnai rambut ini juga bisa membuat kita tampil lebih modis. Selain kita juga bosan dengan gaya yang itu-itu saja, mewarnai rambut bisa jadi solusi kita lebih kekinian.

Itulah beberapa alasan menurut saya, mengapa kita mau mewarnai rambut, kalau sahabat biasanya alasannya apa?

 

Apa itu bleaching dan pro kontranya

apa itu bleaching
Gambar dari pixabay

Saya termasuk yang belum pernah mewarnai rambut sendiri, makanya waktu pandemi seperti ini yang mengharuskan di rumah saja, saya merasa membutuhkan informasi yang aman dan mudah bila saya ingin cat rambut sendiri, tanpa bantuan profesional.

Soalnya bagi saya proses bleaching itu membutuhkan bantuan profesional dalam pengerjaannya. Sebab kalau salah-salah bisa menimbulkan efek negatif pada rambut kita. Memang apa sih, bleaching itu?

Dirangkum dari beberapa sumber, bleaching itu adalah larutan kimia yang mengandung hidrogen peroksida dan oksidan. Yang mana fungsi kedua cairan tersebut jika digabungkan adalah untuk melunturkan warna rambut hitam menjadi jingga atau kekuningan.

Tujuan dilakukan proses bleaching itu agar cat atau warna rambut yang nantinya ditaruh di rambut kita, yang notabene orang Indonesia warna rambutnya hitam, bisa terlihat lebih terang warnanya. Ibarat kanvas putih yang jika ditaruh warna apa saja enak, ya bleaching itu membuat rambut kita seperti kanvas yang siap digambar.

Itulah mengapa bagi sahabat yang suka gonta ganti warna rambut, proses bleaching ini pasti salah satu jalan yang harus ditempuh bila menginginkan warna yang maksimal. Akan tetapi, bleaching ini juga memiliki efek negatif bila kita tidak merawat rambut kita dengan baik.

Dikarenakan efek kimia, rambut bisa menjadi lebih rapuh dan kering. Memang dari apa yang saya baca proses bleaching ini memang butuh perawatan ekstra dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Oleh karena itu, sebagai orang awam saya memutuskan kalau mau cat rambut tanpa bleaching saja, deh.

 

5 Rekomendasi warna cat rambut tanpa bleaching

warna cat rambut tanpa bleaching

Sebagai pemula, saya juga bingung dalam memilih warna yang cocok bagi orang yang ingin cat rambut tanpa bleaching. Warna apa yang bisa tetap cantik, walaupun tidak perlu melakukan proses bleaching.

Pertama, yang harus kita terima adalah cat rambut tanpa bleaching ini bisa saja tidak sesuai dengan warna yang kita inginkan. Oleh karena itu, kita tidak bisa langsung memilih warna-warna yang terang menyala.

Apalagi bagi orang yang belum pernah melakukan pewarnaan rambut sebelumnya, buat yang baru pertama kali mencat rambut ada baiknya menggunakan warna-warna netral atau memilih cat rambut dengan tone senada dan shade lebih gelap dari warna rambut asli kita.

Biar ada gambaran yang lebih tentang warna-warna cat rambut tanpa bleaching, inilah beberapa saran yang mungkin bisa kita coba,

  1. Blue Black

Buat pemula seperti saya kadang masih belum percaya diri dengan warna-warna yang mencolok, karena itu warna blue black bisa menjadi pilihan pertama untuk dicoba ketika mewarnai rambut tanpa bleaching.

Blue black ini merupakan kombinasi antara warna biru dan hitam, tapi kita jangan berekspektasi kalau warna birunya akan terlihat terang. Sebab, warna blue black ini lebih cenderung ke warna hitamnya dan warna birunya tidak terlalu terlihat.

Mengapa warna ini menjadi pilihan pertama bagi awalan mewarnai rambut? Sebab, kalau masih merasa takut aneh atau belum berani warna mencolok, blue black pilihan tepat. Warna birunya baru akan terlihat jika tersinari oleh matahari dan lampu, jadi kita tidak perlu takut merasa tidak cocok dengan warna kulit atau bentuk wajah kita.

 

  1. Deep Brown

Selain blue black, warna deep brown juga bisa menjadi pilihan aman berikutnya buat pemula dalam mencat rambut. Warna deep brown ini adalah warna cokelat tua sehingga hampir senada dengan warna rambut orang Indonesia yang mayoritas hitam. Deep brown ini juga tidak akan mencolok jika tak terpapar sinar matahari atau lampu.

 

  1. Chocolate Rapsberry

Buat sahabat yang suka warna terang, tapi baru pertama kali mencat rambut, kita bisa mencoba chocolate rapsberry. Warna ini hampir mirip dengan burgundy, yang membedakan adalah kombinasi warnanya. Kalau chocolate rapsberry, kombinasi warna merah keunguan dan cokelatnya terlihat seimbang.

Biar hasil lebih maksimal, disarankan untuk mewarnainya menggunakan teknik balayage. Apakah itu? Balayage adalah teknik yang digunakan untuk mendapatkan saturasi warna maksimum pada akar rambut secara bertahap. Dalam teknik balayage ini biasanya menggunakan satu warna saja.

 

  1. Deep Dark Gold

Selain chocolate rapsberry, yang suka warna terang bisa mencoba warna deep dark gold. Akan tetapi yang perlu sahabat ketahui dahulu adalah warna yang dimaksud gold di sini bukanlah blonde.

Sebab untuk menghasilkan warna rambut blonde harus menggunakan proses bleaching. Deep dark gold yang dimaksud adalah sentuhan warna cokelat kekuningan yang dihasilkan dari produk cat rambut yang tidak memerlukan bleaching.

Warna emas yang dimaksud di sini gelap dan nyaris seperti warna cokelat. Cuma kalau terkena lampu atau sinar matahari, sekilas rambut kita akan tampak sedikit blonde. Akan tetapi, kalau tidak terkena sinar matahari dan lampu, warna rambut hanya akan terlihat cokelat muda dan tak terlalu pekat.

 

  1. Fun and Edgy

Setelah mencoba warna-warna dari poin satu hingga empat, kita sudah boleh nih, menantang diri dengan melalukan gaya warna fun and edgy. Kita bisa mencoba mewarnai rambut dengan warna kekinian atau warna pastel; seperti merah muda, biru, dan lain sebagainya. Namun perlu diingat lagi kalau mungkin saja hasil warnanya tidak seterang aslinya.

Akan tetapi bila sahabat sudah percaya diri dan berani menggunakan warna-warna terang, silakan saja mencoba warna fun and edgy, tapi tetap dengan mempertimbangkan kecocokan warna kulit dan wajah. Jangan sampai warna yang kita pilih malah membuat kita terlihat kusam dan gelap. Enggak mau kan, kalau begitu?

Kalau memang mau warna yang nyentrik, sebaiknya gunakanlah proses bleaching, agar warna yang diinginkan bisa keluar terangnya secara maksimal. Gampangnya, kalau mau warna fun and edgy, pertimbangkan juga berapa lama warna tersebut akan bertahan di rambut kita. Jadi sebelum memutuskan mewarnai rambut dengan fun and edgy, kita harus benar-benar menggunakan bleaching atau tidak.

 

Oke, itulah pilihan warna cat rambut tanpa bleaching yang bisa kita coba agar bisa tetap tampil cantik walaupun hanya di rumah saja. Apalagi tampil cantik depan suami juga berhadiah pahala, iya kan? Kira-kira sahabat Lithaetr, ada yang sudah pernah mencoba mewarnai rambut sendiri? Berikan tanggapannya, ya. Terima kasih.

2 pemikiran pada “Tampil Cantik dengan 5 Warna Cat Rambut Tanpa Bleaching Ini, Yuk!”

  1. Asyik nih ada tambahan rekomendasi warna rambut yang oke plus keren. Bleaching bisa menambah rasa Pede ya Mba, apalagi kalo rambut terkena sinar lampu, kayak ada berubah-ubah gitu warna rambutnya, hehehe.

    Balas
    • Bleaching ini proses peluncuran warna hitam jadi blonde mas. Biar nanti saat diwarnai, warnanya bisa lebih terang. Buat yang pengen bleaching juga bisa dengan cat-cat yang direkomendasikan di sini

      Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.