3 Masalah yang Muncul Saat LDR ala Film Korea Sweet and Sour

film korea sweet and sour

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Tulisan pertama di September ini akan saya buka tentang film Korea Sweet and Sour. Saya sudah lama sebenarnya mau menulis tentang film Korea yang judulnya terinspirasi dari permen yang tidak sengaja dimakan oleh sang sutradara Lee Kae Byeok, nama permennya adalah ‘Saekomdalkom’ memiliki arti manis dan asam.

Oleh karena itu, saat menulis skenarionya, Lee Kae Byeok merasa kalau inti cerita yang dia tulis itu memiliki rasa manis dan asam. Rasa yang sama dengan permen nan sedang dia makan, jadilah Lee Kae Byeok memberikan judul Sweet and Sour untuk film Korea ini.

Film Korea Sweet and Sour ini juga merupakan adaptasi dari novel Jepang yang berjudul Initiation Love karya Kurumi Inui. Pada tahun 2015, Jepang sudah mengangkat karya ini ke dalam bentuk audio visual untuk layar lebar dengan mengambil judul yang sama dengan novelnya.

Apa sih, alasan saya ingin menulis ulasan tentang film Korea Sweet and Sour? Jika berkenan, silakan membaca di sini, ya.

Sinopsis dan pemain film Korea Sweet and Sour

Film Korea Sweet and Sour ini bercerita tentang pasangan muda mudi yang sedang dimabuk asmara, mereka adalah Jang Hyuk dan Da Eun. Awal pertemuan mereka berdua adalah di rumah sakit. Jang Hyuk yang mengalami usus buntu dirawat di rumah sakit dan berjumpa dengan suster cantik, Da Eun.

Jang Hyuk jatuh cinta kepada Da Eun yang cantik, baik, dan hangat dalam merawat pasien dan akhirnya mereka berdua jadian atau berpacaran. Awal-awal hubungan mereka begitu manis nan romantis, hingga tawaran yang begitu menjanjikan terhadap masa depan karir Jang Hyuk datang menghampiri.

Jang Hyuk mendapatkan tawaran pekerjaan dari sebuah perusahaan besar di Seoul dan ia pun mengambil kesempatan tersebut. Jang Hyuk yang sangat mencintai Da Eun tidak ingin berpisah, tapi jarak antara rumahnya dan Seoul cukup jauh dan menghabiskan banyak waktu.

Jadilah, Jang Hyuk dengan berat hati harus LDR (long distance relationship) dengan Da Eun dan bertemu di akhir pekan. Dikarenakan karyawan baru, pekerjaan Jang Hyuk pun cukup banyak sehingga ia harus sering lembur, sementara status Da Eun sebagai perawat kontrak membuatnya harus menerima jika jadwal kerjanya lebih banyak dari suster yang pegawai tetap.

Disebabkan memiliki pekerjaan yang sama-sama sibuk membuat hubungan asmara Jang Hyuk dan Da Eun mulai mengalami percekcokan. Di saat inilah seorang wanita bernama Bo Yeong, rekan kerja Jang Hyuk, jadi lebih sering menghibur teman sekantornya itu.

Bagaimana hubungan antara Jang Hyuk, Da Eun, dan Bo Yeong? Silakan sahabat Lithaetr coba menonton film Korea ini, tapi bisa kali ya, lihat cuplikannya berikut ini,

 

Setelah kita mengetahui sinopsis Sweet and Sour, marilah kita kenalan sama para pemain film Korea ini ya,

Saya akan mengenalkan 3 pemain utama saja,

1. Jang Ki Young

jang ki young sweet and sour

Aktor muda yang sekarang sedang wajib militer ini pertama kali memukau saya lewat akting di Go Back Couple dan My Mister. Lalu, saya tahu film ini karena rekomendasi teman-teman sesama penyuka drama dan film Korea, jadilah setelah tahu Jang Ki Young main di film Sweet and Sour, saya langsung tertarik menontonnya.

Di film Korea Sweet and Sour ini Jang Ki Young berperan sebagai Jang Hyuk, seorang pemuda yang pernah menderita hepatitis B, lalu jatuh cinta terhadap seorang perawat bernama Da Eun, dan sedang menjalani LDR.

Oleh karena itu, ia pun mengalami sedikit masalah dengan kekasihnya itu dan dia mulai berteman dengan teman sekantornya yang bernama Bo Yeong. Sifat Jang Hyuk digambarkan seorang laki-laki yang begitu menyayangi kekasihnya dan seorang tipe pekerja keras.

Ia suka perempuan yang hangat dan perhatian, serta cukup bertanggung jawab. Menurut saya Jang Ki Young cukup berhasil menjadi Jang Hyuk.

Apalagi film Sweet Love Turns Sour (nama lain Sweet and Sour) ini adalah bergenre komedi romantis, yang merupakan genre baru bagi aktor berusia 29 tahun ini.

2. Chae Soo Bin

chae soo bin sweet and sour

Pertama kali melihat akting Chae Soo Bin itu di The Rebel dan I’m Not A Robot, saya cukup suka dengan aktingnya di situ. Cuma waktu berakting dengan Jung Hae In di drama A Piece of Your Mind, saya kurang begitu suka.

Makanya waktu tahu Chae Soo Bin akan beradu akting dengan Jang Ki Young saya penasaran, jadilah mencoba buat menonton film ini. Di film Sweet Love Turns Sour, ia berperan sebagai Dae Eun.

Da Eun digambarkan sebagai perempuan yang sabar, ceria, dan hangat. Ia bekerja sebagai seorang perawat kontrak, sehingga terkadang Da Eun harus memiliki waktu kerja yang lebih panjang daripada perawat tetap.

Saat mengalami masalah dalam hubungannya dengan Jang Hyuk, Da Eun cukup berusaha mengerti situasi kekasihnya, tapi sebagai wanita ia juga tetap ingin dimengerti dan didengarkan cerita curahan hatinya.

3. Jung Soo Jung atau Krystal

krystal sweet and sour

Jung Soo Jung ini adalah aktris idol, apakah itu maksudnya? Seorang personel girl group atau idol Korea yang juga berakting. Saya lebih mengenal Jung Soo Jung dengan nama panggungnya saat jadi idol, yaitu Krystal. Ia adalah personel girl group FX, sekarang grup ini tidak jelas nasibnya, apakah sudah bubar atau belum.

Untuk akting, saya lihat Jung Soo Jung itu di The Heirs, salah satu drama Korea yang sangat popular di masanya. Untuk aktingnya sendiri saya suka saat ia beradu akting dengan Rain di My Lovely Girl, yang sampai saat ini lagu latarnya masih ada di daftar favorit musik saya.

Krystal berperan sebagai Bo Yeong, rekan kerja Jang Hyuk. Karakter Bo Yeong digambarkan sebagai perempuan yang ambisius, gila kerja, cuek, ceroboh, dan agak sedikit jorok.

Awal hubungan Bo Yeong dengan Jang Hyuk itu seperti ‘Tom and Jerry’, tapi saat rekan kerjanya mengalami masalah, gadis yang suka makan burger ini cukup bisa menghiburnya. Saya merasa akting Jung Soo Jung cukup pas dalam memerankan Bo Yeong.

Demikianlah sedikit perkenalan tentang para pemain utama film Korea Sweet and Sour. Selanjutnya, saya akan memberikan alasan mengapa sih, saya menonton film ini?

Alasan film Korea Sweet and Sour menarik ditonton

1. Penasaran dengan akting pemain utamanya

Sudah sempat saya singgung di atas, kalau saya sudah mengetahui para pemain di film Sweet & Sour dari karya-karya mereka sebelumnya. Jadi ketika saya mengetahui mereka bertiga akan beradu akting bersama, saya cukup penasaran.

Selain itu, ketiga pemeran utama ini memang sudah cukup memiliki jam terbang dalam akting, harapannya pastinya akan ada kejutan lain dari akting mereka sebelumnya.

2. Konflik ceritanya sangat umum dialami oleh pasangan muda mudi

Film Sweet Love Turns Sour ini mengangkat konlik cerita yang sederhana dan umum, yaitu pasangan muda mudi yang jatuh cinta lalu harus LDR, karena ada mimpi yang harus dikejar dan hubungan mereka mengalami masalah.

Menurut saya cerita sederhana dan umum seperti itu terkadang bisa membuat penonton memiliki kemiripan atau kisah yang serupa, jadilah konflik film Sweet and Sour cukup enak untuk dinikmati.

3. Ending cerita yang plot twist

Film Sweet & Sour ini memiliki kejutan di akhir cerita atau bagi penikmat film dan buku, biasanya disebut dengan ending yang plot twist. Bagaimana plot twist-nya? Sahabat Lithaetr, silakan mencoba menonton saja film Korea Sweet and Sour ini. Film ini bisa ditonton di Netflix.

Itulah 3 alasan yang paling membuat saya ingin menonton film Korea Sweet and Sour. Lalu pembahasan berikutnya, memang masalah apa sih, yang biasanya terjadi saat LDR ala film Korea Sweet and Sour.

3 Masalah yang muncul saat LDR ala film Korea Sweet and Sour

1. Jarang komunikasi

Masalah yang suka timbul ketika pasangan harus LDR adalah jarang komunikasi. Film Sweet and Sour ini juga menunjukkan masalah jarang komunikasi ini. Mulai dari terlambat balas pesan hingga sulit berjumpa saat akhir pekan tiba.

Akibat jarang komunikasi ini, baik Jang Hyuk maupun Da Eun merasa kalau hubungan percintaan mereka sudah tidak sehangat dulu lagi. Oleh karena itu, saya memasukkan jarang komunikasi menjadi masalah pertama yang sering muncul bagi pasangan yang sedang LDR.

2. Muncul prasangka negatif terhadap pasangan

Setelah jarang komunikasi, masalah selanjutnya yang timbul biasanya muncul prasangka negatif terhadap pasangan. Di film Korea Sweet and Sour ini juga diperlihatkan kalau Da Eun sedikit berprasangka negatif kepada Jang Hyuk.

3. Potensi orang ketiga

Masalah ketiga yang sering muncul berikutnya adalah potensi orang ketiga. Setelah Jang Hyuk dicurigai oleh Da Eun, ia pun merasa kalau kekasihnya tersebut sudah menjadi wanita yang dingin dan tidak bisa mengerti dirinya lagi.
Akhirnya, Jang Hyuk lebih banyak ngobrol dan bercerita dengan Bo Yeong, rekan kerjanya. Kenyamanan yang mulai terjadi antara Jang Hyuk dan Bo Yeong, sangat menimbulkan potensi orang ketiga dalam hubungan cinta antara Jang Hyuk dan Da Eun.
Benarkah jalinan kasih yang dijalin secara LDR pasti akan gagal karena ketiga masalah di atas? Silakan berikan tanggapannya ya, Sahabat. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.