3 Alasan IU-Rain, disebut Idol Korea Multitalenta

3 Alasan IU-Rain, disebut Idol Korea Multitalenta

IU rain idol korea

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Sempat beberapa waktu lalu, penggemar Kpop (aliran musik Korea yang populer) ribut soal masalah siapakah ‘paved way’ di Idol Korea. Oleh karena itulah, saya pun mencoba menulis tentang idol Korea multitalenta versi saya.

Sudah menjadi rahasia umum kalau menjadi idol Korea, biasanya memiliki berbagai macam kemampuan seperti menari, bernyanyi, menjadi model, presenter, berakting, dan lain sebagainya. Sehingga begitu idol memiliki beberapa profesi sekaligus, tidaklah heran sebab mereka terbiasa mengembangkan beberapa keahlian.

Terkait dengan masalah siapakah ‘paved way’ di Idol Korea, saya pribadi setuju sama pendapat youtuber Isan Mahendra (Isan) dari channel ID Sibling. Pendapat Isan dan saya tidak jauh berbeda. Jika perkembangan Kpop ibarat jalan tol, maka bila jalan tolnya bisa sebesar sekarang itu, membutuhkan banyak sekali proses yang saling berhubungan.

Maka dari itu, semua yang menjadi idol Korea, baik itu generasi satu hingga generasi tiga sekarang punya sumbangsih yang berbeda-beda demi kemajuan dunia musik Korea. Jadi bagi penggemar lama tidak sombong dan bagi penggemar baru tidak songong, sebab idol Korea tersebut sudah berprestasi sehingga bisa dikenal di dunia.

Nah, peran kita sebagai penggemar apa? Ya, mengambil pelajaran terbaik dari cara idol Korea berprestasi. Bagaimana kerja keras, ketekunan, dan tak pantang menyerah, yang biasanya menjadi kunci dari kesuksesan mereka.

Terkait idol Korea yang sukses, saya mau mencoba membahas 2 orang penyanyi solo yang memiliki multitalenta. Mengapa mau membahas penyanyi solo idol Korea multitalenta? Karena, penyanyi solo idol Korea jaran dibahas dibandingkan idol grup Koreanya, makanya kali ini saya ingin membahasnya. Penasaran? Ikutin terus cerita saya di sini.

 

Siapakah IU dan Rain

IU

IU dream high
Gambar dari dokumentasi KBS Entertainment

Pertama tahu IU itu gara-gara nonton drama Korea (drakor) Dream High. Drakor itu bercerita tentang anak-anak muda yang bercita-cita menjadi idol dengan bersekolah di sekolah khusus musik. Di Dream High ini IU berperan sebagai Kim Pil Sook, seorang penyanyi berbakat tetapi susah melakukan debut sebagai idol karena penampilannya yang gemuk.

Oleh karena itu, Kim Pil Sook pun melakukan diet dan berhasil menurunkan berat badannya. Melihat penampilan IU di drakor ini membuat saya ingin mencari tahu lebih tentangnya. Jadilah saya tahu kalau ternyata IU itu memiliki nama asli Lee Ji Eun dan sudah menjadi artis serta penyanyi sejak kecil. Maka dari itu julukan “Nation’s Little Sister’ pun tersemat kepadanya.

 

Rain

rain idol solo korea

Tahun 2004, awal invasi drakor ke Indonesia salah satu yang booming saat itu adalah Full House. Drakor itulah yang dibintangi oleh Rain. Full House bercerita tentang seorang bintang atau idol Korea bernama Lee Young Jae (dibintangi Rain), yang harus vakum sebentar karena terlibat sebuah skandal.

Aktingnya yang lucu dan menggemaskan membuat para ibu mengidolakannya, termasuk ibu-ibu di Indonesia. Karena tante waktu itu nonton (saya dititipkan di rumah eyang, sebab papa dan mama kerja. Waktu itu om sama tante masih satu rumah sama eyang), jadilah saya pun ikutan nonton, hehehe.

 

Setelah beberapa waktu berlalu, saya kembali melihat akting Rain di film Hollywood berjudul ‘Ninja Assassin’. Karena saya melihatnya selalu berakting di layar kaca, awal tahu Rain itu aktor. Akan tetapi saat mendengar lagu ‘Rainism’, baru tahu kalau Jung Ji Hoo (nama asli Rain) itu idol solo Korea yang multitalenta.

 

Baca juga,

Review Hotel de Luna

9 Adegan Romantis di Hotel de Luna

Review Sketch

 

Alasan IU dan Rain disebut Idol Korea Multitalenta

Sudah sempat disinggung kalau idol solo Korea agak jarang dibahas dibandingkan idol grupnya. Padahal idol solo Korea ada juga yang multitalenta serta berprestasi seperti IU dan Rain.

Ada beberapa alasan mengapa IU dan Rain disebut idol Korea Multitalenta,

  1. Karyanya hits

Yang namanya multitalenta berarti punya beberapa kemampuan yang luar biasa. Buat IU dan Rain yang saya tahu itu bagus akting dan menyanyinya. IU mendapatkan julukan ‘Digital Monster’ karena lagu-lagunya selalu berhasil berada di posisi pertama chart musik utama di Korea.

Dirilis dari allkpop.com, IU adalah penyanyi solo Korea yang berhasil meraih Perfect All-Kill terbanyak. Istilah tersebut digunakan untuk mendeskripsikan lagu-lagu yang berhasil merajai setiap tangga lagu di situs digital Korea Selatan dalam waktu yang bersamaan. Baik itu dari tangga lagu realtime, harian, hingga mingguan.

Enggak cuma lagu-lagunya yang hits, drakor yang dibintangi IU pun juga disukai oleh banyak orang. Sebut saja Dream High, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, My Mister, dan Hotel de Luna.

Sementara Rain berhasil berakting di Hollywood dan tahun 2006, namanya disebut oleh majalah Time sebagai salah satu orang dari 100 orang berpengaruh di dunia (100 Most Influential People Who Shape Our World).

Kemudian lagu-lagunya pun diminati banyak orang tidak hanya di Korea Selatan, tetapi juga mancanegara. Sebut saja Rainism, La Song, Gang, dan lain sebagainya. Selain itu drakor-drakornya juga disukai seperti Full House, Sketch, Welcome 2 Life.

 

  1. Baik dalam bekerja sendiri maupun kolaborasi

Baik IU dan Rain, tipikal artis yang bisa bekerja secara individu maupun berkolaborasi. Inilah salah satu lagu favorit saya ketika IU berkolaborasi dengan G Dragon berjudul Palette,

Saat lagu ini dinyanyikan saat live sudah pasti pecah banget.

 

Enggak mau kalah lagu kolaborasi Rain dan Zico yang berjudul Summer Hate, sudah ditonton sebanyak lebih dari 9 juta di youtube. Inilah lagunya,

 

  1. Sudah berkarir puluhan tahun

Baik IU dan Rain termasuk idol Korea multitalenta yang sudah berkarir puluhan tahun. IU sudah berkarir 12 tahun. Sementara Rain debut sejak tahun 1998. Ketika itu, Rain masih berusia 16 tahun dan debut sebagai idol grup.

Akan tetapi, karir Rain sebagai idol grup tidak begitu sukses. Tahun 2002, barulah Bi (nama lain Rain), debut sebagai penyanyi solo dan mendapatkan apresiasi yang luar biasa. Kini, Rain juga mulai membuat chanel youtubenya sendiri yang bernama Season B Season.

 

Karya-karya Favorit IU dan Rain versi Lithaetr

Kalau IU, saya lebih memfavoritkan di drakornya, begitu juga dengan Rain. Namun kalau disuruh memilih lagunya maka inilah listnya,

  1. Ending Scene

Tahu kan, mengapa saya suka lagu ini? Xixixixi

 

  1. You and I

 

  1. Eight Feat. Suga BTS

 

Sementara untuk Rain, inilah listnya,

  1. The Best Present (Kolaborasi dengan Psy)

Menurut rumor yang berhembus, lagu ini adalah cara Rain melamar istrinya Kim Tae Hee, lo.

 

  1. La Song

 

  1. Gang

 

Itulah alasan mengapa IU dan Rain, idola Korea multitalenta. Kira-kira sahabat Lithaetr, tahu tentang mereka enggak atau ada yang pernah tahu dengan karya mereka? Silakan berikan tanggapannya di kolom komentar. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.