5 Makanan yang Mengandung Manfaat Niacinamide

manfaat niacinamide

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Kali ini saya enggak mengulas drama Korea dulu, tapi mau membahas makanan-makanan yang mengandung manfaat niacinamide. Niacinamide adalah salah satu kandungan yang sering ditemukan di dalam produk skincare.

Kalau menyinggung soal produk skincare, berarti terkait juga dengan kecantikan. Salah satu yang dianggap penting oleh kaum hawa itu ya, kecantikan. Mungkin sahabat Lithaetr, sudah ada yang tahu apa itu niacinamide dan sumbernya dari mana saja. Namun, bagi yang belum tahu apa itu niacinamide dan sumbernya dari mana saja, silakan meneruskan membacanya di sini.

Apa itu niacinamide?

Sebelum berbicara terlalu jauh tentang manfaat niacinamide, ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu niacinamide? Niacinamide ini merupakan salah satu bentuk vitamin B3. Vitamin B3 atau biasa disebut niacin ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit.

Kalau kulit kita sehat, biasanya bonusnya bagi seorang wanita atau perempuan bisa tampil cantik. Tubuh kita ini juga bisa memproduksi niacin sendiri dan perlu kita ketahui, terlalu banyak niacin di dalam tubuh, maka niacin akan berubah menjadi niacinamide.

Agar tubuh bisa memproduksi niacinamide ini, tentu saja kita juga perlu mengonsumsi niacin dalam jumlah lebih besar. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui makanan-makanan apa saja yang mengandung manfaat niacinamide ini.

 

5 Makanan yang mengandung manfaat niacinamide

Setelah mengetahui apa itu niacinamide, selanjutnya makanan-makanan apa saja sih, yang mengandung manfaat niacinamide. Dirangkum dari beberapa sumber, saya akan mencoba menuliskan 5 makanan yang mengandung manfaat niacinamide. Inilah makanan-makanan tersebut,

  1. Dada ayam

Daging termasuk makanan yang mengandung manfaat niacinamide terbanyak, termasuk daging ayam. Nah, di dalam daging ayam yang mengandung niacin terbesar ada di bagian dadanya.

Tercatat daging dada ayam tanpa tulang dan tanpa kulit jika dimasak dapat mengandung 11,4 mg vitamin B3 atau sanggup memenuhi 73% kebutuhan vitamin B3 harian untuk pria. Sementara bagi wanita 11,4 mg ini dapat mencukupi 81% kebutuhan vitamin B3 hariannya.

  1. Ikan teri

Ikan yang bentuknya kecil dan terbilang murah ini ternyata memiliki kandungan vitamin B3 yang tinggi, lo Sahabat. Dalam satu ikan teri, ternyata dapat menyediakan sekitar 5% kebutuhan vitamin B3 harian untuk pria dan wanita dewasa.

  1. Kacang

Kacang-kacangan dan biji-bijian termasuk sumber makanan yang mengandung manfaat niacinamide dari bahan nabati. Dalam 1 ons-nya kacang tanah memiliki kandungan 3,8 mg vitamin B3. Kacang almond mengandung 0,95 mg niacin per 3 ons. Kacang mustard memiliki kandungan niacin sebesar 0,9 mg per 1 sdm (sendok makan).

Selain dari kacang yang utuh, manfaat niacinamide ini juga bisa kita dapatkan dari selai kacang. Bila kita mengonsumsi 2 sdm selai kacang, ini nilainya sama dengan 32 gram, berarti itu memiliki kandungan sebanyak 4,3 mg vitamin B3. Jumlah ini setara dengan 25% kebutuhan vitamin B3 harian untuk pria dan 30% kebutuhan vitamin B3 harian untuk wanita.

  1. Jamur

Jamur ini termasuk makanan yang mengandung manfaat niacinamide. Dalam 100 gram jamur terdapat 3,6 mg vitamin B3 yang baik bagi tubuh. Selain itu, jamur juga memiliki manfaat untuk kesehatan kulit.

Beberapa manfaat dari kandungan vitamin B3 yang terdapat dalam jamur untuk kesehatan kulit diantaranya mencerahkan wajah, mencegah penuaan dini, dan menghidrasi kulit. Kelebihan jamur lainnya yaitu kaya akan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas, mengurangi iritasi, sensitivitas, dan inflamasi pada kulit.

  1. Alpukat

Alpukat termasuk buah yang manfaat niacinamide atau vitamin B3 tinggi. Satu buah alpukat berukuran sedang dapat mengandung 3,5 mg niacin atau 21% kebutuhan vitamin B3 harian untuk pria dan 25% kebutuhan vitamin B3 harian untuk perempuan.

Selain tinggi niacin, buah alpukat juga kaya akan kandungan serat, lemak sehat, serta banyak vitamin, dan mineral lain yang bermanfaat bagi tubuh. Faktanya, 1 buah alpukat mengandung 2x lebih banyak kalium dibandingkan 1 buah pisang.

Buah alpukat juga sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik, sehingga dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung bila dikonsumsi secara rutin. Selain itu, buah alpukat dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit kita seperti mencerahkan kulit, mengurangi kemerahan dari polusi dan kosmetik, dan mencegah penuaan dini.

Itulah makanan-makanan yang mengandung manfaat niacinamide. Kira-kira dari makanan-makanan di atas, mana nih, yang paling sering sahabat Lithaetr, konsumsi? Silakan berikan tanggapannya di kolom komentar ya, terima kasih.

26 pemikiran pada “5 Makanan yang Mengandung Manfaat Niacinamide”

    • Dikonsumsi sesuai kebutuhan, Bunda. Semisal bisa dikonsumsi setiap hari, Alhamdulillah. Kalau pun belum mampu setiap hari, minimal tetapkan dalam sepekan bisa mengkonsumsi salah satu dari makanan sehat ini.

      Balas
  1. Wowwww, baru tau kalau ikan teri mengandung niacinamide, ini favorit saya banget nget dong hahaha.
    Udah enak, ternyata bagus pula kandungannya, alpukat dan kacang apalagi 🙂

    Balas
  2. Baru tahu mengenai niacinamide ini yang ternyata memiliki manfaat bagus untuk tubuh. Pas banget juga nih semua makanan yang disebutkan di atas saya suka. Apalagi dada ayam dan alpukat, hehe

    Balas
  3. Kelima makanan itu aku suka semua.
    Jadi nggak bener ya, kalau ada orang bilang “makan kacang jangan kebanyakan, ntar bisa jerawatan”. Soalnya aku suka banget makan kacang tanah, dulu waktu kecil malah seringnya makan kacang tanah yang masih mentah.

    Balas
    • seperti yang sudah saya singgung sedikit di tulisan kandungan kacang yang baik bagi tubuh itu berapa. Mungkin kalau berlebihan jadi kurang baik juga. Memang yang tepat mengkonsumsi sesuai kebutuhan, kakak.

      Balas
  4. Wah, saya baru tau kalau beberapa makanan tersebut mengandung Niacinamide. Kandungan Niacinamide ini populer dan banyak dicari untuk skincare ya, Mbak. Saya jadi semangat makan makanan tersebut ❤️

    Balas
    • Biasanya manfaat niacinamide ini memang terdapat dalam skincare, tapi ternyata ada bahan alami penghasil manfaat niacinamide ini. Jika mengkonsumsi yang sehat dan diimbangi skincare yang tepat pasti wajah kita semakin terawat.

      Balas
  5. Kebanyakan kita peroleh dari skincare atau suplemen aja ya. Kita sering lupa bahwa dalam bentuk raw-nya juga ada makanan yang mengandung niacinamide, seperti dada ayam, jamur, dan alpukat yang suka saya makan nih.

    Balas
    • betul kakak. Ada baiknya mengimbangi juga manfaat niacinamide dari makanan yang kita konsumsi selain dari produk skincare yang kita gunakan. Agar hasilnya lebih luar biasa.

      Balas
  6. Wah, ada banyak ternyata ya makanan yang mengandung niacinamide. Harus rajin konsumsi nih biar bisa punya kulit yang cantik dan sehat. Jangan cuma ngandelin skincare dan bodycare dari luar aja ya. Dari dalam pun kita juga kudu konsumsi niacinamide.

    Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.