3 Game Kartu Fenomenal Tak Terkikis Zaman

game kartu fenomanal

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Dua tahun berada di rumah saja, membuat saya mencari pelepas penat, salah satunya dengan bermain game. Dari permainan asyik tanpa internet sampai bermain game daring sudah saya coba.

Masyaallah, perkembangan permainan daring atau game online ini sangat berkembang pesat. Saya termasuk generasi milenial merasa belum mampu menyerap game daring saat ini, makanya saya mencari game-game lawas yang saya kenal, seperti game kartu fenomenal tahun 90-an.

Apakah sahabat Lithaetr, sudah bisa menebak game kartu fenomenal yang saya maksud? Buat yang sudah tetap menyimak sampai akhir ya, agar bisa ikutan komentar dan bagi yang belum, terusin membacanya di sini.

Sejarah singkat perkembangan game di Indonesia

Kalau berbicara sejarah itu biasanya panjang, karena itu saya hanya akan membahas secara singkat saja tentang perkembangan game di Indonesia. Saat permainan game ditemukan pada tahun 1950-an, yaitu permainan tic-tac-toe dan sebuah game bernama Nim, Indonesia masih menata perkembangan pemerintahannya karena baru berusia 5 tahun sejak kemerdekaannya.

Lalu ketika konsol game dikenalkan pada dunia di era 1960 sampai 1967, Indonesia juga masih berada pada masa transisi di pemerintahan. Sebab, di tahun tersebut Indonesia mengalami pergantian Presiden yang pertama kali. Dari Presiden Ir. Soekarno ke Presiden Soeharto.

Kemudian saat internet di tahun 1983 menjadi pintu yang mengakrabkan seluruh dunia dengan game, di sinilah Indonesia juga baru mengenal permainan game. Barulah di tahun 1988, muncul Netrek sebagai game internet pertama yang menggunakan metaserver. Hal itulah yang menjadi pijakan selanjutnya dari kemunculan kompetisi-kompetisi game di dunia, termasuk di Indonesia.

Akan tetapi, bermain game daring di Indonesia mulai marak di tahun 1995, ketika IndoNet muncul sebagai ISP (Internet Service Provider) komersial pertama. Keberadaan komputer yang dilengkapi jaringan internet membuat game di Indonesia menjadi berkembang.

Di tahun tersebut, mulailah bermunculan warung internet (warnet), tempat yang memang khusus disediakan bagi orang-orang mau bermain internet, salah satunya game daring.

Itulah kira-kira sejarah singkat perkembangan game di Indonesia. Lalu, bagaimana perkenalan Lithaetr dengan game? Tetap dilanjutkan membacanya ya, Sahabat.

 

Pengalaman pribadi bermain game

Jika membaca sejarah singkat, game masuk ke Indonesia kira-kira di tahun 1960-an. Akan tetapi, baru mulai dikenal di tahun 1980-an. Saya lahir di tahun 80-an dan besar di tahun 90-an, jadi saya masih ingat betul saat sekolah dasar, kami belajar menggunakan komputer ini masih secara bersama-sama dan bergantian.

Saat itu memang yang memiliki komputer itu terbatas. Kalau kantor biasanya tersambung dengan pemerintah atau perusahaan swasta yang cukup mumpuni. Jika sekolah negeri, yaitu sekolah percontohan atau berprestasi, sementara sekolah swastanya yang termasuk sekolah mahal, dan untuk masyarakat biasanya orang-orang yang punya pendapatan lebih.

Komputer saat saya masih kecil itu seperti barang mewah dan perlu usaha banget jika ingin memilikinya. Saya berkenalan dengan komputer di sekolah, sementara bermain game lewat komputer itu di kantornya papa atau mama.

Ada beberapa game komputer yang tenar saat itu adalah salah satunya game kartu. Saya termasuk yang suka bermain game kartu fenomenal tersebut. Bermain game kartu bagi saya tidak cuma sebagai melepas bosan, tapi sarana berpikir dan menyusun urut kartu sesuai warna dan bentuknya.

Saya bisa menghabiskan waktu hanya dengan bermain game kartu. Memang seseru itu? Tentu saja, seseru itu, apalagi kalau sudah mati langkah, tidak ada jalan untuk menyusun kartu sesuai warna dan bentuk lagi, padahal nilainya sudah tinggi, bikin gemes deh, kalau harus mengulang dari awal.

Bagi saya bermain game kartu ini juga mengasah kesabaran dan ketelitian juga. Sebab tiap game kartu memiliki peraturan yang berbeda-beda. Memang apa saja sih, game kartu fenomenal yang tak lekang zaman, sehingga bisa kita mainkan hingga kini?

Seperti yang sudah saya singgung di atas, kalau saya belum bisa menyerap gamegame yang kekinian. Makanya senang banget, ada permainan lawas seperti game kartu yang sekarang sudah bisa diakses secara daring lewat situs https://www.solitaire.org/. Saya bisa bernostalgia bermain game kartu fenomenal kesayangan saya.

Penasaran dengan game kartu fenomenal yang bisa diakses lewat situs solitaire.org, apa saja? Saya akan tuliskan daftarnya sebentar lagi.

 

3 Game kartu fenomenal tak terkikis zaman

  1. Solitaire

game daring jadul

Game kartu fenomenal yang pertama adalah solitaire. Ini adalah permainan yang menyusun kartu berbeda warna dan tidak ditentukan harus sesuai bentuknya. Yang penting hanya menyusun dari besar ke kccil, yaitu dari King sampai AS.

Selain menyusun berbeda warna, kita juga harus mengumpulkan kartu AS-nya. Hal ini dimaksudkan agar bisa mengurutkan dari kecil ke besar, disesuaikan menurut bentuk dan warnanya.

Intinya dalam bermain game kartu solitaire ini, ada 2 misi yang harus diselesaikan oleh pemain, yaitu mengurutkan dari besar ke kecil dengan warna berbeda, tidak sesuai bentuk tak apa-apa dan mengurutkan dari kecil ke besar sesuai bentuk dan warnanya. Pemain harus menyelesaikan 2 misi secara berbarengan sudah terdengar cukup seru, kan sahabat?

 

  1. Spider solitaire

game jadul yang asyik

Walaupun ada solitaire-nya, tapi spider solitaire ini punya peraturan permainan kartu yang berbeda. Saat awal kita memulai permainan ini, kita disuruh memilih easy, medium, dan hard.

Kalau kita memilih easy atau mudah, maka kita hanya menyusun 1 warna kartu saja. Kita mengurutkan dari besar ke kecil, yaitu dari King hingga AS. Setelah tersusun rapi, barulah kita menyelesaikan misinya dan mendapatkan poin.

Kalau kita memilih medium atau sedang, maka kita diminta menyusun 2 warna kartu, dengan 2 bentuk kartu. Kita mengurutkan dari besar ke kecil sesuai warna dan bentuk kartunya.

Kalau kita memilih hard atau sulit, maka kita diminta menyusun 2 warna kartu, dengan 4 bentuk kartu. Kita mengurutkan sesuai warna dan bentuknya dari besar ke kecil.

Bagaimana walaupun game kartu terlihat sederhana, tapi tetap punya tingkat kesulitan yang berbeda-beda, lo.

 

  1. Freecell solitaire

game kartu 90-an

Game kartu freecell solitaire juga memiliki peraturan yang berbeda. Game kartu freecell solitaire memiliki 4 ruang kosong atau sel, yang digunakan untuk penyimpanan kartu sementara.

Frescell solitaire ini membagikan semua kartu (2 warna dan 4 bentuk, dari King sampai AS) secara terbuka di awal permainan. Misinya adalah menumpuk kartu menjadi urutan dari kecil ke besar, yaitu dari AS hingga King, tapi urutannya harus sesuai bentuk dan warna.

Sekali lagi, walaupun terlihat mudah, sebenarnya permainan freecell solitaire ini cukup sulit, hehehe. Makanya kita butuh konsentrasi dan kejelian saat mengurutkan kartu-kartu tersebut.

Itulah 3 game kartu fenomenal yang tak terkikis zaman dan masih asyik dimainkan hingga kini. Kira-kira sahabat Lithaetr, ada yang pernah memainkannya? Kalau sudah silakan memberikan tanggapannya, ya. Buat sahabat yang belum pernah memainkannya, kira-kira mau mencoba main game kartu fenomenal ini, enggak? Ditunggu tanggapannya, terima kasih.

30 pemikiran pada “3 Game Kartu Fenomenal Tak Terkikis Zaman”

  1. Hihihihi bener banget nih, game kartu ini memang nggak pernah bisa tergeser waktu, mau sampai kapanpun, selalu bisa jadi game paling menghibur buat dimainkan 🙂
    Saya juga sering main game kartu di Solitaire.org Mba, lebih simple 🙂

    Balas
  2. Dulu sering main game ini. Ada di komputer ama laptop kan ya? Selain game kartu dari Solitaire.org saya juga sering main Zuma loh Mba. Seru banget pokoknya main game, lumayanlah bisa usir jenuh dan bosan. Biar engga stress juga.

    Balas
  3. Jadi pingin buka situs solitaire.org

    karena rasanya udah lama banget gak main games

    memori HP penuh, asyiknya situs solitaire.org, kita gak usah install aplikasi ya?

    Balas
  4. Dulu zaman masih pakai komputer dengan monitor tabung, Solitaire itu game paling kusuka dan paling sering kumainkan. Sejak hp dan laptop udah makin canggih, game2 canggih bermunculan, kesenanganku bermain game malah hilang haha. Gantian anak-anakku yang hobi gaming :))

    Balas
  5. Ini dia permainan kartu yang duluuu sering aku mainin di komputer jadoel hahaha 😀 Sekarang udah ga sih 🙂 Tapi kalau ingat jadi terkenang2 ya, lumayan buat isi waktu luang pas santai2 di rumah.

    Balas
  6. Sudah lama bener game kartu online solitaire ini, dulu paling seneng mainan ini pas jam-jam kuliah… menurut ku bagus game ini karena bisa dimainkan kapan saja dan dimana aja, bebas platform bisa dimainkan via PC/Komputer, bisa dimainkan pas jam istirahat kantor pastinya. Keren…

    Balas
  7. Di generasi saya yang namanya game on-line tuh belum ada. Jadi saat beragam game bermunculan, saya hanya bisa beradaptasi dengan permainan-permainan jadul yang tidak memerlukan gerakan tangan yang cepat. Sollitaire ini salah satunya. Tapi bener-bener gak nyangka jika akhirnya Sollitaire pun berkembang dengan berbagai inovasi. Keren banget.

    Balas
  8. Ragam games kartu seperti ini walaupun lintas generasi, pasti menyenangkan.
    Kalau sama daku suka kebalik namanya haha, pokoknya daku pernah memainkannya, meski ya biar menang pakai undo, eh

    Balas
  9. Dari tiga game di atas, game kartu yang paling sukai ya Solitaire. Bukan cuma suka sih, karena emang Solitaire ini yang paling saya mengerti. Pernah coba Spider Solitaire, tapi kok ya bingung aja. Huhuhu

    Balas
  10. Dulu suka main solitaire jaman ngerjain tugas kuliah. Lumayan buat membuang jenuh sih, karena emang waktu itu game dan hiburan nggak sebanyak sekarang.

    Balas
    • Walaupun dirasa jadul atau ketinggalan zaman, 3 kartu fenomenal ini masih bisa bersaing lo, sama game-game masa kini. Soalnya walaupun kelihatan gampang, sebenarnya kita dipaksa untuk berpikir dan berstrategi

      Balas

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.