6 Hal yang Perlu Disiapkan Saat Mudik

mudik

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Pecah telur juga akhirnya di tahun 2023 ini, hehehe. Bagaimana nih, puasanya, lancar? Walaupun masih di sepuluh hari pertama Bulan Ramadhan, tapi tiket mudik sudah ludes terjual. Efek pandemi masih terasa, tapi setelah lama tak bersua dengan saudara di kampung halaman, kini momen lebaran kembali menjadi ajang silaturahmi.

Siapa saja diantara para sahabat Lithaetr yang mudik? Kira-kira persiapan apa saja yang perlu disiapkan? Mari kita berdiskusi dengan membaca tulisan berikut!

Apa sih, mudik itu?

Mudik merupakan tradisi yang telah dilakukan oleh masyarakat Indonesia selama puluhan tahun. Setiap tahun, ribuan orang di Indonesia melakukan mudik, baik itu untuk berkumpul dengan keluarga di kampung halaman atau untuk berlibur di luar kota.

 

Namun, selama masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, melakukan mudik dapat menjadi suatu hal yang berisiko dan memerlukan persiapan yang lebih matang. Apalagi kalau masih memiliki bayi, seperti saya.

 

Oleh karena itu, dalam melakukan persiapan mudik, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Mulai dari mempersiapkan kendaraan, bingkisan, hingga memastikan keamanan rumah yang ditinggalkan.

 

Selain itu, tetap memperhatikan peraturan dan protokol kesehatan yang berlaku selama perjalanan juga menjadi hal yang sangat penting dalam masa pandemi ini. Kira-kira apa saja sih, hal-hal yang perlu disiapkan saat pulang kampung?

 

 

Hal-hal yang perlu disiapkan saat mudik

 

Berikut ini hal-hal yang perlu Sahabat Lithaetr siapkan ketika akan melakukan mudik,

 

  1. Menjaga Keamanan Rumah

 

Saat melakukan mudik, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah keamanan rumah yang akan ditinggalkan. Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk memastikan keamanan rumah kita selama berada di luar kota.

 

Pertama, pastikan bahwa semua pintu dan jendela di rumah terkunci dengan baik. Kita juga dapat memasang sistem keamanan rumah seperti alarm atau kamera pengawas untuk memantau aktivitas di rumah saat kita pergi.

 

Selain itu, pastikan bahwa kita tidak meninggalkan barang berharga di rumah, seperti perhiasan atau uang tunai dalam jumlah besar. Sembunyikan barang berharga tersebut, di tempat yang aman dan sulit dijangkau. Dengan melakukan persiapan yang tepat, kita dapat memastikan bahwa rumah tetap aman selama kita melakukan mudik.

 

 

  1. Cabut Peralatan Elektronik

pulang kampung

Saat melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman, penting untuk memastikan bahwa semua peralatan elektronik di rumah telah dicabut dari stop kontak. Peralatan elektronik yang terus terhubung dengan listrik bahkan ketika tidak digunakan dapat menyebabkan kebakaran atau kerusakan pada peralatan tersebut.

 

Pastikan bahwa semua peralatan seperti televisi, komputer, printer, mesin cuci, dan peralatan dapur seperti oven, rice cooker, dan blender telah dicabut dari stop kontak. Kita juga dapat mematikan saklar utama listrik di rumah, untuk memastikan bahwa tidak ada peralatan yang tetap terhubung dengan listrik.

 

Selain itu, pastikan bahwa kita membersihkan dan merapikan area sekitar peralatan elektronik sebelum meninggalkan rumah. Pastikan bahwa tidak ada kabel yang terjepit atau bersilangan yang dapat memicu kebakaran atau listrik korslet. Pastikan juga bahwa semua kabel dan perlengkapan listrik di rumah kita dalam kondisi baik dan tidak rusak atau bocor.

 

 

  1. Komunikasi dengan Tetangga Dekat

 

Sebelum melakukan mudik, sangat disarankan untuk berkomunikasi dengan tetangga dekat terkait rumah kita yang akan kosong selama beberapa waktu. Berbicara dengan tetangga dapat membantu memastikan bahwa ada orang yang dapat mengawasi rumah selama kita tidak ada di rumah.

 

Kita dapat memberi tahu tetangga bahwa kita akan pergi untuk sementara waktu dan meminta bantuan mereka untuk mengawasi rumah atau bahkan meminta mereka untuk menjaga rumah ketika kita pergi. Hal ini juga bisa membantu membangun hubungan baik dengan tetangga, lo.

 

  1. Periksa Ramalan Cuaca

mudik lebaran

Periksa ramalan cuaca beberapa hari sebelum keberangkatan untuk memastikan bahwa kondisi cuaca di tempat tujuan aman dan sesuai dengan rencana perjalanan kita. Jika ada peringatan cuaca buruk atau badai yang diumumkan, pertimbangkan untuk menunda perjalanan demi keamanan kita sendiri atau keluarga.

 

 

  1. Cek Kendaraan (yang akan digunakan)

 

Saat hendak pulang kampung dengan kendaraan pribadi, pastikan untuk mempersiapkan kendaraan dalam kondisi baik sebelum berangkat. Pastikan bahwa kendaraan Anda telah diperiksa secara menyeluruh, termasuk sistem rem, ban, mesin, dan semua perlengkapan yang diperlukan.

 

Selain itu, pastikan bahwa dokumen kendaraan seperti STNK dan Surat Izin Mengemudi (SIM) kita masih berlaku dan tidak kedaluwarsa.

 

 

  1. Menyiapkan Bingkisan Untuk Keluarga 

 

Kalau mau mudik, bingkisan seringkali menjadi hal yang penting untuk dipersiapkan sebelum berangkat. Bingkisan bisa berupa oleh-oleh untuk keluarga atau teman di tempat tujuan, atau bahkan keperluan pribadi selama perjalanan.

 

Salah satu bingkisan yang bisa kita bawa yaitu payung custom. Kita bisa meng-custom payung dengan gambar-gambar unik yang disukai anggota keluarga. Pasti bisa menjadi hadiah manis buat keluarga, sahabat, dan teman-teman.

Melakukan mudik memang menyenangkan, karena itu memiliki persiapan yang matang sangatlah penting, untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Agar semua baik-baik saja selama mudik, sangat tergantung dari persiapan dan kesadaran masing-masing individu dalam memastikan segala hal aman, seperti poin-poin di atas. Dengan begitu, kita bisa menghindari risiko dan menikmati perjalanan pulang kampung dengan tenang.

Bagaimana sahabat, setuju dengan Lithaetr? Silakan ditanggapi lewat kolom komentar, ya!

22 thoughts on “6 Hal yang Perlu Disiapkan Saat Mudik”

  1. Yang paling sering lupa itu mencabut cok listrik, padahal ini penting, ya.
    tapi kalau di saya, setidaknya lampu teras depan dan belakang itu tetap nyala siang dan malam supaya rumah ngga gelap gulita semala kosong.
    Dan bener, komunikasi dgn tetangga itu penting setidaknya bisa bantu ngejaga rumah selama mudik. Tapi jangan lupa bawain oleh2 sebagai tanda terimakasih, hehee

    Reply
  2. Mudik sudah agenda tahunan, tapi tetap harus memperhatikan hal kecil di dalam rumah agar mudik tenang dan aman. Termasuk mempersiapkan kondisi fisik diri untuk perjalanan

    Reply
  3. Ternyata emang banyak juga yang harus kita persiapkan ketika mau mudik ya. Nggak hanya keperluan pribadi dan oleh-oleh saja. RUmah yang mau kita tinggalkan pun perlu kita persiapkan.

    Reply
  4. Ngobrolin mudik emang mengasyikan ya?
    Sejak TK saya sering mudik, dan waktu itu masih naik kereta api ke Yogya

    Tapi apapun moda transportasi yang dipakai, jangan teledor sewaktu mudik
    Agar tidak menyesal kemudian

    Reply
    • Betul ambu, selalu punya cerita manis setelah mudik. Apalagi dulu zaman sekolah, abis liburan panjang ada saja tugas mengarang tentang pengalaman liburan, jadi lah tambah happy kalau mudik, hehehe

      Reply
    • Setujuu banget mba, dan yang paling riskan tuh utk orang yang lagi bermusik colokan listrik yang lupa dicabut padahal inilah yang paling bahaya banget yaa

      Reply
  5. Saya memperkirakan, arus mudik tahun ini akan melonjak lagi, Mbak. Soalnya kemarin pandemi ada larangan mudik, dan sekarang Alhamdulillah sudah dibolehkan.
    Tapi memang, Mbak, persiapan mudik harus dijalankan. termasuk jangan lupa cabut peralatan listrik. Terus bisa titip rumah dengan tetangga yang kebetulan tidak mudik.

    Reply
  6. Huhuhu… Aku gak pernah mudik. Keluarga besar ada di kota Malang semua. Justru keluarga luar Malang yg mudiknya ke Malang. Pernah ngerasain mudik waktu aku kerja di Jakarta. Habis nikah dan tinggal di Malang gak mudik lagi. Seru loh mudik itu.

    Reply
  7. Kalau persiapan mudik sudah direncanakan dari jauh-jauh hari, perjalanan mudik jadi tenang ya.
    Apalagi kalau membawa oleh-oleh seperti payung custom, menarik banget idenya.

    Reply
  8. Jadi inget, dulu sering mudik sejak kecil sampai SMA. Yang biasanya jadi perhatian orang tua saya adalah kesiapan mobil. Beberapa kali mobil kami mogok di tengah perjalanan

    Kalau sekarang, ingin mudik, yg jadi perhatian adalah dananya. Karena, sekarang mudiknya antar benua :’)

    Reply
  9. Soal listrik tuh yang perlu banget diperhatikan. Sering banget orang lupa. Kalau aku sekarang kepikiran sama prajurit bulu di rumah yang 3 ekor. Dulu saat rumah Ibu masih ada (tetanggaan), bisa nitip di sana. Tapi sekarang Ibu dah pindah ke Cipanas.

    Reply
  10. Wah iya, sebentar lagi mudik lebaran
    Banyak yang harus dipersiapkan saat mudik ya mbak
    Salah satunya ya bingkisan untuk keluarga di kampung halaman

    Reply
  11. Nah nyabut colokan listrik itu penting sekali. Jangan lupa bagian AC mbak krn di atas suka banget gtu ketinggalan.
    Satu lagi yang sebaiknya dicabut tu selang di tabung gas, kalau aku hehe.
    Nitip2 ke tetangga atau satpam juga sebaiknya dilakukan, bila perlu punya CCTV lbh oke lagi ya.

    Reply
  12. Aaaaah setuju banget mbak beberapa hal di atas yang perlu dilakukan sebelum mudik.
    Kalau perlu dicek ulang jangan sampai ada yang terlewatkan, duoble check sampai triple check biar saat perjalanan mudik tidak kepikiran atau khawatir dengan rumah

    Reply
  13. Aduuuuh say, udah bahas mudik aja. Bikin kangen kampung halaman lebih cepat.

    Pengalaman mudik, suamiku bolak balik meriksa peralatan elektronik dan air PAM berulang kali. Minta izin ke tetangga atau keamanan kompleks. Bingkisan keluarga, terutama untuk orang tua ya. Atau kalau gak bisa beli, ya wes lah, mentahannya aja. Hahahaha.

    Reply
  14. Saat mudik memang uda paling tepat banget deh semua yang ada disini disiapkan. Paling penting memang cek hal-hal yang berhubungan dengan elektronik dan keamanan rumah ya. Biasanya saat mudik sih keluarga saya juga sering minta tolong ke tetangga untuk bantu lihat-lihat rumah. Nah, memberi hadiah ini jarang disiapkan buat saudara padahal bagus juga ya biar pada happy tuh.

    Reply
  15. Bener banget nih. Kalo mau mudik harus ngabarin tetangga biar kalo di rumah ada apa2 bisa hubungi kita ya. Soalnya kalo kompleks sepi tu kadang khawatir ada orang jahat juga

    Reply
  16. Wahiyaa..
    Sebentar lagi mau mudik time. Rasanya memang kalau keluarga jauh, suka dinanti-nantikan kehadiran dan oleh-olehnya, meskipun cuma makanan sederhana. Apalagi bisa custom barang yang bermanfaat. Pasti jadi kenangan tersendiri.

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.