Dengan Zenius Education Membuat Belajar Lebih Menyenangkan

ganti cara belajar dengan zenius

 

Assalamualaikum Sahabat Lithaetr, mari masuki dunia lifestyle, parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

Pertama kali tahu soal Zenius Education itu waktu nyari bimbingan belajar yang tepat untuk si sulung. Apalagi karena pandemi dan belajar dari rumah banyak membuka mata saya, sebagai seorang ibu, saya merasa anak-anak butuh belajar yang menyenangkan, agar mudah diserap pelajarannya.

 

Setelah mencari tahu tentang Zenius Education, saya ingin mencoba kenal lebih jauh tentang materi-materi pembelajaran, soal-soal, dan produk-produknya. Saat saya membaca websitenya saya tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang aplikasi sistem pembelajaran ini.

 

Penasaran dengan Zenius Education juga seperti saya? Ikutin terus saja pembahasannya di sini!

Kenalan sama Zenius Education

zencore

Dilansir dari websitenya Zenius Education (Zenius) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pendidikan sejak tahun 2004 dan terdaftar resmi sebagai perusahaan (PT) di Indonesia pada tahun 2007. Dengan misi utamanya yaitu menumbuhkan rasa penasaran dan cinta akan proses belajar di dalam diri semua orang di mana pun dia berada. Maka segala bentuk proses belajar dapat dilakukan dengan penuh semangat dan penuh rasa kemerdekaan.

 

Membaca misi utama Zenius, saya sebagai orang tua merasa ada kecocokan. Saya setuju kalau belajar bisa dari mana saja dan harus melalui proses yang menyenangkan agar pelajaran bisa mudah terserap. Apalagi sistem pengajaran Zenius tersedia untuk seluruh mata pelajaran dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

 

Yang mana materi-materi tersebut bisa diakses dengan mudah secara online, baik melalui website dan aplikasi Zenius yang bisa diunduh di aplikasi Zenius untuk android dan aplikasi Zenius untuk iOS. Tentu saja, sebelum menggunakan bersama anak-anak, saya melakukan riset mendalam tentang kelas-kelas daring yang disediakan Zenius.

 

Inilah beberapa kelas online yang ditawarkan oleh Zenius Education,

 

  1. Zenius Live Class

 

Zenius Live Class ini adalah salah satu fitur yang mana bisa dipilih oleh setiap pelajar untuk memilih kelas apa saja yang mereka minati dan mau diambil. Di sini mereka juga bisa berdiskusi dengan tutor tentang mata pelajaran di sekolah secara umum maupun spesifik dengan mudah dan menyenangkan. Para pelajar bisa menanyakan pertanyaan secara langsung bila ada yang tak dimengerti.

 

Bagi saya, orang tua, dengan adanya fitur Zenius Live Class ini sangat membantu, bila anak kurang paham dengan mata pelajaran tertentu. Saya pun bisa ikutan menyimak cara tutor dalam menjawab pertanyaan, sehingga ketika anak bertanya kembali kepada saya, saya sudah bisa menjawabnya.

 

  1. ZenCore

 

ZenCore adalah salah satu fitur untuk mengajarkan kepada para siswa untuk menguasai fundamental skill. Dengan metode adaptive learning, ZenCore cocok untuk segala usia. Mulai dari persiapan asesmen kompetensi minimum (AKM), ujian atau tes masuk perguruan tinggi berbasis komputer (UTBK), ujian mandiri universitas dan sekolah kedinasan, tes calon pegawai negeri sipil (CPNS), hingga rekrutmen pekerjaan.

 

Selain itu, tersedia juga menu bahasan kategori,

  • Verbal Logic

Saat saya mencoba melakukan verbal logic, ternyata di kala menemukan jawabannya kita diminta untuk sedikit menganalisa sebuah pernyataan tersebut masuk logika atau tidak. Pokoknya seru deh, ZenCore ini.

  • Matematika

Lalu, saat saya mencoba mengerjakan matematika, saya jadi ingat pelajaran mencongak saat sekolah. Bagaimana kita diminta untuk menjawab dengan cepat dan tepat.

  • Bahasa Inggris

ZenCore, Bahasa Inggris membuat saya kembali me-refresh soal grammar. Jadi, saya pun perlu membaca soal dengan teliti lagi.

  • Sains

Mencoba kuis tentang sains jadi membuat saya berusaha mengingat pelajaran yang pernah dipelajari. Mantap kembali memaksa otak saya untuk kembali berpikir dan mengingat.

 

Selain itu, saya jadi belajar lagi cara menulis lamaran pekerjaan dan pelajaran tersebut ada di kelas 12 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Selain ada acara menulis lamaran pekerjaan, saya kembali membaca tentang novel, artikel opini, dan lain sebagainya. Setidaknya membaca materi tersebut, kembali me-refresh ilmu yang sudah saya pelajari dan saya menjadi bahagia belajar lagi.

 

  1. ZenBot

 

ZenBot adalah fitur berbasis Al yang bisa membantu para pelajar dalam menyelesaikan permasalahan menantang pada pelajaran matematika, fisika, dan kimia melalui video pembelajaran dari foto pertanyaan yang diunggah ke aplikasi.

 

  1. Conten Library

 

Content library adalah lebih dari 100 ribu konten ilmu matematika, sains, dan ilmu sosial. Intinya ini adalah perpustakaan data tentang video-video pembelajaran yang ada di Zenius.

 

Demikianlah perkenalan singkat dengan Zenius Education, lalu setelah mengenal ada alasan-alasan mengapa saya mantap menggunakan Zenius sebagai teman belajar yang asyik, tidak hanya untuk anak-anak tapi juga buat diri saya sendiri.

 

 

Alasan mengapa Zenius Education membuat belajar lebih menyenangkan

tips belajar

Sudah sempat saya bahas kalau saya merasa cocok dengan misi utama yang diusung oleh Zenius. Oleh karena itu, saya berusaha mencari paket belajar atau produk yang tepat buat saya dan anak-anak. Apalagi Zenius Education ini berusaha menyesuaikan dengan gaya belajar setiap siswa.

 

Bahkan di Zenius kita diminta untuk menjawab sebuah kuis untuk menemukan gaya dan cara belajar yang cocok untuk diri sendiri. Bila belum cocok silakan ganti gaya belajar kamu, dan carilah yang paling sesuai dengan cara belajar kita.

 

Ganti gaya belajar bagi saya tidak salah, kok, karena bila kita ingin belajar dengan menyenangkan dan nyaman, menemukan cara atau gaya belajar yang tepat sudah menjadi langkah awal yang tepat. Jadi ingat, ada lho, beberapa tips belajar, agar belajar bisa lebih menyenangkan dan efisien.

 

Inilah beberapa tips belajar agar belajar menyenangkan dan efisien, yang dirangkum dari berbagai sumber,

 

  1. Temukan cara atau gaya belajar sendiri

 

Setiap orang memiliki gaya atau cara belajarnya masing-masing sesuai dengan kebutuhan serta ketertarikan dalam pelajaran. Ada yang tipe melihat dan mencatat, ada yang tipe mendengarkan dan mencatat, ada tipe melihat atau mendengar saja, ada tipe melihat dan mendengar, bahkan ada juga orang yang harus belajar bersama baru bisa memahami pelajaran. Menemukan cara atau gaya belajar yang cocok bagi kita bisa membuat belajar lebih menyenangkan dan efisien.

 

Yuk, berani ganti cara belajar dan temukan gaya belajar yang paling tepat dan nyaman. Nah, buat anak-anak yang gaya belajarnya suka bekerjasama dan tatap muka langsung, Zenius juga punya pembelajaran offline yang bekerjasama dengan New Primagama.

 

Sejak bulan Februari lalau, Primagama sudah diakuisisi oleh Zenius, sehingga berubah menjadi New Primagama. Pembalajaran offline di New Primagama menggunakan metode hybrid learning dengan model pendekatan two teacher (2 guru).

 

Dari metode 2 guru ini anak-anak bisa merasakan belajar berbagai macam konsep dengan tutor secara virtual dan mendiskusikannya di kelas secara langsung bersama guru dan rekan-rekan. Saat mengikuti kelas tutor secara virtual, anak-anak memiliki kesempatan untuk bertanya sampai paham.

 

Tutor akan menjelaskan dengan sangat lugas dan santai menggunakan bahasa kita sehari-hari, sehingga pembelajaran pun akan terasa menyenangkan. Bagaimana sudah mulai berani untuk ganti cara belajar, kan?

 

  1. Menjadikan belajar adalah sebuah kebutuhan

 

“Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga,” (HR Muslim, no. 2699). Sebuah hadis Rasulullah Saw, yang menjadi pengingat kita kalau belajar itu sepanjang hayat. Bila dasar kebutuhan akan ilmu sudah terbangun, insyaallah belajar akan lebih menyenangkan dan efisien.

 

  1. Dengan praktek akan semakin membuatmu terlatih

 

Di era yang begitu maju seperti sekarang, bila jago di ilmu teori saja tidak cukup, tapi butuh banyak berlatih atau praktek. Semakin banyak praktek yang kita lakukan, insyaallah kemampuan kita juga semakin terasah.

 

Dengan praktek bila kita menemui hambatan atau tantangan, kita akan belajar untuk menggunakan teori yang mana untuk memecahkan hambatan tersebut dan bila kita berhasil melewati tantangan itu, akan menjadi sebuah pengalaman berharga untuk diri sendiri.

 

3 tips belajar menyenangkan di atas sudah tercantum semua di Zenius Education, lho. Itulah mengapa saya mantap menggunakan aplikasi Zenius ini karena memang Zenius Education membuat belajar lebih menyenangkan.

 

Mencoba ZenCore dan ZenBot di Zenius

Mumpung baru BTS atau back to school, Zenius menetapkan biaya berlangganan yang lebih terjangkau untuk seluruh paket belajar yang ada di ekosistem pembelajaran Zenius. Mulai tahun ajaran baru ini, paket belajar Zenius dapat diakses mulai dari Rp199.000,- per tahun.

 

Bagaimana harganya terjangkau, bukan? Kalau saya sih, mantap mencoba Zenius Education. Kalau sahabat Lithaetr, bagaimana? Silakan berikan tanggapannya ya, Sahabat. Oh iya, pastikan kalau ingin mencoba fitur yang ada di Zenius, silakan log in terlebih dahulu, ya. Terima kasih.

25 pemikiran pada “Dengan Zenius Education Membuat Belajar Lebih Menyenangkan”

  1. Kalau belajar sudah menjadi sebuah kebutuhan, maka akan selalu merasa memerlukannya ya. Belajar jadi menyenangkan. apalagi kalau belajarnya juga di Zenius Education, waktu belajar juga lebih efektif.

    Balas
  2. Kebetulan anakku juga pakai Aplikasi Zenius untuk membantu belajar online saat pandemi lalu, syukurlah fiturnya bantu banget anak-anak cepat mengerti beberapa pelajaran yang selama ini susah kalau dipelajari secara online. Kayaknya mau lanjut lagi nih meskipun udah masuk sekolah offline.

    Balas
  3. Saya juga sudah coba aplikasi Zenius ini. Menarik sekali fitur-fiturnya. Sangat membantu dalam menunjang aktivitas belajar anak di rumah. Apalagi ada fitur live classnya juga sehingga anak berkesempatan berinteraksi langsung dengan tutornya. Nah, kalau buat orang dewasa fitur Zencore nya sangat menarik buat olahraga otak ya

    Balas
  4. Kalau pelajaran mudah diserap maka jadi gampang untuk diikuti dan dipelajari.
    Memang asiknya nih ikut Zenius, apalagi bisa olahraga otak juga

    Balas
  5. Emang menyenangkan belajar dengan aplikasi zenius ini ya mbak. Terlebih lagi biaya langganannya juga sangat terjangkau.

    Balas
  6. Saya setuju kalau banyak praktik akan semakin mahir dan jadi expert. Beda dengan sekali belajar saja, pasti mudah lupa.
    Cara pengajaran pihak Zencore yang menyenangi ni banyak disukai anak-anak lho…

    Balas
  7. aku paling amazed sama Fitur Zenbot mba, canggih banget! aku udah coba berkali-kali untuk bantu in ngerjain PR ponakanku yang susah. Bagus nya di lengkap in pembahasan yang mudah di mengerti

    Balas
  8. Menyenangkan ya belajar bersama. Zenius, bisa disesuaikan dengan pola belajar kita. Jadi makin semangat belajarnya…

    Balas
  9. Menggunakan Zenius Education untuk media belajar anak-anak ini sudah tepat sekali sih yaa..
    Karena anak-anak merasa senang dengan metode yang digunakan, jadi mudah memahami materi dengan mudah.

    Balas
  10. Zenius education menjadi jalan keluar nih bagi orang tua yang kesulitan mengajari anaknya belajar dan juga menjadi jalan keluar untuk gaya belajar anak zaman now. Gak ada bosennya deh belajar di zenius buat anak.

    Balas
  11. Ada banyak alternatif pilihan belajar lebih menyenangkan untuk anak ya mba. Ingat zaman dulu generasi kita gak punya banyak pilihan untuk yang namanya les. Kalo gak les sama guru, ya ujung-ujungnya ikut lembaga pendidikan yang itu itu aja menggurita di seluruh daerah. Wkwkwk. Sekarang semua bisa dilakukan di rumah dan harganya terjangkau. Selamat untuk Zenius Education dengan berbagai kelas online yang ditawarkan.

    Balas
  12. Mbak Litha,, saya br mengenal Zenius Education ini,, wah kenapa gak dari dulu taunya gitu ya,, ada tool ZenCore yg bisa melatih kita dan anak soal-soal verbal logic, bahasa Inggris, Matematika, dan sains. Ada global rank nya pula jadi terpacu meraih level yg lebih tinggi.

    Balas
  13. Waktu masih sekolah online tahun lalu dan merasa butuh tambahan pelajaran di luar sekolahan, aku juga menjatuhkan pilihan pada Zenius Education. Keren sih aplikasinya, ZenCore nya itu lo mantul banget.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.