Bunga Rafflesia, Bunga Monster atau Bunga Bangkai?

bunga rafflesia
Bunga Rafflesia, Bunga Monster atau Bunga Bangkai?

Assalamualaikum sahabat lithaetr, mari masuki dunia parenting, inspirasi, dan hiburan (musik, film, buku, dan drama Korea).

 

Hari ini, saya mau berbagi pengetahuan umum tentang salah satu ikon Indonesia yang terkenal di dunia internasional. Ikon ini berasal dari salah satu bunga di Indonesia yang ditetapkan sebagai bunga nasional, sejak 9 Januari 1993. Kira-kira sahabat ada yang tahu, bunga apakah yang saya maksud? Ikon yang saya maksud adalah bunga rafflesia.

 

Sudah 27 tahun, bunga rafflesia ditetapkan sebagai bunga nasional Indonesia. Bunga yang memiliki beberapa julukan seperti bunga rafflesia arnoldi, puspa langka, bunga padma raksasa, bunga monster, dan bunga bangkai ini memang sangat terkenal di dunia. Ada berbagai macam alasan mengapa akhirnya bunga unik yang satu ini memiliki banyak nama atau julukan. Mau tahu kisah tentang bunga rafflesia selanjutnya? Tetap ikutin terus penuturannya di sini.

Sejarah bunga rafflesia

sejarah bunga rafflesia
sejarah bunga rafflesia

Bunga berwarna merah dengan kelopaknya yang besar, hingga menyerupai daging dengan bintik-bintik seperti lepuh putih ini diberi nama ‘Rafflesia‘ setelah seorang penjajah dari Inggris yang bernama Sir (Tuan) Stamford Raffles menemukan bunga tersebut di hutan tropis Sumatera pada tahun 1818. Kala itu, Tuan Stamford Raffles sedang melakukan ekspedisi, sehingga ia ditemani oleh seorang pemandu bernama Dr. Joseph Arnold, jadilah tumbuhan tersebut juga dikenal memiliki nama lain yaitu bunga ‘Rafflesia Arnoldi‘. Hal tersebut disebabkan karena penemunya, menurut sejarah ada 2 orang, untuk menghormati mereka berdua akhirnya nama bunga itu diambil dari penggabungan antara Raffles dan Arnold.

 

Cara hidup bunga rafflesia

rafflesia arnoldi
Cara hidup bunga rafflesia

Bunga rafflesia ini tidak memiliki daun, sehingga ia tidak mampu melakukan proses fotosintesis sendiri. Makanya bunga ini termasuk jenis tumbuhan parasit obligat, yaitu tanaman yang hidupnya melekat atau menempel atau mengambil nutrisi dari tumbuhan lain nan dijadikan sebagai inangnya. Keberadaan bunga ini seakan tersembunyi selama berbulan-bulan di dalam tubuh inangnya, hingga akhirnya tumbuh bunga besar sekali yang masa mekarnya hanya sebentar, yaitu kurang lebih seminggu saja kemudian mati.

 

Penetapan menjadi Bunga Nasional Indonesia

puspa langka indonesia
Penetapan menjadi Bunga Nasional Indonesia

Diambil dari sumber goodnewsfromindonesia.id (7/11/2016), Bunga Nasional merupakan bunga yang dianggap bisa mewakili karakter sebuah bangsa dan negara. Bahkan tak jarang Bunga Nasional jugs menjadi simbol kebanggaan suatu negara. Hampir setiap negara di dunia memiliki Bunga Nasional seperti Jepang dengan bunga sakuranya, Belanda dan Turki memilih bunga tulip, Amerika dan Inggris memilih bunga mawar, Korea Utara dengan bunga magnolia, dan Malaysia dengan bunga raya.

 

Terpilihnya bunga rafflesia menjadi Bunga Nasional didasarkan kepada Kepres No. 4 Tahun 1993, tentang Satwa dan Bunga Nasional. Hal tersebut dikarenakan bunga rafflesia sudah menjadi identitas dari provinsi Bengkulu dan ditetapkan sebagai puspa (sinonimnya bunga) langka di Indonesia. Itulah mengapa bunga rafflesia juga mendapat julukan sebagai puspa langka. Bunga rafflesia tidak sendiri menjadi ikon Bunga Nasional, masih ada 2 Bunga Nasional lainnya, yaitu puspa bangsa atau bunga melati dan puspa pesona atau bunga anggrek.

 

Bunga rafflesia terbesar

bunga monster
Bunga rafflesia terbesar

Bulan Januari kemarin, dunia kembali dikejutkan dengan adanya penemuan bunga rafflesia terbesar yang tumbuh di Indonesia. Dirilis dari liputan6.com (4/1/2020), Konservasionis Indonesia mengatakan telah melihat spesies rafflesia terbesar dan disebut sebagai salah satu bunga terbesar di dunia. Rafflesia tuan-mudae, nama jenis bunga rafflesianya, mekar di hutan Cagar Alam Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Diameter Rafflesia tuan-mudae mencapai 111 cm. Bunga rafflesia yang tumbuh kali ini, lebih besar dari sebelumnya yang mana ukuran diameternya sebesar 107 cm, dan ditemukan juga di hutan-hutan Sumatera Barat beberapa tahun lalu.

 

Adanya berita tersebut langsung membuat bunga rafflesia kembali menjadi sorotan. Tidak hanya dari dalam negeri, tetapi banyak media asing yang tertarik untuk mengulas keberadaan puspa langka tersebut. Namun sekali lagi, bunga terbesar di dunia ini pun masa hidupnya cuma sebentar. Dikutip dari liputan6.com (4/1/2020), “Ini adalah Rafflesia tuan-mudae terbesar yang pernah didokumentasikan. Bunga mekar itu hanya akan bertahan sekitar satu minggu sebelum layu dan membusuk,” ungkap Ade Putra, perwakilan dari Pusat Sumber Daya Alam dan Konservasi Sumatera Barat.

 

Nama-nama atau julukan lain bagi bunga rafflesia

raflesia arnoldi
Nama-nama atau julukan lain bunga rafflesia

Setelah mengetahui asal muasal pemberian nama bunga rafflesia, rafflesia arnoldi, dan puspa langka. Kini, kita cari tahu mengapa tumbuhan ini juga memiliki julukan bunga padma raksasa, bunga monster, dan bunga bangkai?

 

Diberi nama bunga padma raksasa karena bunga rafflesia ini sekilas bentuknya dilihat mirip bunga lotus atau teratai raksasa (yang warnanya merah dan kelopak bunganya mirip seperti daging dengan bintik-bintik seperti lepuh putih). Jadilah nama padma (sinonim dari lotus atau teratai) raksasa ini disematkan ke bunga rafflesia.

 

Kemudian julukan bunga monster dan bunga bangkai tersemat karena sifatnya yang parasit atau menyerap sari-sari dari inangnya dan kadang-kadang menimbulkan bau busuk, seperti meniru bau daging busuk untuk menarik serangga. Karena bau busuk itulah, akhirnya kebanyakan menerka kalau bunga rafflesia itu adalah bunga bangkai, padahal ada jenis tumbuhan bunga bangkai sendiri.

 

Dilansir dari lipi.go.id (11/1/2018), menurut Yuzammi, Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), khusus bunga bangkai di Konservasi Kebun Raya Bogor, masih banyak pengunjung lokal yang menyamakan antara bunga bangkai dengan bunga rafflesia. Padahal 2 bunga tersebut adalah dua jenis bunga berbeda, namun sama-sama bunga langka endemik Indonesia.

 

Ia pun menjelaskan, kedua bunga tersebut memang sama-sama mengeluarkan bau busuk untuk mengundang serangga, tapi dari bentuk, sifat biologis, dan siklus hidup keduanya berbeda jauh.

 

Inilah perbedaan bentuk, bunga bangkai dan bunga rafflesia,

bunga bangkai
Inilah perbedaan bentuk, bunga bangkai dan bunga rafflesia

Beda jauh kan, ternyata Sahabat? Walaupun sering dijuluki sebagai bunga bangkai tapi bunga rafflesia tidak masuk ke dalam golongan tumbuhan jenis bunga bangkai.

 

Sumber referensi:

 

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2016/11/07/3-bunga-ini-ternyata-adalah-bunga-nasional-indonesia/amp

http://lipi.go.id/lipimedia/6-perbedaan-harus-diketahui-antara-bunga-bangkai-dan-rafflesia/19787

https://m.liputan6.com/global/read/4148088/bunga-rafflesia-terbesar-yang-tumbuh-di-indonesia-jadi-sorotan-dunia

96 thoughts on “Bunga Rafflesia, Bunga Monster atau Bunga Bangkai?”

  1. Wah, dapat banyak pengetahuan tentang bunga Raflesia ini Mbak. Daku seringnya mengucapkan klo bunga ini bunga bangkai, ternyata beda ya? Kenapa ia memilih tumbuh di daerah Sumatra aja ya Mbak? adakah penjelasannya? Terima kasih.

    Reply
  2. penasaran ya sama bunga Raflesia ini, meski katanya baunya menusuk, tapi memang unik banget ya.
    Apalagi merupakan bunga terbesar di dunia, bangga banget ka ya 🙂

    Reply
    • Emang bener banyak yang salah mengira kalau bunga rafflesia itu bunga bangkai. Dulu emang hits dijamannya sih bunga rafflesia. Eh sekarang baru tau ada penemuan baru yang lebih besar. Nice info kak,

      Reply
  3. Aku termasuk yang mikir kalau bunga Rafflesia dan Bunga Bangkai itu bunga yang sama. Ternyata beda, ya. Cuma karena sama-sama menguarkan bau busuk buat menarik serangga aja ya ternyata.

    Reply
    • Wih, kakak keren. Malah ada pengalaman melihat langsung bentuk dari kedua bunga ini. Saya masih sebatas di gambar saja. Waktu memang bogor, bunga bangkainya belum musim berbunga.

      Reply
    • Di rumah Makuo dulu pernah ada bunga Raflesia ditemukan, tapi ya kayak infonya itu, cuma bertahan seminggu. Saya nggak sempet lihat, semoga suatu hari nanti bisa lihat bunga Raflesia langsung

      Reply
      • Aamiin, semoga suatu saat nanti kita bisa lihat ya, mba. Wah, beruntung sekali keluarganya mba. Jadi penasaran dan ingin dibagi ceritanya soal ini lebih lanjut.

        Reply
  4. Woho… Bunga bangkai bukane golongan talas-talasan ya. Eh, bener nggak sih? Tapi ya emang beda sama bunga rafflesia. Meski belum pernah ketemu langsung sama dua bunga itu. Hehehe

    Reply
    • Tentang bunga bangkai ini pelajaran SD, ya? Saya lupa malah, mba. Saya dulu pelajaran biologi sukanya kalau tentang binatang atau manusia . Jadilah ini mengulang lagi ilmunya.

      Reply
    • Bunga Raflesia ini memang salah satu kebanggaan bangsa Indonesia bersama dengan Melati dan Anggrek. Jadi ingat waktu masih SD dulu saya bersama dengan teman satu kelas dan guru beramai-ramai ke kebun raya Bogor untuk melihat bunga Raflesia yang sedang mekar. Belakangan saya baru tau ternyata bunga Raflesia juga ada di daerah-daerah lain di Indonesia.

      Reply
    • Betul kak, berbeda. Bunga bangkai juga sudah langka. Semoga bunga endemik ini bisa tetap terjaga kelestariannya, walaupun sudah langka. Biar anak cucu kita nanti masih bisa melihat 2 bunga unik ini

      Reply
    • Kurang lebihnya seperti itu sih, mba. Kalau bunga rafflesia sebarannya di kepulauan Sumatera rata-rata, mba. Terima kasih kembali sudah berkenan berkunjung ☺

      Reply
  5. Ternyata bedanya jauh bgt ya antara bunga bangkai dan raflesia. Sayangnya segede ini aku blm pernah liat langsung bunga raflesia ini. Bangus bgt pdhl uy, cantik

    Reply
  6. Bangga rasanya di negeri tercinta ini punya kekayaan alam yang sangat beraneka dan menarik. Suka sama bunga ini, Bunga raksasa yang cantik. Semoga keberadaannya terus terjaga. Jangan sampai punah ya.

    Reply
  7. Emang beda si, terus kalo bunga bangkai setau saya lebih kecil juga. Tapi yang membuat saya penasaran bau bunga rafflesia seperti apa ya? apa karena baunya tidak sedap jadi disebut bunga bangkai juga?

    Reply
    • Sesekali bunga rafflesia memang mengeluarkan bau tak sedap seperti daging busuk agar menarik serangga mba. Untuk pastinya, saya juga belum pernah mencium baunya langsung. Semoga suatu saat kita bisa mencium baunya yang unik ya, mbak.

      Reply
  8. BunLit… saya lebih setuju kl sekarang bunga melati atau bunga anggrek deh jadi puspa nasionalnya Indonesia. Gak mau bunga Rafflesia hehe… soalnya ntar jd simbol karakter dan kebanggaan suatu negara kan ya

    Reply
  9. Baru tau kalau bunga bangkai dan bunga raflesia itu beda.

    Dan baru tau juga kalau bunga raflesia adalah bunga nasional.

    Puspa bangsa dan puspa pesona dari dulu susah kali bedainnya.

    Ternyata melati sama anggrek ya. Makasih Kak infonya.

    Reply
  10. asyeeek ada yang bahas ini juga akhire, betul kak, bunga bangkai dan bunga raflesia beda banget, sayangnya gak semua orang tau, rata-rata yang tau hanya yang hidup sebagai rimbawan bahkan yang kerja di kehutanan pun gak semua tau, nice info kak

    Reply
    • Iya kakak. Soalnya ini juga jadi bahan pembelajaran buat krucil-krucil. Saya takut salah memberikan pelajaran buat mereka, jadi kembali cek buku serta literasi-literasi terpecaya. Jadilah informasi buat anak-anak juga aman.

      Reply
  11. Wah, saya baru tau kalau beda. Dan baru tahu juga bunga raflesia terbesar ada di Sumbar. hehe… dulu di kebun raya Bung Hatta juga ada bung raflesia

    Reply
  12. Aku pernah nih kak liat langsung bunga ini, karena sering tumbuh di daerah tempat tinggal aku. Kalo bunganya mekar cepet-cepet pengen liat. Karena ia tak lama. Setelah beberapa hari ia busuk

    Reply
  13. aku belum pernah liat langsung bunga raflesia yang mekar nih.. inget dulu pas studitur pas smp liatnya masih kuncup. hahaha eh sering sih ketuker2 bunga bangkai bunga raflesia hehe. thanks for sharing bunda lithaa

    Reply
  14. belajar materi kelas 5 SD yang hampir saya lupakan, dulu saya mengira kalau rafflesia dan bunga bangkai itu satu bunga. ya cuma satu aja itu eh ternyata ada dua….

    Reply
    • Wah, subhanallah. Mba Meykke beruntung banget bisa melihat langsung bunga Rafflesianya. Mungkin memang bunga Rafflesianya bibitnya sudah pernah tersebar di sekitaran situ, jadi begitu ada inang cocok jadilah dia tumbuh

      Reply
  15. Kupikir Bunga raflesia dan Bunga bangkai itu sama, beda, ya, ternyata. Hihi …unik banget ini, ya. Dulu pas baca buku ipa waktu sd jadi ngebayangin Bunga raflesia, tapi kalau inget baunya kaya bangkai malah jadi serem, halah

    Reply
    • Kalau kata orang emang dibalik sesuatu yang unik dan cantik itu tetap punya kekurangan kakak, hehehehe. Tapi saya tetap penasaran seperti apa baunya

      Reply
  16. oh jadi baunya itu biar menarik serangga ya.
    tapi walaupun bau gitu, orang-orang juga tetap penasaran dan ingin melihat ya. secara langka gini ya.

    Reply
  17. Dulu, aku tahunya Raflesia itu ya Bunga Bangkai. Sampai akhirnya jalan-jalan ke Kebun Raya Bogor dan melihat langsung bunga bangkai sedang mekar. Lha ternyata beda banget sama Raflesia. Dari situ aku baru mencari tahu perbedaan-perbedaannya.

    Reply
  18. Seingatku bunga bangkai itu nama latinnya ada kata Titanum nya, tapi Raflesia sering kudengar disebut juga bunga bangkai. Mungkin karena pemahaman yg jadinya membuat kita melihat yg seakan serupa padahal tak sama

    Reply
  19. Saya belum pernah lihat bunga rafflesia secara langsung,pun bunga bangkai. Selama ini hanya mengenal kedua bunga itu dari buku dan majalah. Terima kasih sudah berbagi ilmu,Mbak.

    Reply
    • Saya pun demikian kakak. Makanya berharap semoga suatu saat bisa melihat langsung keduanya. Terima kasih kembali sudah berkenan mampir ke blog sederhana saya.

      Reply
  20. Baru tau euy bunga rafflesia itu bukan bunga bangkai. Mungkin karena gak pernah liat bunga raflesia aja kali ya saya nih. Dulu pernah ada bunga bangkai yang tumbuh di desa tetangga. Orang2 pada bilang itu bunga raflesia juga 😀 hmmm udah jadi kesalahan yang lumrah.

    Reply
  21. Wah, lihat bunga bangkai jadi kangen makul kuliah mba. Secara tanaman endemik yg satu ini emang khasnya Indonesia ya. Menarik banget, jadi pengen tahu lebih banyak deh jenisnya.

    Reply
  22. terakhir baca2 informasi tentang bunga ini jaman SMA, wah seru banget baca tulisan gini berasa flashback jaman sekolah,,

    bunga ini emang unik dan udah jadi khas ya kak

    Reply

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.